Usir Kebosanan, Yuk Karaoke Online Bersama Teman di Situs Ini Tanpa Harus Keluar Rumah

Sutrisno Zulikifli . April 02, 2020

Foto: Gizmologi

Teknologi.id - Imbauan pemerintah untuk membatasi segala aktivitas di luar rumah untuk menekan penyebaran virus Corona (Covid-19) seringkali menimbulkan kebosanan karena kita senantiasa lebih banyak mengurung diri di dalam rumah.

Untuk mengusir kebosanan, kita bisa melakukan berbagai alternatif kegiatan produktif maupun hiburan agar tetap sehat secara fisik maupun mental.

Bagi kalian yang gemar bernyanyi, karaoke bisa menjadi salah satu pilihan tepat untuk menghabiskan waktu bersama teman-teman selama mengurung diri di rumah tanpa harus melanggar kebijakan social distancing maupun physical distancing.

Baca juga: COVID-19 Tak Kunjung Mereda, KUA Layani Pendaftaran Nikah Online

Caranya cukup mudah, tak perlu ribet untuk unduh aplikasi, Kamu cukup mengunjungi situs Watch2Gether.com melalui PC atau smartphone. Jika sudah, klik tombol "Create your room" untuk membuka ruangan karaoke virtual.

Agar bisa berkaraoke bersama, kalian bisa membagikan tautan atau link "room" tersebut kepada teman-teman yang ingin diajak bernyanyi bersama.

Setelah itu, kalian bisa mencari video-video karaoke yang sudah dilengkapi lirik lagu. Tinggal ketuk kolom pencarian yang ada di bagian atas jendela chat. Kalian juga bisa memilih video dari sejumlah platform seperti YouTube, Vimeo, hingga Soundcloud.


Tangkapan layar Watch2Gether

Untuk mencari video yang bisa digunakan untuk karaoke, kalian bisa menambahkan kata kunci "karaoke" pada lagu yang dicari. Misalnya "Iris Goo Goo Dolls karaoke".

Setelah itu, pilih salah satu video yang diminati. Jangan lupa untuk tetap mengaktifkan kamera dan mikrofon lewat tombol yang tersedia, supaya kalian tetap bisa saling menatap dan mendengar suara masing-masing.

Klik ikon "video" untuk menyalakan kamera dan ikon "microphone" untuk mengizinkan input suara. Ketika sudah muncul warna hijau, maka video dan audio yang berasal dari perangkat pengguna telah aktif dan bisa dilihat atau didengar oleh pengguna lainnya.

Sementara, untuk menonaktifkan suara atau kamera, pengguna bisa meng-klik kembali kedua ikon tadi hingga berubah menjadi warna merah.

BACA JUGA: “Walkman” Berkaset Pita Bakal Diproduksi Lagi

Perlu diingat, semua video yang ditampilkan di layar Watch2Gether akan otomatis tersinkron dengan seluruh penonton di dalam satu "room".

Apabila seorang pengguna menjeda atau menghentikan video karaoke yang sedang diputar, maka otomatis berimbas pada pengguna lainnya.

Dan juga, meskipun Watch2Gether bisa diakses lewat smartphone, untuk kepuasan maksimal dalam berkaraoke sebaiknya kalian menggunakan laptop atau PC.

Selamat mencoba!

(sz)

Share :