Telegram Akan Hadirkan Fitur Panggilan Video Grup

Alda Yuriska . April 26, 2020

Telegram
Foto: Descrypt.co

Teknologi.id - Sejak program Work From Home gencar diterapkan oleh masyarakat dunia, layanan panggilan video grup pun ramai digunakan untuk melancarkan program WFH.

Setelah aplikasi telekonferensi Zoom tuai kepopuleran di seluruh dunia, kini giliran Telegram yang akan memperluas layanannya dengan menghadirkan fitur panggilan video grup untuk menyaingi Zoom.

Baca Juga: 5 Aplikasi Android untuk Permudah Ibadah Puasa di Bulan Ramadhan

Seperti yang diketahui, sampai saat ini Telegram hanya memiliki layanan yang memungkinkan penggunanya untuk berkirim pesan teks, melakukan panggilan suara dan juga fitur unik untuk mengirimkan pesan rahasia yang menggunakan enkripsi end-to-end.

Pembaruan ini disampaikan langsung oleh pendiri Telegram Pavel Durov dalam postingan blog-nya bersamaan dengan perayaan pencapaian jumlah penggunanya yang tembus 400 juta pengguna aktif.

"Lockdown global yang terjadi saat ini menyoroti kebutuhan alat komunikasi video yang bisa dipercaya," tulis Durov dalam blog tersebut.

Durov mengklaim bahwa layanan panggilan video grup mereka akan mengedepankan keamanan untuk para penggunanya. Hal ini dikarenakan menilik permasalahan Zoom, yang meskipun populer digunakan saat ini namun diterpa berbagai isu keamanan dan privasi pengguna.

"Kami ingin memperbaikinya, dan kami akan fokus untuk membawa panggilan video grup yang aman pada tahun 2020," sambungnya.

Baca Juga: HOOQ Resmi Tutup Layanan Per 30 April, Bagaimana Nasib Pelanggan?

Fitur baru panggilan video grup Telegram ini rencananya akan meluncur di tahun 2020. Meskipun begitu, belum ada tanggal pasti dari peluncuran fitur panggilan video grup ini. 

Durov juga menekankan bahwa panggilan video grup di platform-nya nanti akan dapat diakses di Android, iOS, Windows, Mac, dan juga peramban web.

(ay)

Share :