5 Fitur Penting yang Harus Ada Sebelum Membeli HP Gaming

Maudita . April 08, 2022


Game Online

Foto: Pexels


Teknologi.id - Fitur HP gaming menjadi komponen penting yang wajib dipertimbangkan sebelum membelinya.


Spesifikasi yang tepat akan membuat Anda, sebagai pemilik HP pun merasa nyaman saat memakainya untuk bermain game.


Setidaknya terdapat lima fitur HP gaming yang wajib tersedia guna mendukung kelancaran konektivitas, grafis, dan sistem operasi bawaan dari game.


Sekarang ini, gamer (sebutan bagi pecinta game) sudah mendapatkan pengakuan hingga diadakan perlombaan khusus.


Tak jarang, gamer pun mendapatkan penghasilan dari perlombaan atau turnamen, baik nasional maupun internasional.


Gamer memiliki banyak pilihan game dengan berbagai macam genre berbeda, misalnya simulator, petualangan, atau battle royale.


Sayangnya, tidak semua HP mampu menangani game-game tersebut. Hal ini dikarenakan rata-rata grafis yang dimiliki game battle royale seperti PUBG Mobile sangat tinggi melebihi kapasitas HP.


Oleh karena itu, memperhatikan fitur HP gaming perlu Anda lakukan sebelum membelinya. Selengkapnya, simak pembahasan di bawah ini.


Baca juga: Mengintip Gaming & Metaverse di Ekosistem Kripto Cardano (ADA)

Fitur HP gaming wajib tersedia sebelum membelinya

Supaya saat bermain game tidak terjadi gangguan, spesifikasi HP pun harus mumpuni dan mendukung sistem operasi game.


Jika tidak memenuhi fitur HP gaming di bawah ini, besar risiko ketika bermain muncul masalah menjengkelkan, seperti tiba-tiba keluar dari game, muncul bug, atau bahkan tampilan game menjadi patah-patah.

1. Layar HP ukuran besar

Ukuran layar HP gaming haruslah cukup besar demi kenyaman pengguna saat bermain. Idealnya, layar HP Gaming berkisar antara 6 sampai 6,7 inci dengan aspek rasio 19:9.


Mungkin ada yang mengira, jika suatu HP dengan layar besar apakah nyaman dipakai? Tentu saja iya, bila pemakaian HP tersebut ditujukan untuk bermain game.


Jenis layarnya sendiri biasanya unggul dengan jenis AMOLED atau Active Matrix Organic Light Emitting Diode. 


AMOLED dinilai lebih sedikit mengonsumsi baterai daripada jenis layar lainnya yang lebih boros. Selain itu, ada klaim bahwa AMOLED mampu menghasilkan layar lebih jernih dan rasio kontrasnya pun tinggi.

2. Kapasitas memori internal

Kebanyakan game yang dimainkan gamer mempunyai ukuran atau besaran kapasitas sangat besar, sehingga HP pun haruslah menyediakan ruang penyimpanan sama besarnya.


Game seperti Ragnarok X: Next Generation memakai kurang lebih 500MB memori internal. Bayangkan saja, bila kapasitas memori internal HP tidak menyanggupinya, bisa-bisa fungsi sistem operasi lainnya menjadi lama.


Karena itu, sebaiknya pilih fitur HP gaming dengan kapasitas memori internal paling tidak 64GB. Lebih baik banyak daripada kekurangan, bukan?

3. Kapasitas RAM

Selain kapasitas memori internal, RAM juga patut diperhatikan sebelum membeli HP gaming. RAM atau Random Access Memory adalah salah satu komponen yang berkaitan dengan performa game nantinya.


Bila kapasitas RAM HP rendah atau tidak cukup untuk menampung aplikasi game, maka kejadian seperti lag atau tampilan game terlihat patah-patah sangat mungkin terjadi.


Sebaiknya, pilihlah RAM dengan kapasitas besar, seperti khusus Android dengan RAM minimal 4GB dan iPhone sebesar 3GB.

4. Kapasitas baterai

Masih tentang kapasitas, kini baterai pun menjadi fitur HP gaming yang perlu dipertimbangkan  sebelum membelinya.


Jika dilihat dari perkembangan saat ini, rata-rata HP biasa memiliki kapasitas baterai antara 3 ribu mAh sampai 4 ribu mAh. Hp dengan kapasitas baterai ini sudah cukup bila dipakai untuk kegiatan sehari-hari seperti bekerja.


Namun, bagi gamer jumlah kapasitas baterai tersebut masih belum cukup. Dalam memilih HP gaming, setidaknya kapasitas baterainya minimal 5 ribu mAh. Ini baik bagi kepentingan dan kenyamanan saat bermain.

5. Prosesor

Sama seperti RAM, prosesor juga berperan penting dalam mencegah terjadinya lag saat bermain game.


Dapat dikatakan bahwa prosesor merupakan otak dari device atau perangkat. Bila HP menggunakan prosesor lama, pengalaman bermain pun kurang menyenangkan.


Sebaliknya, saat prosesor punya kemampuan canggih dan termasuk baru di pasaran, bermain game pun akan terasa menyenangkan tanpa terjadi masalah atau lag.


Jenis prosesor terbaru yang bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih HP gaming adalah prosesor tipe Exynos 1280 atau Snapdragon 778G.


Itulah pembahasan mengenai fitur HP gaming yang wajib ada sebelum membelinya. Selain kelima fitur di atas, Anda juga perlu mempertimbangkan dari segi harga agar sesuai dengan budget.



(mdt)

Share :