Foto: BBC
Teknologi.id - Instagram
dikabarkan tengah menguji fitur baru yang memudahkan konten kreator dan
selebgram menghasilkan uang melalui platformnya.
Mereka juga bisa menemukan sponsor yang cocok dengan jenis konten
mereka. Fitur tersebut bernama Partnerships Inbox dan Affiliate Shops.
Fitur Partnerships Inbox akan
memudahkan kreator dan sponsor dapat
saling terhubung sehingga dapat menjalin kerjasama menghasilkan uang dari
konten.
Kotak masuk pesan Instagram atau (DM) akan dipisah secara personal dan
sponsor. Instagram mengatakan, fitur ini akan menempatkan pesan-pesan
sponsor secara prioritas, dan memungkinkan sponsor lebih mudah menjangkau
konten kreator.
Sehingga pesan dari sponsor tersebut
tidak akan tenggelam di antara pesan-pesan dari orang lain. Maka kreator atau
selebgram bisa segera menerima pesan dari sponsor.
Selain itu, dilansir dari Detik, Instagram
juga mengembangkan tools untuk mencocokkan
vendor dengan pengguna yang mencari sponsor demikian akan memudahkan selebgram
ataupun kreator mendapatkan uang.
Dengan tools tersebut, kreator
dapat mengidentifikasi brand yang mereka minati untuk bekerja sama.
Sementara brand dapat menelusuri
si kreator yang sesuai dengan kebutuhan mereka berdasarkan usia, jenis kelamin,
dan jumlah follower.
Instagram juga tengah menguji fitur Affiliate Shops yang merupakan fitur yang mirip dari fitur belanja Facebook Shops yang sudah ada.
Baca juga: Cara Hide Akun Instagram Agar Tak Bisa Dilihat Orang lain
Melalui fitur ini, kreator dapat menautkannya ke produk di
Instagram Shopping atau Facebook Shops.
Nantinya, kreator akan
mendapatkan biaya komisi ketika pengikut mereka membeli produk dari toko
tersebut.
Saat ini, fitur tersebut hanya
tersedia untuk kreator konten Instagram atau selebgram yang mendapat kesempatan
mengikuti pengujian fitur tersebut.
Namun belum diketahui kapan kedua
fitur ini akan segera diluncurkan secara global termasuk Indonesia. Menarik
untuk ditunggu.
(fpk)