Sinyal 3G Telkomsel Resmi Mati di Seluruh Indonesia

Teknologi.id . June 22, 2023

Foto: Istimewa

Teknologi.id - Telkomsel telah menonaktifkan jaringan 3G di 504 kota/kabupaten di seluruh Indonesia. Ini berarti tidak ada lagi sinyal 3G Telkomsel, hanya sinyal 4G yang tersedia sekarang.

Proses penghentian jaringan 3G dilakukan oleh Telkomsel mulai Maret 2022 secara bertahap dan terencana, hingga selesai pada Juni 2023.

Selama proses peningkatan dari 3G ke 4G tersebut, Telkomsel telah mengubah lebih dari 49 ribu stasiun base transceiver system (BTS) dari teknologi 3G menjadi 4G. Dengan demikian, lebih dari 96% wilayah penduduk di Indonesia sekarang telah tercover oleh jaringan 4G Telkomsel.

"Dengan rasa syukur dan apresiasi yang besar, kami mengucapkan terima kasih kepada pelanggan atas kepercayaan yang diberikan, serta dukungan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, sehingga proses peningkatan jaringan 3G ke 4G di 504 kota/kabupaten Telkomsel dapat berjalan lancar tanpa masalah," kata Nugroho, Direktur Network Telkomsel, dalam keterangan tertulis pada Rabu (21/6/2023).

Telkomsel juga melaporkan peningkatan jumlah pengguna kartu uSIM 4G sebesar 84% dibandingkan tahun sebelumnya, diikuti pertumbuhan lalu lintas data 4G sebesar 14% dibandingkan tahun sebelumnya. Selain itu, terdapat peningkatan sebesar 51% dalam jumlah perangkat yang beralih ke perangkat 4G.

Baca juga: Telkomsel Dukung Uji Coba Robot Bedah Jarak Jauh Pertama di Indonesia

Dengan tidak adanya lagi sinyal 3G Telkomsel, operator seluler ini akan meningkatkan layanan jaringannya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam gaya hidup digital. Harapannya, ini akan berdampak positif pada kemajuan di berbagai aspek kehidupan dan mempercepat transformasi ekonomi digital di tingkat nasional.

Lebih lanjut, Nugroho menyebutkan bahwa keberhasilan Telkomsel dalam meningkatkan jaringan 3G menjadi 4G di 504 kota/kabupaten ini didukung oleh komitmen perusahaan mulai dari tahap awal evaluasi, perencanaan, persiapan yang matang, hingga pelaksanaan yang lancar.

Upaya tersebut mencakup pembaruan infrastruktur dan teknologi, memastikan kenyamanan pelanggan selama proses upgrade, memperkuat ekosistem layanan yang mendukung, serta mematuhi peraturan telekomunikasi dan perlindungan konsumen yang berlaku di Indonesia.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memberikan apresiasi kepada Telkomsel setelah berhasil melakukan migrasi jaringan 3G ke 4G di 504 kota/kabupaten di seluruh Indonesia.

"Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika melalui Pusat Monitoring Telekomunikasi akan terus bekerja sama dengan semua operator untuk meningkatkan kualitas layanan telekomunikasi bagi masyarakat," kata Wayan Toni Supriyanto, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News.

(dwk)

Share :