Ilmuwan Temukan Metode Baru untuk Prediksi Terjadinya Tsunami

Fabian Pratama Kusumah . December 23, 2021

Foto: Surya Kepri

Teknologi.idPara ilmuwan menemukan metode baru untuk mendeteksi tsunami yang dapat meningkatkan waktu respons dan peringatan sebelum  air laut yang mematikan menghantam pantai, tulis pernyataan pers, dikutip dari Interesting Engineering.

Metode baru mendeteksi tsunami dengan medan magnet yang mereka hasilkan ketika bergerak melalui air konduktif laut.

Medan magnet ini dapat dideteksi beberapa menit sebelum naiknya permukaan laut, memberikan beberapa momen tambahan waktu respons yang berpotensi menyelamatkan jiwa.

Para peneliti sebelumnya telah memperkirakan bahwa tsunami dapat dideteksi melalui medan magnet, tetapi mereka kekurangan data untuk membuktikan hipotesis tersebut.

Sekarang, tim peneliti dari American Geophysical Union (AGU), menguraikan metode baru mereka menggunakan data dunia nyata untuk pertama kalinya.

Mereka mempublikasikan temuan mereka dalam makalah baru di  Journal of Geophysical Research: Solid Earth.

Para peneliti menggunakan data dari tsunami 2009 di Samoa dan tsunami 2010 di Chili untuk menunjukkan bahwa mereka dapat memprediksi ketinggian gelombang tsunami menggunakan deteksi medan magnet.

Studi mereka membuktikan bahwa medan magnet tiba sebelum perubahan permukaan laut sebelum tsunami.

Meskipun hasil bervariasi tergantung pada kedalaman air, mereka menunjukkan bahwa dengan kedalaman sekitar 4.800 meter, medan magnet dapat dideteksi kira-kira satu menit sebelum perubahan permukaan laut.

Baca juga: Bagaimana Aktivitas Vulkanik dapat Mengakibatkan Tsunami?

Tim AGU bukan satu-satunya yang bekerja untuk meningkatkan prediksi peristiwa bencana ini.

Pada bulan Februari,  Riken dan Fujitsu mengumumkan bahwa mereka sedang mengembangkan alat AI untuk memprediksi tsunami, menggunakan superkomputer tercepat di dunia, Fugaku.

Pekerjaan semacam itu dapat membantu meningkatkan model untuk memprediksi tsunami di masa depan yang berpotensi membantu menyelamatkan ribuan nyawa.

(fpk)

Share :