TikTok Kenalkan Fitur Baru untuk Cari Lagu dengan Bersenandung

Sekar Arum Pangastuti . July 31, 2024

TikTok Kenalkan Fitur Baru untuk Cari Lagu dengan Bersenandung
sumber: unsplash.com/@obergeron

Teknologi.id – TikTok kenalkan fitur baru bernama “Sound Search” yang mempermudah pengguna untuk mencari lagu dalam aplikasi. Dengan fitur ini pengguna dapat melakukan berbagai cara untuk mencari lagi di TikTok seperti memutar musik, bernyanyi, dan bahkan bersenandung.  

Fitur “Sound Search” ini mirip seperti fitur yang sudah tersedia di YouTube Music, Google Assistance, dan Shazam. Fitur ini tidak hanya menampilkan judul lagu yang dicari saja, tapi juga menampilkan video-video dengan lagu serupa yang telah diunggah pengguna lain di TikTok.

Namun, kesediaan fitur ini masih terbatas untuk sebagian pengguna saja. Saat ini fitur “Sound Search” hanya tersedia di beberapa negara tertentu saja. Di Indonesia, fitur ini sudah dapat diakses dalam aplikasi TikTok versi terbaru.

Baca Juga: Content Creator Wajib Tahu! Ini 4 Cara Menjadwalkan Postingan TikTok dengan Mudah

Fitur ini dapat mengidentifikasi lagu dengan sangat cepat khususnya lagu yang sedang trending atau populer di aplikasi. Proses pencarian lagu menggunakan fitur “Sound Search” TikTok ini dapat memakan waktu paling cepat 2 detik dan paling lama 10 detik.

Akan tetapi, fitur “Sound Search” mengalami sedikit kendala apabila digunakan untuk mencari lagu yang sudah lama atau kurang populer. Anda akan dialihkan pada halaman lagu yang tidak cocok dengan yang diinginkan.

TikTok menegaskan bahwa fitur “Sound Search” dikembangkan untuk mencari lagu dan bukan suara yang spesifik. Meski demikian, Dikutip dari TechCrunch fitur ini tetap bisa digunakan untuk mencari suara spesifik seperti meme atau dialog kartun.

Apabila Anda ingin mencoba fitur “Sound Search” TikTok tersebut, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • ·Buka aplikasi TikTok kemudian masuk menggunakan akunmu.
  • ·Pada halaman “Beranda”, buka kolom pencarian dengan mengetuk ikonkaca pembesar yang berada di pojok kanan atas.
  • ·Setelah membuka kolom pencarian, ketuk ikon mikrofon sehingga Anda akan diarahkan ke detektor suara.
  • ·Ketuk opsi “Pencarian Suara” yang ada di bawah ikon bulat berwarna merah.
  •  Setelah muncul tulisan “Mendengarkan...”, Anda dapat mulai bernyanyi, bersenandung, atau memutar   suara dari perangkat lain.

  • Setelah berhasil mendeteksi musik, TikTok akan langsung membuka halaman hasil pencarian yang menampilkan konten-konten yang relevan.

  • ·Apabila fitur “Sound Search” tidak dapat mendeteksi lagi yang Anda maksud, maka akan muncul tulisan “Tidak ada yang cocok….”.

Baca juga: Jangan Bingung! Begini Cara Cepat Memilih Sound Viral untuk Video TikTok

Fitur baru TikTok ini diharapkan dapat meningkatkan pengalaman pengguna dalam menggunakan aplikasi. Mengingat suara menjadi sesuatu yang penting dalam konten-konten TikTok. Terlebih TikTok menjadi salah satu sarana musisi untuk mempromosikan karyanya. Meski demikian, belum ditentukan kapan TikTok akan merilis fitur baru ini untuk semua pengguna. Bagi Anda yang ingin mengakses fitur baru ini silahkan update aplikasi TikTok secara berkala.

Baca Berita dan Artikel lain di Google News(sap)


Share :