Threads Siap Hadirkan Fitur Berbagi Lokasi di Postingan

Adellia Irmanda Azzahra . September 30, 2024

Foto: Valasys

Teknologi.id - Siapa yang tidak suka berbagi momen seru di media sosial? Threads, aplikasi baru dari Meta yang sedang naik daun, sudah siap membuat pengalaman bersosialisasi kita semakin seru dengan berbagai perkembangannya. Sabtu, (28/09), beredar kabar yang menyatakan bahwa Threads kini akan menambahkan fitur berbagi lokasi ke dalam postingan. Dengan fitur ini, pengguna bisa lebih mudah berbagi tempat-tempat seru yang mereka kunjungi, sekaligus meningkatkan interaksi dengan teman-teman mereka.

Apa Itu Threads?

Threads diluncurkan pada tahun 2023 sebagai jawaban Meta terhadap kebutuhan pengguna akan platform media sosial yang lebih fokus dan terhubung. Dengan meningkatnya ketidakpuasan terhadap berbagai platform yang sudah lebih dulu ada, seperti Twitter/X, banyak pengguna yang mencari platform alternatif.

Threads, yang terhubung dengan Instagram, dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Aplikasi ini menyediakan ruang bagi pengguna untuk berbagi pemikiran, foto, dan pengalaman sehari-hari dengan teman-teman terdekat mereka. Fitur-fitur seperti pengaturan privasi yang lebih ketat, dan kemampuan untuk berbagi konten dengan lebih mudah, menjadi daya tarik utama bagi pengguna.

Keberadaan Threads menunjukkan upaya Meta untuk tetap relevan di tengah persaingan yang ketat di dunia media sosial. Namun, di tengah persaingan yang ketat itu, inovasi menjadi kunci untuk menarik dapat lebih banyak pengguna dan mempertahankan yang sudah ada.

Fitur Terbaru Threads: Berbagi Lokasi di Postingan

Foto: Engadget

Di versi paling terbaru Threads, pengguna akan menemukan ikon pin ketika mereka hendak membuat postingan terbaru. Ikon ini ditempatkan sejajar dengan fitur untuk menambahkan gambar, audio, dan hashtag. Ketika ikon pin ini diklik, lokasi pengguna akan ditampilkan di bawah nama pengguna.

Meskipun dirancang untuk membagikan lokasi, fitur ini tidak terhubung dengan peta. Jadi, saat pengguna mengeklik lokasi yang tercantum dalam postingan, Threads tidak akan menunjukkan pin yang akurat pada peta. Fitur ini hanya menampilkan lokasi umum, seperti nama kota, area sekitar, atau restoran. Ketika postingan dengan lokasi tersebut diunggah, pengguna lain yang mengeklik lokasi itu akan diarahkan ke postingan pengguna lainnya yang berada di lokasi yang sama.

Fitur ini mirip dengan penandaan lokasi yang ada di Instagram. Sebelum menggunakan fitur ini, pengguna masih harus mengizinkan akses lokasi pada Threads. Setelah itu, pengguna akan melihat daftar tempat terdekat yang bisa ditandai. Pengguna juga dapat mencari tempat secara manual.

Baca juga: Threads Uji Coba Postingan 24 Jam, Bisa Hilang Secara Otomatis

Dalam pernyataan resmi pada aplikasi, Meta mengungkapkan rencananya untuk memanfaatkan fitur berbagi lokasi guna meningkatkan pengalaman pengguna di Threads dengan menampilkan "konten yang dipersonalisasi" tentang tempat-tempat di sekitarnya. Perubahan ini diharapkan dapat memperbaiki fungsi pencarian di Threads, yang masih sering dianggap kurang optimal, dan membuat aplikasi ini lebih bermanfaat untuk mengikuti berita dan peristiwa terkini.

Mark Zuckerberg menyatakan bahwa Meta berencana untuk terus mengembangkan layanannya sebelum menampilkan iklan di Threads. Namun, memperoleh persetujuan pengguna untuk berbagi lokasi akan memberikan informasi penting untuk mesin iklan Meta.

Saat ini, fitur Berbagi Lokasi belum tersedia di semua perangkat. Meta pun belum memberikan respons apa pun terkait fitur berbagi lokasi, karena tampaknya mereka masih dalam usaha mengembangkan fitur ini. Namun, fitur ini dikabarkan akan dapat diakses, baik pada HP iPhone maupun Android.

Penutup

Penambahan fitur berbagi lokasi di Threads merupakan langkah yang menarik dalam upaya untuk menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik. Dengan memungkinkan pengguna untuk membagikan lokasi, Threads dapat meningkatkan keterlibatan dan interaksi di antara pengguna, sekaligus memperkaya konten yang dibagikan.

Namun, penting bagi Threads untuk mengutamakan privasi dan keamanan pengguna agar mereka merasa dapat tetap nyaman ketika menggunakan fitur ini. Di dunia media sosial yang semakin kompetitif, inovasi seperti ini dapat menjadi pembeda yang signifikan, menarik lebih banyak pengguna, serta membangun komunitas yang lebih dekat dan terhubung. Dengan demikian, kita masih harus bersabar untuk menunggu kabar mengenai peluncuran resmi fitur ini dalam waktu dekat.

Baca berita dan artikel yang lain di Google News.

(aia)

Share :