Teknologi.id - Amazon Inc berhasil menyalip Google dan Apple sebagai brand paling bernilai di dunia berdasarkan laporan riset Brand Finance Global 500 2020.
Urutan 10 besar didominasi oleh brand-brand dari dunia teknologi. Brand yang menempati posisi teratas adalah Amazon, mengalahkan Google dan Apple yang masing-masing ada di ranking kedua dan ketiga.
Baca juga: Google Luncurkan 3 Aplikasi yang Bisa Kurangi Kecanduan Smartphone
Nilai brand Amazon mencapai 220 miliar dollar AS atau Rp 3.000 triliun. Angka tersebut naik 17,5 persen dari tahun lalu, sekaligus mendudukkannya sebagai merek pertama yang menembus valuasi 200 miliar dollar AS.
Seperti dikutip dari laman GSM Arena, Jumat (24/1/2020), pertumbuhan Amazon antara lain didongkrak oleh pengembangan bisnis cloud, layanan streaming, berikut sektor elektronik konsumen dan logistik.
Google berada di urutan kedua sebagai brand paling bernilai di dunia dengan nilai 159,7 miliar dollar AS (Rp 2.100 triliun). Selanjutnya ada Apple di posisi ketiga dengan valuasi 140,5 miliar dollar AS (Rp 1.900 triliun).
Berikut 10 brand paling bernilai di dunia pada 2020:
(dwk)