foto: Kopi Kenangan/Twitter
Teknologi.id - Saat ini banyak sekali perusahaan dan startup yang bergerak di bidang makanan dan minuman. Salah satunya adalah startup Kopi Kenangan yang cukup terkenal di Indonesia. Tahun ini, Kopi Kenangan juga masuk ke sektor FMCG (Fast Moving Consumer Goods) dengan produk pertamanya Kopi Kenangan Hanya Untukmu. Selain itu, Kopi Kenangan juga telah menjual sebanyak 40 juta cangkir di sepanjang tahun lalu. Kini, perusahaan tersebut memiliki 672 outlet yang tersebar di 45 kota di Indonesia. Data ini berdasarkan data bulan Februari 2022 yang memungkinkan startup ini telah menambah kembali jumlah gerainya. Kopi Kenangan yang telah berdiri sejak tahun 2017 ini terus mengalami ekspansi ke berbagai daerah dan bahkan berencana hingga ke luar negeri. Rencana perluasan perusahaan ini direncanakan akan dimulai pada kuartal IV pada tahun 2022. Mau tahu bagaimana berita selengkapnya? Simak artikel berikut ini!
Kopi Kenangan berencana ingin membuka 10 gerai di Malaysia pada kuartal IV tahun ini. Nantinya gerai yang akan didirikan di Malaysia akan diberi nama "Kenangan Coffee". Rencana ini telah dipertimbangkan sejak tahun 2020, tetapi terhalang pandemi Covid-19 yang melarang perdagangan dan perjalanan luar negeri.
Tujuannya adalah untuk semakin mengembangkan keuntungan dan dapat membuka lebih banyak gerai juga di luar negri, khususnya dimulai dari Asia Tenggara. Dilansir dari Tech in Asia (2022), Edward Tirnata, CEO Kopi Kenangan, mengatakan bahwa “Kami akan membuka gerai internasional pertama kali di Asia Tenggara yang dimulai dari Malaysia, ditargetkan akan ada di kuartal IV ini." Pernyataan edward ini diutarakan di forum NXC International Summit 2022. Dirinya juga mengatakan bahwa "Kita mau langsung 5, tapi nanti by total ada 10. Di satu negara dulu." Rencana ini tentu akan sangat berdampak besar bagi perusahaan dan juga menjangkau konsumen yang lebih luas.
Pada tahun 2022, perusahaan yang berfokus pada penjualan kopi ini, mendapatkan pendanaan Seri C yang membuat Kopi Kenangan mendapat predikat unicorn. Total dana yang didapat adalah sebesar Rp1,3 Triliun atau 96 Juta Dolar AS. Pendanaan tersebut dipimpin oleh Tybourne Capital Management. Semakin meningkatnya penjualan Kopi Kenangan membuat perusahaan juga mendapatkan pendanaan yang cukup besar. Harapannya adalah Kopi Kenangan dapat semakin mengembangkan perusahaannya baik itu di dalam negeri maupun di luar negeri. Selain itu, Edward juga memperhitungkan pendanaan tersebut untuk digunakan sebagai kesempatan ekspansi ke negara lain.
Baca juga: Lampu LED di Trotoar, Membantu Pejalan Kaki yang Fokus pada Ponsel!
Dilansir dari Daily Social, Edward juga mengantisipasi kegiatan ekonomi yang tidak menentu seperti inflasi yang mungkin akan terjadi. Inflasi yang berdampak pada naiknya harga-harga bahan baku dirasa tidak akan memengaruhi pendapatan dan penjualan Kopi Kenangan. Berdasarkan laporan Statista yang dilansir dari Daily Social, pendapatan dari bisnis kopi (roast coffee) tahun ini diproyeksikan sebesar 10,6 M Dolar AS di 2022. Perkiraan ini diikuti dengan estimasi pertumbuhan CAGR 9,27% pada 2022-2025. Selain itu, pendapatan dari bisnis kopi tahun lalu diperkirakan sebesar 9,5 M Dolar AS. Pendapatan yang cukup besar ini sangat menjanjikan sehingga membuat Kopi Kenangan yakin untuk melebarkan sayapnya hingga ke luar negeri.
Edward juga menjelaskan bahwa produk kopi kemasan Kopi Kenangan sudah menjadi produk dengan penjualan terbesar ketiga di pasar ritel modern. Dilansir CNBC Indonesia, biaya produksi produk kopi kemasan Kopi Kenangan juga sangat efisien karena memanfaatkan jasa OEM (Original Equipment Manufacturer). Tidak seperti beberapa perusahaan kopi lainnya yang menggunakan fasilitas sendiri untuk produksi kemasan. "Kami akan tambah jadi dua OEM pada akhir tahun ini. Dalam tiga bulan akan profitable," kata Edward yang juga berharap akan berjalan dengan lancar. Harapannya ekspansi gerai Kopi Kenangan ke Malaysia ini dapat menjadi pintu untuk dapat mengembangkan ke negara yang lebih banyak lagi. Fokus untuk pengembangan produksi dan gerai menjadi tujuan utama dari Kopi Kenangan. Hal ini lantaran perusahaan tidak hanya menjual kopi saja, tetapi juga sering berkolaborasi dengan perusahaan makanan lain untuk saling menguntungkan. Selain itu, menambah minat pembeli juga untuk mengonsumsi produk Kopi Kenangan.
(LA)