Gopay x Koinan Bikin Terobosan Baru: Ubah Koin Recehan Jadi Saldo E-Wallet

Vanessa Netanya . August 12, 2024

Ubah Recehan Jadi Saldo E-Wallet, Gopay x Koinan Bikin Terobosan Baru!
Foto: JPNN

Teknologi.id - Menyambut hari kemerdekaan Indonesia yang ke-79, Gopay bergabung bersama Koinan.id meluncurkan sebuah mesin yang dapat mengubah uang koin dalam Rupiah menjadi saldo e-wallet.

Menurut Marsela Renata selaku Head of Brand Marketing Gopay, aksi ini dilakukan dalam upaya Gopay mendukung masyarakat Indonesia go cashless, sejalan dengan misi pemerintah untuk mendorong transaksi non-tunai, yang dikutip VOI pada Senin (12/8).

Gopay mulai memperkenalkan sistem tersebut dalam sebuah booth di TK Darma Bakti Depok pada 9 - 10 Agustus 2024. Masyarakat dapat mencoba menukarkan koin secara gratis. Anak-anak yang didampingi oleh orang tua mereka terlihat antusias ketika mencoba mesin penukar koin tersebut.

E-wallet atau uang elektronik memudahkan transaksi menjadi lebih aman, mudah, dan praktis. Digitalisasi pembayaran dapat mendorong perputaran uang yang dapat mendorong roda perekonomian negara.

Dilansir dari Benang.id pada Senin (12/8), Bank Indonesia (BI) memberikan data kurang lebih terdapat Rp11 triliun uang yang beredar di masyarakat selama 10 tahun terakhir. Dengan nominal yang terhitung cukup banyak tersebut, jumlah yang kembali ke BI hanya sebesar 2%. Data tersebut menunjukkan bahwa banyak masyarakat yang masih menganggap uang logam sebagai nominal yang kurang bernilai, dengan memilih untuk menyimpan dibandingkan menjadikannya sebagai alat tukar Rupiah. Nyatanya, kepingan logam masih dibutuhkan oleh berbagai golongan, seperti pemilik usaha sebagai nominal kembalian.

Program yang disediakan oleh Gopay dan Koinan.id dapat membantu memudahkan masyarakat untuk menukar koin menjadi saldo elektronik sehingga dapat dijadikan alat transaksi yang lebih efektif.

Foto: JPNN

Cara penukaran koin juga terbilang sangat mudah. Bagi yang ingin menukarkan koin menjadi saldo e-wallet dapat langsung mengunjungi tempat penukaran resmi Gopay x Koinan.id. Setelah menyiapkan uang koin, pengguna dapat memilih pilihan “Tukar Koin” lalu “Hitung Koin” pada layar mesin penukaran. Pengguna dapat memasukkan uang koin untuk dihitung secara otomatis oleh mesin. Jumlah total koin akan tertera pada layar.

Setelah seluruh koin sudah masuk, pilih “Stop” lalu “Redeem”. Pengguna dapat memasukkan nomor telepon yang telah terdaftar dalam akun Gopay, lalu pilh “Lanjut”. Koin yang telah ditukar akan langsung masuk menjadi saldo Gopay.

Saldo yang masuk ke setiap akun Gopay dapat menjadi alat pembayaran melalui QR code, membeli pulsa atau paket data, transfer ke rekening bank, hingga untuk keperluan lain seperti membeli token listrik atau mengisi e-money.

Baca juga: Gojek dan GoPay Hadir di IKN, Gaungkan Smart Mobility!

Awalnya, Gopay merupakan alat pembayaran dari Gojek yang dipakai sebagai transaksi elektronik untuk pembayaran transportasi online. Perusahaan penyedia jasa karya anak bangsa tersebut melebarkan sayapnya untuk menyediakan berbagai keperluan untuk membantu mempermudah kebutuhan penggunanya. Pembayaran resmi yang sudah diawasi oleh OJK juga menjamin keamanan uang pemilik akun.

Setelah sukses memperkenalkan sistem penukaran koin, Gopay dan Koinan.id memiliki rencana untuk menambah lokasi penukaran di tempat lainnya. Informasi lanjutan mengenai penukaran tersebut dapat dilihat melalui akun Instagram @GoPayIndonesia dan @koinan.id.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News

(vn)

Share :