Foto : Telegram
Teknologi.id – Telegram baru saja meluncurkan fitur baru bernama Telegram Business. Fitur ini menghadirkan banyak opsi yang ditujukkan untuk bisnis, seperti jam buka, lokasi, balasan cepat, pesan otomatis, chat pembuka, dukungan chatbot, dan sebagainya.
Peluncuran fitur ini merupakan upaya Telegram untuk menjadi aplikasi yang dapat menghasilkan keuntungan. Hal tersebut mengarah pada penggunaan fitur yang mengharuskan para pengguna untuk berlangganan versi Premium berbayar untuk mengaksesnya.
Biaya yang dibanderol untuk Telegram Premium itu sendiri yaitu $4,99 per bulan. Namun, Telegram Business diperkirakan akan memberikan lonjakan tersendiri dalam biaya premium karena fitur ini menawarkan berbagai alat serta opsi yang dapat digunakan oleh pelanggan bisnis tanpa perlu mengetahui cara membuat kode.
Pendiri Telegram, Pavel Durov, telah mengisyaratkan terkait fitu-fitur ini. Pada awal bulan lalu, Ia telah mengatakan bahwa Telegram akan meluncurkan chatbot AI untuk penggunaan bisnis. Telegram juga dikabarkan akan melakukan penambahan opsi baru pada fitur Telegram Business dalam pembaruan mendatang.
Baca juga: Meta Berencana Labeli Konten Hasil AI
Dalam artikel resminya, Telegram menjelaskan berbagai opsi yang terdapat dalam Telegram Business yang dapat dilihat di bawah ini.
Jam Buka dan Lokasi
Telegram Business memungkinkan para pengguna untuk menunjukkan waktu operasional serta lokasi bisnis mereka di peta.
Telegram users can convert their profile to a business page – adding the location and business hours of their company.
To get started and create automated greetings, away messages and quick replies – go to Settings > Telegram Business. #TelegramTips pic.twitter.com/WitE0ZYp0J
Halaman Awal
Telegram menawarkan opsi untuk melakukan kustom pada halaman awal chat bisnis. Pengguna dapat membuat teks pendek serta memilih stiker yang akan dilihat pelanggan saat memulai obrolan. Pada bagian ini, pengguna dapat memperlihatkan berbagai informasi terkait produk dan jasa dari bisnis mereka.
Telegram Business lets you customize the start page for empty chats – adding your own text and a unique sticker. #TelegramTips pic.twitter.com/OK8YB0KgDv
Balasan Cepat
Telegram memungkinkan para pengguna untuk menyusun template balasan cepat yang akan dikirimkan kepada pelanggan saat mereka melakukan obrolan. Tanda ‘/’ dalam bilah pesan akan memunculkan semua balasan cepat yang telah dibuat, yang dapat Anda kirim atau edit dalam satu ketukan.
With Telegram Business, you can create Quick Replies to send several messages with a simple command in any chat.
Typing / in the message bar shows a scrollable panel with all of your quick replies – that you can send or edit in one tap. #TelegramTips pic.twitter.com/4QcwOcH6cf
Pesan Pembuka
Pengguna dapat memasang pesan pembuka yang akan dikirimkan secara otomatis untuk pelanggan yang memulai obrolan untuk pertama kalinya.
Businesses can set a greeting message that is sent to users who contact them for the first time – instantly sharing important info or a friendly hello. 👋 #TelegramTips pic.twitter.com/IBW5YOWFVc
Pesan di Luar Jam Kerja
Pengguna juga dapat memasang pesan di luar jam kerja yang akan dikirimkan kepada pelanggan saat bisnis sedang tutup atau libur.
Telegram Business users can add an away message to automatically reply when they are closed or on vacation.
These automated responses support text formatting, files and all media types – and can contain multiple messages. #TelegramTips pic.twitter.com/COgpx1TgTi
Tagar Obrolan
Pada opsi ini, pengguna dapat memberi label yang berbeda untuk setiap pelanggan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam membedakan pelanggan sesuai kebutuhan dan skala prioritas.
Tautan Obrolan
Pengguna juga dapat membuat tautan obrolan yang memungkinkan orang untuk mengunjungi akun Anda melalui link yang tersedia. Tautan ini dapat digunakan di luar dari aplikasi Telegram hingga dalam bentuk QR code yang ditempelkan pada menu.
Chatbot untuk Bisnis
Pengguna Telegram Business dapat menyambungkan bot Telegram yang nantinya akan memproses dan menjawab pesan pelanggan atas nama mereka. Hal ini memampukan bisnis untuk dengan mudah mengintegrasikan fungsi dan alur kerja yang sudah ada, atau menambahkan asisten AI untuk mengelola percakapan.
Peluncuran fitur ini juga menjadi upaya Telegram dalam memasuki pasar persaingan aplikasi yang menawarkan fitur bisnis, sama seperti beberapa aplikasi besutan Meta, yaitu Messenger, Instagram, dan WhatsApp. Telegram Business dapat ditemukan pada menu Pengaturan. Baca juga berita dan artikel yang lain di Google News.
Baca juga berita dan artikel yang lain di Google News
(ftn)