Teknologi.id - Beragam tren Digital yang berkembang saat ini terus mengubah pola aktivitas masyarakat. Dibantu oleh kemajuan teknologi, tidak heran tren ini sebagai peluang utama agar dapat berkembang pada masa depan nanti. Salah satunya adalah Artificial intelligence (AI) atau Kecerdasan Buatan yang banyak dari teknologi ini berkembang secara pesat. Sehingga teknologi ini akan mempengaruhi semua sektor industri agar bisnis mereka tetap dapat bertahan mengikuti jaman. Dari hal ini, sudah mulai banyak segmen - segmen industri yang berkolaborasi dengan pengelola digital berpengalaman untuk memastikan industri mereka tetap pada jalurnya selama dunia industri AI dan ruang pemasaran digital yang terus berkembang. Lenna Ai pun turut hadir dan ikut serta akan pengembangan AI di Indonesia. Lenna Ai merupakan produk teknologi berbasis Artificial intelligence yang diberdirikan oleh Alen Bobby Hartanto yang difungsikan sebagai asisten secara personal dengan berbasis bahasa Indonesia. Serupa dengan Siri yang dibuat oleh Apple, Lenna mengutamakan fitur perintah suara atau voice command. Fitur ini lebih memudahkan penggunanya daripada bentuk chatbot kebanyakan yang memerlukan input berupa kalimat teks sebagai perintahnya. Sejak mulai merintis pada tahun 2018, Lenna tidak hanya terbatas untuk kebutuhan mendasar, tetapi juga dapat dikembangkan lebih lanjut untuk keperluan akses bisnis secara personal. “Jadi kita melihat AI ini perkembangannya cukup pesat dari sisi teknologi maupun sisi fragmentasi ya , segmennya pun banyak. Kita saat ini fokus AI untuk Automation Customer Support Platform. Kita menyasar industri - industri yang membutuhkan otomasi pelayanan untuk customernya. Kita penetrasi ke banyak jenis industri seperti kesehatan, perbankan, insurance dan sebagainya. Mereka punya base customer yang cukup besar. Nah untuk melayani customer itu, dibutuhkan automasi menggunakan AI ini dan Lenna.ai salah satu pemainnya. ”. ujar Alen Bobby Hartanto selakuCEO Lenna AI, Rabu (13/10/2021) Lenna sendiri sudah terintegrasi oleh 160 Bahasa dan juga memiliki pelayanan yaitu pembuatan virtual assistant, chatbot, omni messaging, whatsapp bisnis API, dan mobile app. salah satu contohnya yakni perbankan Lenna.ai akan memasuki core system mereka untuk melakukan perintah menyesuaikan kebutuhan mereka pengguna perbankan. ini merupakan salah satu keunggulan yang dimiliki lenna “Kita biasanya kalau ke bank gitu ya, kalau mau blokir kartu atm, tanya suku bunga, info produk bank, dan sebagainya. atau misalkan kalau di insurance kita harus telepon semacamnya, nah kalau dengan adanya AI kita itu cukup chat baik itu di mobile apps atau di desk engine chat. Itu akan dilayani otomatis oleh bot kita, jadi tidak perlu menunggu waktu yang lama. dan saat ini masih fokus dalam pengembangan produk untuk layanan konsumen, automasi, dan channel. kita ingin menghadirkan experience baru di dunia AI” lanjut Alen. Untuk itu, Lenna selalu melakukan observasi terhadap industri atau brand yang melakukan brand kita, kemudian terhadap behavior consumer. disitu kita menghadirkan fitur - fitur head on di platform kita, mulai dari sisi platform kita maupun dari sisi robot dalam menyelesaikan masalah.” Sesuai dengan teknologinya yang memiliki sistem terintegrasi, Lenna kerap membantu pelayanan seperti contohnya di Rumah Sakit. mereka menghubungkan ke sistem inti untuk meningkatkan salah satunya Traffic Booking pada Rumah sakit. Lenna juga dapat membuat percakapan dengan robot menjadi lebih mudah, tidak berbelit - belit namun juga tidak kaku. Seperti halnya di perbankan, mereka dapat memberi arahan kepada robot untuk memerintahkan transfer ke suatu rekening. Lenna sudah siapkan sistem pairing sebagai penghubung sumber data nasabah dengan teknologinya tersebut guna memudahkan dalam transaksi perbankan. Saat ini, Lenna sudah berkolaborasi dengan beberapa brand yang memang membutuhkan Customer Support langsung. Seperti contohnya Bank BNI, BKPM, Telkom Indonesia, Mega Insurance, IKEA, Primaya Hospital, dan Jasa Raharja. Menghadapi situasi Pandemi kali ini pun, bagi Lenna sendiri bukan merupakan sebuah hambatan. Justru mereka merasa tertantang dan juga mendapatkan kesempatan. Diungkapkan oleh Alen sendiri, karena semua sudah berbasis Online hal itu menjadikan support terhadap platformnya tersebut. Hal lain yang menjadi keunggulan Lenna yakni dimana teknologi chatbotnya dapat menghadapi jutaan Customer seperti Nasabah Perbankan. Dengan automasi oleh robot tersebut Service Reaction Rate yang dihasilkan diatas 90% artinya Tanpa ada bantuan manusia, sekian banyak nasabah yang menggunakan layanan perbankan tersebut bisa ditangani oleh Robot yang sudah memiliki database perbankan tersebut. “Tentunya Lenna akan semakin komprehensif dalam perkembangan AI itu sendiri, AI terus berkembang kita maunya robotnya semakin pintar dan natural untuk menghadapi persoalan - persoalan dari orang. Kemudian kita ingin menghadirkan produk yang inovatif lagi, dimana nantinya robotnya bisa hadir dalam dunia nyata.” ujar Alen, (Salah satu produk Lenna.ai yang memiliki bentuk secara fisik / nyata bernama SELENA ‘Sentuh dan Lenna’ dengan teknologi Smart Kiosk ) Lenna juga kerap meningkatkan kepercayaan konsumennya untuk selalu menjaga keamanan dan data pribadi dengan Sistem Informasi Manajemen yang dimiliki guna selalu memberikan pelayanan yang terbaik bagi penggunanya. Dari hal tersebut, Lenna meraih Sertifikat ISO27001:2013 yang merupakan suatu dokumen standar dalam Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI). Saat ini Lenna dapat dikunjungi melalui situs resminyawww.lenna.ai dan Media Sosial Seperti Instagram, Facebook, dan juga YouTube. Kedepannya, Lenna berupaya atas pengembangan platformnya lebih lanjut agar dapat memenuhi targetnya sebagai Pelopor pertama dalam platform berbasis asisten pribadi bahasa lokal di Indonesia. Gabungan dari beberapa sumber: Lenna.ai - https://lenna.aiLenna AI, Ajak Industri Bisnis Bangkit di Tengah Pandemi (https://teknologi.id/business/lenna-ai-ajak-industri-bisnis-bangkit-di-tengah-pandemi)