Teknologi.id - IndiHome berhasil menyabet penghargaan Indonesia Best Brand Award (IBBA) sebagai layanan Fixed Broadband terbaik tahun 2022. IBBA adalah salah satu ajang penghargaan yang digelar oleh Majalah SWA berkolaborasi dengan Lembaga Riset MARS Digital.
Penghargaan sebagai Fixed Broadbrand terbaik diberikan karena sepanjang tahun 2022, layanan internet broadband dari Telkom Indonesia tersebut dinilai telah melakukan berbagai inovasi dan berdampak positif bagi kepuasan pelanggan.
Sebagai informasi, penghargaan prestisius tersebut didasarkan dari hasil survei yang melibatkan 5.200 responden di 7 kota besar, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, dan Banjarmasin menggunakan metode kuantitatif.
Dilakukannya survei tersebut bertujuan untuk mengetahui posisi, perubahan dan persaingan setiap merek dengan merek lainnya pada setiap elemen yang diukur. Untuk parameter yang digunakan dalam survei ini yakni Top of Mind (TOM) Brand, TOM Ad, Brand Share (Brand Used Most Often), Satisfaction dan Gain Index.
Baca juga: Cara Mempercepat Koneksi WiFi IndiHome
VP Marketing Management Telkom Indonesia, E. Kurniawan, mengungkapkan bahwa penghargaan tersebut menjadi penyemangat bagi perusahaan untuk terus menjaga dan meningkatkan kualitas layanan IndiHome.
"Mendapat anugerah Indonesia Best Brand Award ini menjadi penyemangat bagi kami untuk terus menjaga layanan IndiHome yang berkualitas. Memberikan pelayanan yang prima untuk mendukung segala aktivitas tanpa batas masyarakat, bangsa dan negara Indonesia," ujar E. Kurniawan, usai menerima penghargaan di Hotel ShangriLa, Jakarta, Rabu (30/11/2022), seperti dikutip dari DetikInet.
Menurut E. Kurniawan, penghargaan ini merupakan bentuk dari kepercayaan masyarakat terhadap layanan IndiHome yang telah menjangkau banyak kota serta wilayah terpencil di Indonesia.
"IndiHome mendapatkan sebagai Best Brand untuk Fixed Broadband. Ini adalah bentuk saya pikir kepercayaan dari masyarakat karena survei ini ada di banyak kota dan melibatkan ribuan orang yang disurvei," imbuhnya.
Baca juga: Cara Memeriksa Siapa Saja yang Menggunakan WiFi IndiHome Kamu
Sepanjang tahun 2022 IndiHome memang terus memperluas pembangunan jaringan fiber optic. Tidak hanya di kota besar saja, tetapi juga sampai ke wilayah pelosok di Indonesia. Bahkan, 10 pulau terluar di Indonesia juga sudah terdapat jaringan fiber optic dari IndiHome.
Selain itu, alasan dibalik IndiHome meraih penghargaan ini menurut E. Kurniawan adalah karena pihaknya telah melakukan Condition Improvement. Di mana, IndiHome mencoba menyesuaikan kondisi dengan kebutuhan dari keluhan masyarakat dengan beberapa inovasi.
"Kita belum terbaik, tapi kami selalu berusaha menjadi yang terbaik. Setiap hari, setiap saat, feedback dari customer kita follow up untuk selalu diperbaiki," tegasnya.
Baca juga: Telkom Berencana Gabungkan Layanan IndiHome dan Telkomsel
Sebagai informasi, IndiHome saat ini juga memiliki inovasi pelayanan yang mempermudah 9 juta pelanggan dengan layanan yang disebut omni channel. Dengan layanan ini, para pelanggan bisa menyampaikan pengaduan atau keluhannya setiap saat.
"Pelanggan itu, 7 kali 24 jam dan 30 hari bahkan 1 tahun mereka bisa hubungi kami di omni channel. Boleh yang suka datang bisa ke plasa, tapi yang nggak sempat kita siapkan banyak sosial media," jelas E. Kurniawan.
Layanan pelanggan yang dimaksud E.Kurniawan adalah Sales Force, Call center 147, Social media @IndiHomeCare, dan diperkuat dengan 363 Head of Representative Office (HERO). Untuk plasa, IndiHome menghadirkan 408 Plasa Telkom di seluruh Indonesia dan memiliki Smart Plasa lebih dari 187 titik di 59 Wilayah Telkom.
E. Kurniawan menegaskan bahwa IndiHome serius dalam memberikan pelayan terbaik. Pihaknya tidak akan tutup mata dengan berbagai kondisi dan akan mengevaluasinya untuk menjadikan IndiHome lebih baik lagi.
"Kami mungkin perlu ada beberapa hal yang perlu selalu kita perbaiki. Tapi feedback dari customer selalu akan menjadi langkah-langkah perbaikan," pungkasnya.
(dwk)