Foto: Instagram
Teknologi.id – Instagram dikabarkan
akan meminta informasi tanggal lahir atau ulang tahun penggunanya. Namun, apa
tujuan sebenarnya Instagram melakukan hal tersebut?
PIihak Instagram menuturkan,
pembaruan ini bertujuan untuk melindungi remaja di bawah umur yang menggunakan
aplikasinya.
Instagam telah mewajibkan pengguna
baru mereka untuk menambahkan informasi tanggal lahir. Terhitung sudah sejak
2019 Instagram memberlakukan kebijakan tersebut.
Melansir dari The Verge, Instagram
akan meminta informasi tanggal lahir atau ulang tahun penggunanya saat pengguna
membuka aplikasi (jika pengguna belum menambahkan informasi tersebut).
Kendatio demikan, pengguna sebetulnya
dapat mengabaikan permintaan Instagram tersebut. Namun, jika pengguna ingin
terus menggunakan akun mereka, makan informasi tersebut wajib dilengkapi.
Tujuan utama dari Instagram yang meminta tanggal lahir penggunanya yakni untuk menyesuaikan berbagai konten yang muncul dengan umur penggunanya. Konten sensitif juga akan dihadirkan apabila pengguna tak menyematkan informasi ulang tahun mereka.
Baca juga: Cara Hide Akun Instagram Agar Tak Bisa Dilihat Orang lain
Pengguna tak akan bisa melihat
postingan tersebut hingga mereka memberikan tanggal lahir, dan remaja di bawah
umur mungkin tidak dapat melihat postingan ini sama sekali.
Instagram juga akan menggunakan teknologi
Artificial Inteligent (AI) atau kecerdasan buatan untuk dapat mendeteksi ketika
semisal pengguna memberikan informasi ulang tahun palsu, dan pengguna akan
diminta untuk memverifikasi usia mereka.
"Nantinya, jika seseorang
memberi tahu kami bahwa mereka di atas usia tertentu, dan teknologi kami
memberi tahu kami sebaliknya, kami akan menunjukkan kepada mereka menu opsi
untuk memverifikasi usia mereka. Pekerjaan ini masih dalam tahap awal, dan kami
berharap akan terus mengembangkannya," ucap pihak Instagram.
Beberapa tahun terakhir, Instagram memang telah mencoba meningkatkan fitur keamanan dan privasi untuk pengguna remaja mereka. Pihak Instagram mengatakan akan berupaya untuk membuat akun remaja yang lebih muda menjadi pribadi secara default, dan membatasi kemampuan pengiklan untuk menargetkan pasar demografis mereka.
(MIM)