Safari vs Chrome: 5 Alasan Kenapa Browser Apple Lebih Aman dari Ancaman Online

Bunga Melssa Maurelia . July 19, 2024
safari lebih aman dibandingkan chrome
Sumber: Apple


Teknologi.id - Apple baru-baru ini meluncurkan kampanye global terkait privasi di browser, yang menegaskan klaim bahwa Safari lebih aman dibandingkan dengan Google Chrome dan browser lainnya. Kampanye ini diperkenalkan melalui iklan berdurasi hampir dua menit, yang menampilkan gambaran unik tentang CCTV dengan sayap burung yang melayang di sekitar pengguna ponsel pintar saat mereka menjelajahi web. 

Orang-orang dalam iklan ini berusaha keras menghindari pengawasan, dengan berlari, berteriak, atau menyembunyikan ponsel mereka. Namun, pesan utama di iklan tersebut adalah bahwa satu-satunya cara untuk benar-benar melindungi diri adalah dengan menggunakan Safari, yang digambarkan dengan CCTV yang meledak di udara. 

Apple menyoroti lima alasan utama mengapa Safari dapat mencegah pengintaian dan pelacakan online, menjadikannya pilihan yang lebih aman bagi pengguna. 

1. Pelacakan Cerdas 

Fitur Pencegahan Pelacakan Cerdas di Safari aktif secara default. Fitur ini menggunakan pembelajaran mesin untuk mengenali domain yag digunakan untuk melacak pengguna. Setelah terdeteksi, Safari segera mengisolasi dan membersihkan data pelacakan dari perangkat. Teknologi pelacakan saat ini semakin canggih, sehingga perlindungan dari pelacakan ini sangat penting bagi privasi pengguna. 

Mungkin sebagian besar dari kita tidak menyadari bahwa teknologi pelacak ini ada di setiap halaman web yang kita kunjungi. Namun, banyak dari kita pasti pernah melihat produk online, kemudian iklan untuk produk tersebut muncul di berbagai halaman web yang kita buka. Ini adalah salah satu bentuk pelacakan yang paling umum. Safari dengan Pelacakan Cerdas dapat membantu mencegahn hal ini terjadi. 

2. Menyembunyikan Alamat IP

Safari juga menyembunyikan alamat IP pengguna dari pelacak yang dikenal. Alamat IP dapat digunakan untuk mengidentifikasi pengguna di seluruh web dan sesi, serta dapat mengungkap lokasi pengguna yang tepat. 

Selain itu, Apple mengatakan bahwa Safari juga memerangi sidik jari, sebuah teknik yang digunakan untuk mengidentifikasi pengguna berdasarkan konfigurasi sistem, fontplug-in, dan resolusi layar. Versi sederhana dari konfigurasi sistem pada produk Apple menyulitkan pelacakan untuk memilih satu, menjadikan sidik jari kurang efektif. 

3. Melindungi Data Lokasi

Apple menegaskan bahwa Safari membantu melindungi data lokasi pengguna. Data lokasi adalah cara lain bagi situs web dan perusahaan data untuk melacak pengguna. Safari tidak membagikan data lokasi dengan mensin mencari apa pun, menjaga pengguna tetap memegang kendali atas infromasi mereka. 

Dalam situasi di mana pengguna perlu memberikan informasi lokasi, seperti mencari tempat terdekat, Safari memberi pengguna kontrol terperinci dengan meminta data "untuk berbagi atau tidak berbagi," atau bahkan memungkinkan pengguna untuk memilih "ingat keputusan saya untuk satu hari," yang membatasi berapa lama situs web dapat menggunakan lokasi tersebut. 

4. Ekstensi Web yang Mampu Menjaga Privasi

Beberapa ekstensi di browser lain dapat melacak apa yang ada di layar pengguna. Safari, di sisi lain, memberi tahu pengguna tentang informasi yang dapat diakses oleh ekstensi sebelum mereka mengaktifkannya. Dengan cara ini, pengguna dapat memutuskan apakah mereka ingin memberikan akses tersebut atau tidak, menjaga privasi mereka tetap terjaga. 

Baca juga: Ternyata Umur iOS di iPhone Lebih Pendek daripada HP Android

5. Penjelajahan Pribadi

Safari memiliki mode Penjelajahan Pribadi yang tidak menyimpan halaman web yang telah dikunjungi pengguna, pencarian yang telah dilakukan, atau informasi Isi Otomatis. Fitur ini menjadi lebih kuat dengan adanya Face ID dan Touch ID, yang memastikan hanya pengguna yang memiliki akses ke data mereka. 

Selain itu, Apple menambahkan pelacakan link atau tautan, yang menghapus tautan atau pelacak yang tidak perlu yang ditambahkan ke URL yang dibagikan di Pesan dan Mail. Fitur ini juga berfungsi saat menjelajah di Safari Private Browsing. 

Perlindungan yang Komprehensif

Dengan lima fitur utama ini, Apple menekankan bahwa Safari tidak hanya sekadar browser, tetapi juga alat yang efektif untuk melindungi privasi pengguna. Pelacakan cerdas, penyembunyian alamat IP, perlindungan data lokasi, ekstensi yang transparan, dan mode penjelajahan pribadi yang aman membuat Safari menjadi pilihan yang lebih baik bagi mereka yang peduli dengan privasi online. 

Menyadari bahwa teknologi pelacakan terus berkembang, langkah-langkah ini menunjukkan komitmen Apple terhadap privasi pengguna. Kampanye global Apple ini bukan hanya iklan semata, tetapi juga sebuah pernyataan bahwa privasi pengguna adalah prioritas utama bagi Apple. Dengan menggunakan Safari, pengguna dapat merasa lebih aman dan terlindungi saat menjelajahi web. 

Baca Berita dan Artikel lain di Google News

(bmm)

Share :