Foto: Unsplash
Teknologi.id – TikTok saat ini sukses
menjadi aplikasi video pendek populer yang terus bersaing dengan Instagram.
Sekarang ini, TikTok tengah berusaha menjadi sosial media untuk profesional
atau pencarian kerja.
Mengutip dari TikTok Newsroom, anak
perusahaan dari ByteDance ini kabarnya tengah meluncurkan fitur baru mereka yakni
#TikTokResumes. Fitur ini merupakan program percontohan melamar kerja via video
TikTok.
"Kami senang meluncurkan
"TikTok Resumes" sebagai program percontohan yang dirancang untuk
terus memperluas dan meningkatkan layanan TikTok sebagai saluran baru untuk
menemukan dan rekrutmen pekerjaan," ucap TikTok.
TikTOk akan mendorong pelamar untuk memamerkan keterampilan mereka dengan cara yang kreatif lewat sebuah video pendek sambil menandai konten dengan tagar #TikTokResumes.
Baca juga: Cara Menghilangkan Watermark TikTok Tanpa Aplikasi
Program percontohan merupakan upaya anyar
TikTok dalam mendekatkan hubungan antara merek dan pencipta. Ini juga memberikan
lebih banyak alasan orang-orang menginvestasikan waktu dan uang ke dalam
platform.
TikTok yakin bahwa seiring dengan
berkembangnya karier di bidang konten kreatif, TikTok dapat menjadi cara baru dalam
menemukan kandidat pegawai yang berbakat.
“#CareerTok sudah menjadi subkultur
yang berkembang di platform dan kami tidak sabar untuk melihat bagaimana
komunitas merangkul Resume TikTok dan membantu membayangkan kembali perekrutan
dan penemuan pekerjaan,” ucap Kepala Pemasaran Global TikTok Nick Tran seperti
dikutip dari TechCrunch.
Program percontohan ini bisa ditemukan
melalui tagar khusus dan di situs tiktokresumes.com. Selain itu, TikTok juga membagikan
beberapa tips agar sukses melamar kerja dan mengambil sampel video.
Di situs ini, siapa saja bisa menelusuri
daftar pekerjaan berdasarkan pemberi kerja dan mengisi kuesioner singkat, dengan
melampirkan tautan video mereka.
TikTok memandang uji coba baru sebagai "perpanjangan alami" dari program duta perguruan tinggi, yang merekrut siswa untuk menjadi perwakilan di kampus yang mempromosikan merek jejaring sosial. Program percontohan ini bisa dimanfaatkan pengguna dengan mengirimkan lamaran pekerjaannya mulai dari 7 Juli hingga 31 Juli.
(MIM)