e-KYC, untuk Mengenali Nasabah/Pelanggan dengan Akurat

Kristiyanto . December 29, 2020

Proses verifikasi selalu menjadi kesan pertama yang dilihat oleh pelanggan dengan penyedia layanan perbankan dan keuangan lainnya. Sederhananya, proses ini sangat penting untuk menentukan pengalaman klien secara keseluruhan dengan bank atau penyedia layanan keuangan.

Selain itu, proses untuk mengetahui siapa customer Anda sangat penting di hari ini. Proses ini juga termasuk mengumpulkan data (KYC) yang memegang kunci dalam pengelolaan akun secara berkelanjutan.

Saat ini, dengan adanya peraturan untuk melakukan verifikasi, seluruh layanan keuangan mendapatkan mandat peraturan untuk melakukan proses KYC melalui otentikasi biometrik secara elektronik. Proses verifikasi yang dilakukan elektronik ini dinamakan dengan e-KYC.

e-KYC memastikan pelanggan untuk tidak lagi mengisi dokumen yang banyak atau menunggu waktu yang lama untuk membuka rekening. Pelanggan tidak perlu lagi mengantri di bank untuk menyerahkan dokumen dan membuang waktu dan tenaga untuk melakukan proses lainnya yang sangat melelahkan. Dengan adanya e-KYC yang dibutuhkan hanyalah beberapa menit dan beberapa detail dasar dan Anda sudah bisa menikmati layanan tersebut. 

Apa itu e-KYC? 

E-KYC adalah proses verifikasi data nasabah/pelanggan dengan memanfaatkan teknologi guna meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. Secara sederhana, e-KYC adalah proses verifikasi yang dilakukan tanpa kertas untuk melakukan konfirmasi identitas seseorang secara daring memanfaatkan perkembangan teknologi.

Proses ini dinilai sangat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk melakukan dokumentasi yang sangat rumit. Dengan EKYC, prosedur yang sebelumnya membutuhkan waktu berminggu-minggu dapat diselesaikan dalam hitungan jam, sehingga meningkatkan efisiensi.

Pada konteks Lembaga Jasa Keuangan (LJK)  e-KYC dilakukan dengan tujuan:

  • Verifikasi identitas pelanggan
  • Memahami sifat aktivitas pelanggan (tujuan utamanya adalah untuk memastikan bahwa sumber dana pelanggan adalah sah)
  • Menilai risiko pencucian uang yang terkait dengan pelanggan tersebut untuk tujuan memantau aktivitas pelanggan

Pentingnya e-KYC Dalam Mengenal Customer

Penyedia layanan keuangan, baik itu perbankan atau asuransi, memiliki mandat dan tanggung jawab untuk mengidentifikasi, memahami, dan menegosiasikan risiko pelanggan sebelum memberikan layanan kepada mereka.  Mengapa hal ini sangat penting diperhatikan? Jawabannya adalah untuk mengetahui detail yang lebih mendalam serta dengan akurasi tinggi mengenai kategori pelanggan yang akan menggunakan layanan Anda.

Di dalam KYC Ada tiga proses due diligence:

Simplified Due Diligence (“SDD”) adalah proses verifikasi di mana di mana risiko pencucian uang atau pendanaan teroris rendah dan CDD penuh tidak diperlukan.

Basic Customer Due Diligence ("CDD") adalah informasi yang diperoleh semua pelanggan untuk memverifikasi identitas pelanggan dan menilai risiko yang terkait dengan pelanggan tersebut.

Enhanced Due Diligence ("EDD") adalah informasi tambahan yang dikumpulkan untuk pelanggan berisiko tinggi untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang aktivitas pelanggan untuk memitigasi risiko terkait.

Digital Onboarding Mendorong Transformasi Digital untuk Customer dan Lembaga Keuangan

Selain menciptakan pengalaman yang berpusat pada konsumen, strategi verifikasi berbasis digital juga membantu industri bank atau perusahaan jual beli online sebagai pendorong terjadinya transformasi digital. Tak hanya itu, Anda juga dapat mengenal konsumen lebih detail dengan adanya proses KYC secara elektronik.

Metode digital untuk para calon pengguna tentunya juga akan memberikan manfaat yang besar terutama pada efisiensi waktu. Contohnya saat melakukan pemeriksaan latar belakang calon penjual dan pembeli dapat dilakukan secara singkat dan di mana saja sehingga Anda dapat membagi diri Anda untuk fokus dalam pekerjaan lainnya.

Sebagai penutup, penerapan eKYC oleh Nodeflux yakni IdentifAI. Memastikan agar efisiensi yang diperlukan dalam identifikasi maupun verifikasi konsumen dilakukan dengan baik. Terlebih produk solusi IdentifAI merupakan lembaga yang ditunjuk oleh Dukcapil di bawah KEMENDAGRI sebagai penyelenggara Platform Bersama. Maka dari itu, segi kredibilitas serta akurasi merupakan hal yang kami junjung tinggi. Untuk mempelajari lebih lanjut, Anda dapat berdiskusi dengan para ahlinya dengan  mengunjungi tautan berikut ini https://www.identifai.id/.  

Share :

Kristiyanto

PT Nodeflux Teknologi Indonesia