7 Tips Cara Mempersiapkan Diri Untuk Seleksi Beasiswa

Muhammad Mufid Luthfi . March 31, 2022

Dalam menempuh pendidikan, biaya biasanya menjadi keterbatasan. Namun, bukan berarti Anda harus menyerah pada mimpi untuk meneruskan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Keterbatasan biaya bisa teratasi dengan terus berusaha, salah satunya adalah dengan mendaftar dan mempersiapkan seleksi beasiswa. 

7 Tips Mempersiapkan Diri untuk Seleksi Beasiswa

Saat ini, ada beberapa beasiswa baik dari pemerintah ataupun instansi swasta yang bisa mendukung Anda yang ingin melanjutkan pendidikan. Namun, untuk mendapatkan beasiswa tersebut Anda perlu persiapan yang tak sebentar. Apa saja kira-kira tips mempersiapkan seleksi beasiswa? Simak penjelasannya, ya.

1. List Beasiswa Apa yang Akan Didaftar

Persiapkanlah daftar berisi beasiswa saja yang akan Anda daftar. Jangan lupa sertakan deadline pendaftaran dan persyaratan yang diminta agar Anda tidak lupa dan bisa mempersiapkannya.

Kumpulkanlah informasi sebanyak-banyaknya tentang beasiswa yang sedang dibuka, Anda bisa mendapatkan informasi ini dari media sosial, website informasi beasiwa, atau dari website resmi universitas.

Setelah menuliskan daftarnya, tentukan beasiswa mana saja yang sesuai dengan keinginan Anda. 

2. Cek Persyaratan Beasiswa

Setelah mengumpulkan beasiswa apa saja yang ingin Anda daftar, pastikan untuk memeriksa persyaratannya juga. Perhatikan bagian ini dengan detail karena kelengkapan syarat-syarat tersebut akan sangat berperan pada kelulusan Anda di seleksi beasiswa tersebut. Setelah memeriksa, persiapkanlah satu per satu berkas tersebut dengan teliti. 

3. Buat Timeline 

Untuk memudahkan Anda mempersiapkan seleksi beasiswa, buatlah timeline berisi target-target yang harus Anda selesaikan menjelang pendaftaran beasiswa tersebut. Misalnya, minggu ini Anda ingin melengkapi berkas-berkas, minggu kedua Anda ingin belajar untuk mempersiapkan tes wawancara, dan lain-lain.

Hal ini membuat proses persiapan seleksi beasiswa Anda terasa lebih ringan dan terstruktur. Membuat timeline dan checklist seperti ini juga bisa memastikan Anda tidak akan kelewatan deadline pendaftaran.

4. Persiapkan CV, Essay, Sertifikat Bahasa Asing

Setelah membuat timeline, lengkapi dokumen-dokumen yang diminta sebagai syarat beasiswa. Kebanyakan beasiswa, terutama untuk kuliah di luar negeri memerlukan sertifikat TOEFL atau IELTS. Selain itu, ada juga CV yang menjadi pertimbangan penting.

CV akademik tentunya harus berkesan profesional dan formal, jabarkan semua pengalaman, kemampuan, dan pencapaian dengan detail. Hal terpenting dalam membuat CV adalah harus jujur dalam menuliskannya. Jika berbohong, Anda akan kesulitan saat nanti disuruh menjelaskan atau membuktikan. 

5. Persiapkan Diri Menghadapi Tes Wawancara

Agar bisa lulus seleksi beasiswa, tak jarang Anda harus melewati sesi wawancara. Tahapan seleksi yang satu ini tidak bisa Anda lewatkan, lho. Cara berlatihnya, mulailah melakukan riset tentang pertanyaan apa saja yang bisanya muncul dalam seleksi wawancara tersebut.

Setelah itu, rancanglah bagaimana cara menjawabnya. Untuk mengurangi gugup dan membuat diri Anda terbiasa, cobalah berlatih di depan kaca atau mengajak teman untuk berperan jadi interviewernya. 

6. Cari Mentor

Cara lain untuk mempersiapkan seleksi beasiswa, baik dalam tahap wawancara maupun yang lainnya, Anda bisa mencari mentor. Bergabunglah dengan komunitas penerima beasiswa tersebut, setelah itu cari orang-orang yang sudah pernah menerima beasiswa ini sebelumnya. Bangun relasi yang baik dengan mereka, untuk mendapatkan tips dan trik untuk bisa lulus beasiswa. 

7.  Terus Berusaha dan Berdoa

Dalam seleksi beasiswa, Anda pasti akan menghadapi banyak persaingan. Karena itu, untuk lulus seleksi pasti tidak mudah dan butuh usaha maksimal. Anda harus bisa membangun sikap pejuang keras dan pantang menyerah, sehingga tidak akan langsung berhenti saat tidak lulus di satu seleksi beasiswa. 

Ketika belum berhasil lulus beasiswa idaman, teruslah mencoba beasiswa lain. Selain itu, jangan lupa berdoa dan bersyukur dengan keadaan Anda saat ini. Dalam menghadapi seleksi, persiapkanlah mental untuk apa yang yang akan Anda hadapi. 

Penutup

Begitulah 7 tips yang dapat Anda ikuti agar berhasil lulus seleksi beasiswa idaman. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang ingin mencari beasiswa untuk melanjutkan pendidikan, ya. Salah satu beasiswa fully-funded untuk jenjang S1 adalah Beasiswa IDCloudHost 2022. Beasiswa yang satu ini akan membiayai pendidikanmu di Telkom University mulai dari semester 1 hingga tamat. Yuk daftar dan persiapkan diri sebelum deadline!

Share :