5 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Libra, Mata Uang Digital Facebook

Kemala Putri . June 19, 2019
Teknologi.id - Facebook resmi mengumumkan mata uang digitalnya yang dinamakan Libra. Cryptocurrency berbasis blockchain ini rencananya akan diluncurkan pada tahun 2020 mendatang. Berikut adalah 5 hal yang perlu kamu ketahui mengenai Libra yang Teknologi.id himpun dari laman Guardian, Rabu (19/6/2019).

Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Libra, Mata Uang Digital Facebook

1. Koin Libra

Facebook mengatakan Libra adalah infrastruktur keuangan dan mata uang global. Dengan kata lain, Libra adalah aset digital yang dibuat Facebook dan 'ditenagai' dengan blockchain baru versi Facebook, yaitu teknologi terenskripsi yang dipakai juga oleh bitcoin dan cryptocurrency lain. Transaksi Libra akan diberdayakan dan dicatat oleh blockchain, buku besar transaksi yang dikelola oleh jaringan komputer. Teknologi blockchain Libra akan memerlukan izin, artinya hanya entitas yang berwenang, Libra Association, yang akan diizinkan menjalankan data dalam komputer, bertolak belakang dengan bitcoin yang tidak memiliki regulator yang jelas. Perangkat lunaknya akan menjadi "open source", yang berarti perusahaan di luar asosiasi dapat membangun aplikasi di atasnya. Nama Libra berasal dari bahasa Romawi kuno yang kerap dipakai sebagai ukuran berat. Simbol mata uang Poundsterling pun berasal dari L di Libra.

2. Alasan Facebook Meluncurkan Mata Uang Digital


Foto: TechCrunch
Facebook mengklaim ingin menjangkau 1,7 miliar orang di seluruh dunia yang belum punya akses perbankan. Namun, Facebook berpotensi mengalami masalah dalam soal regulasinya walaupun sejauh ini belum ada halangan untuk Libra.

Baca juga: Mata Uang Digital Facebook ‘Libra’ Resmi Diumumkan

3. Asosiasi yang Mengatur Libra


Foto: TechCrunch
Berbagai perusahaan akan mendukung Libra dalam kelompok Libra Association. Asosiasi ini berbasis di Jenewa, Swiss. Fungsinya untuk memvalidasi transaksi di blockchain Libra dan mengatur aset di belakang Libra. Libra tak didesain sebagai aset spekulatif seperti Bitcoin yang nilainya sangat fluktuatif. Di Libra Association, akan ada badan pengatur bernama Libra Association Council yang terdiri dari para perwakilan perusahaan, masing-masing punya hak veto soal kebijakan dan keputusan yang diambil. Perusahaan yang menyumbang sedikitnya USD 10 juta akan dimasukkan dalam daftar pendiri Libra Associaton. Mereka termasuk Mastercard Inc, Visa Inc, Spotify Technology SA, PayPal Holdings Inc, eBay Inc, Uber Technologies Inc dan Vodafone Group Plc, serta perusahaan modal ventura Andreessen Horowitz dan Thrive Capital.

4. Dompet Digital


Foto: Financial Times
Ketika Libra dirilis, rencananya pada tahun 2020, user bisa download Calibra, sebuah dompet digital yang akan memungkinkan pengguna mengirimkannya pada siapapun dengan smartphone. Calibra akan tersedia di Messenger, WhatsApp dan sebagai aplikasi sendiri. User bisa mengirim uang satu sama lain melalui Calibra. Selain transaksi di dalam aplikasi, Facebook ingin pula memfasilitasi penggunaan Libra dalam penggunaan sehari-hari. Untuk membeli Libra, orang-orang bisa mentransfer menggunakan akun bank mereka atau bahkan melakukannya dengan menukarkan uang tunai ke outlet atau bank tertentu. Transportasi online Uber dan Lyft adalah investor Libra, sehingga kemungkinan user dapat membayar layanan mereka dengan Libra.

5. Privasi dan Keamanan


Foto: BGR.com
Setiap orang yang menggunakan Calibra harus melalui proses "know your customer". Proses ini merupakan proses memverifikasi identitas pengguna untuk mencegah kejahatan di sektor keuangan. Itu berarti siapa pun yang mendaftar harus membagikan ID resmi yang dikeluarkan pemerintah dan informasi pribadi lainnya. Facebook juga mengatakan akan mengimplementasikan teknologi untuk mencegah penipuan ataupun pencucian uang. "Kami akan menggunakan semua verifikasi yang sama dan proses anti penipuan yang dipakai di bank dan kartu kredit dan kami akan memiliki sistem otomatis yang secara proaktif mengawasi dan mencegah kelakuan curang," cetus Facebook. Akan ada juga dukungan untuk membantu user jika kehilangan akses ke akunnya atau kehilangan uang. Facebook akan mengembalikan uang jika diperlukan. Selain itu, hacker yang dapat menemukan celah keamanan di Libra akan diberi hadiah. (dwk)
Share :