Dalam dunia serangan siber dan pelanggaran data saat ini, organisasi dari semua ukuran perlu memprioritaskan perlindungan aset teknologi. Namun, banyak organisasi tidak mampu menyewa tim keamanan TI internal penuh waktu karena keterbatasan anggaran dan prioritas yang bersaing. Solusi bijak untuk masalah ini adalah bermitra dengan SOC atau pusat operasi keamanan. SOC adalah layanan outsourcing yang melakukan analisis arus lalu lintas dan memantau ancaman dan serangan.
Apa yang dilakukan Security Operations Center (SOC)?
Security Operations Center (SOC) adalah tim profesional keamanan TI yang memantau seluruh infrastruktur TI organisasi 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Mereka bertanggung jawab untuk mendeteksi peristiwa keamanan siber secara real-time dan akan merespons secepat dan seefektif mungkin.
SOC juga memilih, mengoperasikan, dan memelihara teknologi keamanan siber organisasi Anda dan terus-menerus menganalisis data ancaman untuk menemukan cara meningkatkan rezim keamanan organisasi Anda.
SOC dapat membantu organisasi untuk mengintegrasikan dan mengkoordinasikan alat keamanan, praktik, dan respons insiden keamanan organisasi Anda. Ini biasanya mengarah pada peningkatan tindakan pencegahan dan kebijakan keamanan, deteksi ancaman yang lebih cepat, respons yang lebih cepat terhadap ancaman keamanan, efektivitas yang lebih besar, dan biaya yang lebih rendah. SOC juga dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan dan menyederhanakan serta meningkatkan kepatuhan perusahaan terhadap peraturan perlindungan data industri, nasional, dan global.
Mengapa SOC Penting?
Dengan meningkatnya jumlah serangan siber di seluruh dunia, menjadi penting untuk mengikuti tren keamanan situs web terbaru untuk menjaga keamanan siber bisnis Anda. Memberikan keamanan yang sangat baik membutuhkan pemahaman mendalam tentang bisnis Anda. Itu tidak hanya memindai serangan tetapi dapat bertindak melawan ancaman. Tim TI Anda mungkin terlalu sibuk untuk mengawasi sistem Anda terus-menerus. Mereka memiliki tugas lain untuk dikerjakan, jadi mereka mungkin tidak menanggapi ancaman sampai ada notifikasi.
Manfaat Menggunakan Security Operation Center (SOC) untuk Melindungi Data
Secara teori, sebuah organisasi dapat secara efektif melindungi dirinya sendiri tanpa SOC khusus. Namun, pada kenyataannya bisnis tetap rentan terhadap ancaman dunia maya. SOC khusus membawa beberapa manfaat bagi organisasi Anda, termasuk perlindungan jaringan berkelanjutan, respons dan pencegahan ancaman, pengurangan biaya keamanan siber, dan peningkatan kolaborasi.
1. Perlindungan Berkelanjutan
Pusat operasi keamanan beroperasi 24/7 sepanjang tahun.
2. Penurunan Biaya Pelanggaran dan Operasi
Dengan meminimalkan waktu penyerang siber mengintai di jaringan perusahaan, tim SOC dapat mengurangi efek pelanggaran.
3. Respon Cepat dan Efektif
Karena anggota tim SOC terus memantau ancaman.
4. Pencegahan Ancaman
Analisis dan perburuan ancaman yang dilakukan oleh tim SOC membantu mencegah terjadinya serangan sejak awal.
5. Keahlian Keamanan
Pusat operasi keamanan atau SOC sering kali terdiri dari SOC Manager, security analyst, serta posisi khusus lainnya, seperti security engineer, threat hunter, forensic investigator, dan auditor kepatuhan.
6. Komunikasi dan Kolaborasi
Tim SOC berpengalaman dalam komunikasi dan kolaborasi
7. Kepatuhan
Kemampuan pemantauan SOC utama merupakan bagian integral dari kepatuhan perusahaan, terutama mengikuti peraturan yang memerlukan fungsi dan mekanisme pemantauan keamanan tertentu, seperti GDPR (General Data Protection Regulation).
