Rata-rata Orang RI Main HP 5,5 Jam Sehari, Tertinggi Sedunia

Teknologi.id . October 28, 2021
Foto: tandaseru


Teknologi.id - Penelitian terbaru menunjukkan bahwa Indonesia menjadi negara dengan rata-rata durasi penggunaan smartphone (HP) paling tinggi di dunia.

App Annie dalam laporan penelitiannya yang bertajuk "Consumers in Three Countries Now Spend More than 5 Hours a Day in Apps" mengklaim bahwa orang Indonesia menghabiskan waktu terbanyak di dunia untuk penggunaan aplikasi smartphone setiap hari selama kuartal III 2021.

Disebutkan bahwa orang Indonesia menghabiskan 5,5 jam setiap hari untuk bermain aplikasi HP. Angka tersebut bahkan mengalahkan penggunaan HP orang-orang Brazil, India, hingga Amerika Serikat.

Brasil sendiri kini menempati peringkat kedua dengan total waktu rata-rata penggunaan HP 5,4 jam sehari, Korea Selatan (5,0 jam), dan India (4,8 jam).

Negara lain yang masuk dalam 12 besar dengan waktu bermain HP lebih dari 4 jam sehari antara lain Jepang, Kanada, Amerika Serikat, Rusia, Turki, Australia, dan Inggris. 

Indonesia peringkat pertama soal menghabiskan waktu bermain HP di dunia. Dok: App Annie


Penelitian yang dilakukan App Annie melakukan monitoring terhadap penggunaan smartphone Android di negara-negara yang menjadi objek surveinya.

Penelitian ini pun membuktikan bahwa era TV saat ini sudah kalah dengan smartphone dalam durasi penggunaannya. Statistik menunjukkan waktu harian yang dihabiskan untuk menonton TV menurun dari 3 jam sehari menjadi 2,5 jam dalam satu dekade dari 2011 hingga 2021.

Baca juga: Negara di Dunia dengan Jumlah Perusahaan Unicorn Terbanyak

TikTok Terbanyak

Laporan penelitian App Annie juga mengungkap aplikasi-aplikasi apa saja yang paling sering digunakan oleh pengguna smartphone di seluruh dunia.

Penelitian tersebut menempatkan TikTok sebagai aplikasi yang paling banyak diunduh di tiga wilayah, baik itu worldwide, Amerika dan China selama Q3 2021. Dan itu adalah satu-satunya aplikasi yang muncul di 5 daftar teratas dari sembilan negara.

Sementara itu, peringkat kedua dan seterusnya untuk penggunaan secara worldwide ditempati oleh Instagram, Facebook, WhatsApp, dan Facebook Messenger.

Daftar aplikasi yang banyak di-download pada kuartal III 2021. Dok: App Annie


(dwk)

Share :