5 Mindset Penting untuk Self Development

sonia . August 09, 2021


Tentu setiap manusia memiliki kecerdasan dan keunikan yang berbeda-beda. Namun, jika ingin hidup maju, kita harus memiliki mindset positif untuk berkembang dan menjadi pribadi yang bisa bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Berikut cara pola pikir positif dalam meningkatkan kualitas diri:

1.       Fill yourself with art, books, knowledge, and experience.

Orang yang memiliki mindset berkualitas adalah mereka yang mengisi hari-harinya untuk belajar sesuatu yang baru dan hal-hal yang mereka suka. Mereka mengetahui betul bahwa satu hari itu berlalu dengan cepat, karena itu jugalah yang menjadikan setiap hari berharga.Habiskanlah setiap hari dengan bijak dan tidak menggunakan waktu sembarangan.

2.       Fill yourself up with love instead of hate

Dengan fokus mengisi diri kita dengan sesuatu yang kita cintai, segala sesuatu akan terasa lebih menyenangkan. Namun, pada kenyataannya, banyak dari kita yang fokus dengan pencapaian orang lain sehingga membuatnya iri hati bahkan takut tertinggal (fomo). Pola pikir ini yang harus kita ubah bahwa setiap orang jelas memiliki perjuangannya masing-masing, jadikanlah mereka inspirasi bukan saingan.

3.       Everything in this universe needs a process

Tidak ada yang namanya instan dan kebetulan. Semua perlu peluang untuk mencapai di suatu titik. Darimana kah peluang itu didapat? Jawabannya satu yang pasti, yaitu kerja keras. Perlu diketahui bahwa proses itu sepaket dengan yang namanya kegagalan. Mindset orang yang positif adalah mereka siap bertemu hal itu karena bagi mereka, itu sesuatu yang lumrah. So, be brave. Where you are meant to be, you will be in time.

4.       Celebrate more small things

Perjuangan kita akan terasa lebih sehat apabila kita lebih banyak menghargai daripada menuntut. Sebagai orang yang memiliki mindset positif, kita perlu untuk merayakan pencapaian-pencapaian kecil, karena dari yang kecil itulah suatu saat nanti akan menjadi besar. Pada intinya, lebih banyak bersyukur dan self-reward.

5.       Never be a procrastinator

Lastly dan tidak kalah penting adalah jangan pernah menunda-nunda pekerjaan atau segala sesuatu yang menjadi bagian dari tanggung jawabmu. Selesaikanlah sekarang karena sometimes ‘later’ becomes ‘never’. Set goals and be ambitious!

Itulah kelima pola pikir berkualitas yang dapat kamu terapkan in daily life! Ayo mulai dari sekarang kita sama-sama hidup maju dan menjadi orang yang lebih baik.

Share :

Berita Menarik Lainnya