8. Peningkatan Prestise Bisnis
Memiliki SOC menunjukkan kepada karyawan, pelanggan, dan pemangku kepentingan bahwa perusahaan memperhatikan keamanan dan privasi data dengan serius. Ini membantu bisnis, karyawan, dan pelanggan merasa lebih nyaman berbagi data. Semakin serius perusahaan menjaga perlindungan dan kerahasiaan datanya, semakin besar kepercayaan yang diperoleh dari konstituennya.
Bagaimana SOC Bekerja?
Jumlah tim SOC tergantung pada ukuran organisasi dan industri, tetapi sebagian besar tim memiliki peran dan tanggung jawab yang sama. SOC adalah fitur terpusat dalam organisasi yang menggunakan orang, proses, dan teknologi untuk mencegah, mendeteksi, menganalisis, dan merespons insiden keamanan siber sambil terus memantau dan meningkatkan rezim keamanan organisasi.
SOC adalah contoh model Software as a Service (SaaS) karena beroperasi di cloud sebagai layanan berlangganan. Dalam konteks ini, ini memberikan lapisan keahlian yang digunakan dalam strategi keamanan siber organisasi Anda dan beroperasi 24/7 untuk memastikan bahwa jaringan dan titik akhir Anda terus dipantau. SOC bekerja dengan tim TI di lokasi untuk mengatasi masalah dan menyelidiki akar penyebab jika ditemukan kerentanan atau insiden.
Fungsi Utama Security Operation Center (SOC)
Tugas utama SOC adalah melindungi organisasi dari serangan siber. Tim SOC perlu melakukan beberapa tugas untuk mengelola insiden keamanan secara efektif. ArmourZero menyediakan SOC untuk melengkapi sistem SECaaS. Berikut adalah 3 fungsi utama dari Security Operation Center (SOC) ArmourZero:
Pemantauan, pencegahan, deteksi, dan pemulihan waktu nyata oleh analis SOC khusus
Tim analis SOC internal ArmourZero untuk mempelajari bisnis Anda dan secara aktif memantau aktivitas yang tidak biasa sesuai dengan sifat bisnis Anda. Ini termasuk memblokir serangan agar tidak menyebar ke seluruh jaringan TI Anda dengan segera memutus komputer yang terinfeksi dengan mengisolasinya dari jaringan.
Berikut daftar penawaran kami:
24/7 Deteksi Cepat & Manajemen Respon
Eskalasi & Pemantauan Peringatan Insiden 24/7
Pemberitahuan Ancaman Global 24/7
Laporan Analisis bulanan (MAR) disediakan untuk meninjau ringkasan perlindungan untuk bulan tersebut.
Isolasi dan respons tuan rumah
Manajemen insiden – Lengkap dengan Root Cause Analysis (RCA)
Tinjau dan analisis email Phishing, Spam, dan Shadow IT secara aktif untuk Layanan Perlindungan Email
Peringatan keamanan untuk semua klien yang menunjukkan bahwa ancaman mungkin telah menyusup ke lingkungan mereka. (mis., phishing, malware, aktivitas mencurigakan)
Aksesibilitas - kapan saja dan di mana saja 24/7/365
Kami membangun fitur Change Request dalam aplikasi, sehingga Anda dapat dengan mudah menghubungi analis SOC kami kapan saja dan di mana saja. Ini dapat memastikan respons yang cepat dan tepat waktu untuk pertanyaan Anda, pembaruan sistem, dan insiden.
Ini termasuk:
Pemecahan masalah / pertanyaan tentang masalah produk
Perubahan konfigurasi
Perubahan (penambahan/penghapusan/modifikasi kebijakan)
Daftar putih/daftar hitam akses situs web
Memastikan respon yang cepat dan tepat waktu selalu menjadi prioritas kami. Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk menanggapi SLA (service-level agreement) dalam waktu satu jam untuk pertanyaan, perubahan kebijakan, dan insiden Anda. Belum lagi dukungan yang diberikan juga tidak terbatas. Cari tahu lebih lanjut tentang layanan ArmourZero di sini. (Bernadetta Septarini/Content Marketing ArmourZero)Respon cepat dan dukungan tak terbatas