Instagram Mulai Hapus Fitur Arsip Story? Segera Amankan Momen Penting dengan Cara Ini

Afanin Hazimah . September 25, 2024

Instagram Arsip story

Foto: Gadget Hacks

Teknologi.id - Salah satu platform media sosial terbesar, Instagram, terus melakukan pembaruan terhadap fitur-fitur yang bisa digunakan oleh pengguna. Pada tahun 2024, bermacam fitur baru yang disajikan Instagram sudah dapat digunakan oleh pengguna, seperti fitur komentar di Instagram Story, fitur langganan eksklusif, fitur saluran Instagram, fitur catatan pada postingan, dan fitur yang sudah tersedia lebih banyak di bagian pengeditan Story. 

Tidak hanya menambah fitur-fitur terbaru, Instagram juga melakukan pembaruan terhadap fitur-fitur yang telah ada. Instagram melakukan pembaruan terhadap tata letak, pembaruan terhadap fitur-fitur pada Direct Message, pembaruan pada fitur live, bahkan hal yang kini menjadi perhatian adalah instagram tampak mulai menghapus fitur archive Instagram Story. 

Fitur archive merupakan salah satu fitur yang bisa digunakan oleh pengguna untuk menyimpan unggahan-unggahan story yang hilang dari profil setelah 24 jam. Fitur yang sudah ada sejak 2017 silam ini menguntungkan pengguna bisa melihat kembali momen-momen yang sudah terlewati dan pernah diunggah ke instagram story. Fitur ini juga bersifat privasi, artinya hanya pemilik akun yang dapat melihatnya. Dengan adanya fitur ini juga, pengguna tidak perlu mengunggah kembali story tersebut atau harus menyimpannya di sorotan unggahan (highlight). 

Akhir-akhir ini, pengguna instagram dibuat khawatir sebab adanya pemberitaan bahwa instagram mulai menghapus story berupa foto pada fitur archive dan untuk story berupa video sudah tidak dapat bergerak lagi. Apabila unggahan yang tersimpan pada archive story benar-benar dihapus, tentunya pengguna akan kehilangan momen-momen yang pernah diunggah pada instagram story. Maka dari itu, penting untuk menyimpan atau melakukan pencadangan terhadap unggahan-unggahan tersebut. 

Berikut cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengamankan arsip-arsip cerita di akun instagram sebelum platform menghapusnya. 

Baca juga: Makin Seru, Instagram Luncurkan Fitur Komentar di InstaStory !

Cara Mengamankan Arsip Story Menggunakan Google Drive

Arsip-arsip story yang tersimpan pada fitur archive dapat dipindahkan dan disimpan ke Google Drive. Kamu dapat ikuti langkah-langkah sederhana ini untuk mengamankan arsip-arsip story tersebut. 

1. Unduh Unggahan Cerita di Arsip Story Terlebih Dahulu

Untuk dapat mengamankan cerita-cerita pada fitur archivelangkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh foto atau video yang menjadi unggahan story. Setelah diunduh, cerita-cerita tersebut akan dipindahkan dan disimpan terlebih dahulu ke galeri ponsel kamu. Berikut cara yang bisa dilakukan untuk mengunduh cerita-cerita di arsip story.

  • Pada aplikasi instagram, buka halaman profil
  • Klik ikon menu (tiga garis) yang terletak di sudut kanan atas
  • Pilih opsi Arsip, maka kamu telah masuk ke fitur arsip story
  • Lakukan pengunduhan cerita dengan memilih satu unggahan cerita. Lalu, klik titik tiga yang terletak di bagian sudut kanan bawah pada cerita
  • Pilih Simpan Foto/Video untuk dapat tersimpan ke galeri ponsel kamu. Lakukan hal ini untuk setiap cerita yang ingin kamu simpan.

2. Simpan Cerita yang Telah Diunduh ke Google Drive

Kamu tidak perlu khawatir penyimpanan galeri ponsel kamu tidak cukup untuk menyimpan cerita-cerita instagram yang telah diunduh. Setelah mengunduh unggahan cerita instagram, kamu dapat mengamankan momen-momen tersebut dengan mengunggahnya ke Google Drive yang memiliki penyimpanan lebih besar. Berikut langkah-langkah untuk mengunggahnya ke Google Drive

  • Siapkan satu akun Google Drive dengan penyimpanan yang masih cukup banyak. Apabila tidak cukup ruang, kamu bisa menambah kapasitas penyimpanan dengan berlangganan akun Google One.
  • Buka aplikasi Google Drive di ponsel 
  • Klik ikon "+" yang berada di suduh kanan bawah untuk mengunggah file.
  • Pilih file cerita berupa foto/video yang telah kamu unduh sebelumnya. Agar penyimpanan di Google Drive lebih rapi, kamu bisa menambahkan album khusus yang disesuaikan dengan cerita-cerita instagram yang telah kamu unduh
  • File cerita instagram telah tersimpan ke Google Drive dan dapat dilihat kembali kapanpun kamu inginkan.

Selain dari dua cara tersebut, untuk mengamankan unggahan cerita instagram ke Google Drive juga bisa dilakukan secara langsung dari instagramnya dan sekaligus dalam jumlah banyak. Ikuti langkah-langkah berikut.

  • Buka laman profil akun yang ingin dicadangkan arsip ceritanya
  • Di paling bawah, ada opsi Pengaturan Informasi Pribadi atau Personal Information Settings
  • Lalu pilih Informasi dan Izin Anda atau You Information and Permissions
  • Untuk dapat mengunduh dan mengamankan ke akun Google Drive, pilih Unduh Informasi Anda atau Download Your Information
  • Selanjutnya, klik Mengunduh atau Mentransfer Informasi atau Download or Transfer Information
  • Untuk mengunduh seluruh file sekaligus, pilih Semua Informasi yang Tersedia atau All Available Information
  • Lanjutkan dengan memilih Transfer ke Tujuan atau Transfer to Destination untuk menyimpannya ke lokasi penyimpanan pilihan.
  • Kamu dapat memilih lokasi penyimpanan dengan mengklik Destination
  • Silakan pilih Google Drive sebagai lokasi penyimpanan. 
  • Kamu akan diminta untuk menghubungkan akun instagram dengan Google Drive dan diminta untuk izinkan Meta mengakses akun Google Drive kamu.
  • Hubungkan dan beri izin untuk melanjutkan transfer file
  • Setelah itu, seluruh archive story akan tersimpan secara otomatis ke akun Google Drive kamu. 

Cara mengamankan unggahan cerita di fitur archive story dapat kamu coba tidak hanya saat instagram dikabarkan akan menghapus fitur archive, tetapi juga bisa untuk mencadangkan semua momen penting yang telah diunggah di instagram untuk dapat tersimpan dengan bail. Meskipun saat ini instagram tidak mengeluarkan statement yang mengatakan akan menghapus fitur archive, namun apabila saat kamu cek arsip story ternyata sudah banyak unggahan yang hilang, maka kamu dapat segera mencoba langkah-langkah di atas untuk mengamankan momen-momen berharga milik kamu. 

Baca juga berita dan artikel lainnya di Google News.

(ah)

Share :