Jangan Asal Instal, 5 Bahaya Menggunakan WhatsApp Modifikasi

Dwi Rahmadani . August 13, 2021

Foto : CNBC

Teknologi.id - WhatsApp merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan pengguna saling bertukar pesan. Dalam satu menit ada ribuan bahkan jutaan pengguna saling bertukar pesan melalui WhatsApp.

Dibalik popularitas WhatsApp yang kian meroket terdapat sejumlah oknum yang memanfaatkannya dengan melakukan modifikasi. WhatsApp modifikasi (MOD) adalah aplikasi WhatsApp yang ditambahkan dengan sejumlah fitur yang bervariasi. Beberapa contoh WhatsApp modifikasi diantaranya GB WhatsApp, Yo WhatsApp, WhatsApp MA, dan lain sebagainya.

Meskipun terbilang bukan aplikasi resmi, WhatsApp modifikasi pun memiliki tempat tersendiri bagi penggunanya. Aplikasi WhatsApp modifikasi seperti YO WhatsApp dan WhatsApp FM menjadi aplikasi yang terbilang banyak diminati oleh pengguna smartphone.

Terlepas dari berbagi fitur menarik yang ditawarkan aplikasi WhatsApp MOD, tetap saja hal tersebut tidak aman bagi pengguna. Berikut 5 Bahaya menggunakan WhatsApp modifikasi.


Baca juga: Cara Agar Foto di Grup WhatsApp Tidak Tersimpan Otomatis

1.      Membahayakan perangkat

Menurut penelitian Internet Research Institute, versi modifikasi WhatsApp lebih rentan menyuntikkan malware dan spyware terhadap perangkat yang anda gunakan.

WhatsApp modifikasi juga lebih rawan membawa virus. Ketika melakukan pengunduhan, ada kemungkinan aplikasi bisa membawa virus yang dapat membahayakan data yang tersimpan di smartphone.

2.      Rentan diblokir

Menggunakan WhatsApp modifikasi dapat membuat akun WhatsApp anda diblokir. Hal ini sesuai dengan aturan resmi WhatsApp yang akan menindak tegas pengguna WhatsApp bodong dengan melakukan pemblokiran akun sementara hingga permanen.

 “WhatsApp tiak mendukung aplikasi pihak ketiga ini karena kami tidak bisa memvalidasi praktik keamanan mereka,” kata pihak WhatsApp.

3.      Tidak terenkripsi

WhatsApp MOD pada umumnya tidak memiliki system end-to-end encryption. Hal ini membuat seluruh percakapan di akun WhatsApp rentan bocor kepada pihak ketiga yang menjadi ancaman kemanan privasi pengguna.

Sehingga, pengguna perlu berhati-hati apabila mengirimkan informasi penting lewat chat di WhatsApp MOD, seperti infromasi perbankan, password, dan infromasi pribadi lainnya.

4.      Sulit mendapatkan update

Pembaruan di WhatsApp MOD terbilang sulit lantaran tidak dilakukan secara otomatis seperti pada WhatsApp resmi. Pengguna sering kali harus masuk ke link tautan yang bisa saja berisi malware.

Biasanya file APK bisa ditemukan di sebuah situs web. Tak jarang, situs web tersebut memuat banyak iklan yang mengecoh orang ketika hendak mengunduh pembaruan aplikasi. Sehingga, pengguna dibuat bingung memilih file mana yang harus diunduh. Jika salah klik, bisa saja ada malware yang masuk ke akun pengguna.

5.      Berisi iklan

Pengembang WhatsApp modifikasi biasannya meraup pendapatan dari hasil iklan yang dipasang pada beranda aplikasi. Keberadaan iklan ini dapat menganggu anda saat sedang menggunakan aplikasi. Iklan pada aplikasi ini juga dapat berisi virus serta dapat membawa anda pada situs yang berbahaya.

Itulah bahaya WhatsApp modifikasi yang mengancam privasi. Hindari penggunaan WhatsApp modifikasi untuk mencegah bahaya-bahaya tersebut.

(DR)



Share :