Foto: Line
Teknologi.id – Aplikasi chat yaitu Line, akhir-akhir ini dirumorkan
akan membangun platform perbankan digital di Indonesia.
Line Corporation akhirnya
mengumumkan peluncuran platform perbankan digital miliknya yang menggandeng PT
Bank KEB Hana Indonesia (Hana Bank).
Line Bank, demikian sebutan untuk
layanan tersebut, mulai beroperasi pada 10 Juni. Indonesia menjadi pasar ketiga
tempat Line Bank beroperasi, setelah Thailand dan Taiwan.
Line Bank menargetkan pasar
keuangan Indonesia dengan menyediakan layanan perbankan digital yang
menggabungkan keahlian teknologi dari Line sebagai platform mobile terkemuka di
Asia, dan kredibilitas Hana Bank dalam hal keuangan.
Melalui keterangan resminya, Line menyebutkan layanan ini dimulai dengan peluncuran layanan tabungan dan deposito.
Baca juga: Akankah Uang Kertas Punah saat Rupiah Digital Dirilis?
Line Bank berencana
memperkenalkan berbagai produk keuangan dan layanan fintech yang disesuaikan
dengan kebutuhan dan minat spesifik masing-masing daerah.
"Line Bank akan menyediakan
berbagai produk keuangan dan layanan fintech yang disesuaikan dengan kebutuhan
dan kepentingan nasabah kami," ujar Direktur Utama PT Bank KEB Hana
Indonesia Jong Jin Park dikutip dari Detik hari Senin 14 Juni 2021.
Line Bank menawarkan beberapa
produk yang dirancang untuk mempermudah perbankan dan memperluas akses ke
layanan keuangan yaitu:
1. Rekening tabungan: Dengan eKYC (electronic
Know Your Customer), nasabah dapat dengan mudah membuka rekening tabungan tanpa
harus ke bank.
Setiap akun menawarkan transfer dan penarikan tanpa biaya, dan tanpa biaya admin bulanan. Pelanggan dapat menerima notifikasi setoran/penarikan otomatis melalui messenger Line. Selain itu, penarikan tunai tanpa kartu dari ATM Bank Hana juga tersedia.
Baca juga: Gebrakan Line Buat Bank Digital Indonesia
2. Deposito berjangka: Line Bank
menawarkan deposito berjangka mulai dari Rp1 juta dan nasabah bisa mengecek
return deposito mereka secara real-time.
3. Kartu debit imut karakter Line:
Line Bank menawarkan kartu debit kepada pelanggan dalam empat pilihan warna.
Uniknya, kartu debit menampilkan
karakter Line Friends Brown, Cony dan Sally yang imut-imut yang menjadi ciri
khas Line. Melalui berbagai promosi, pelanggan juga dapat menerima hadiah
cashback khusus.
4. Pembayaran tagihan: Pelanggan
dapat membayar tagihan telepon, internet, dan listrik menggunakan aplikasi Line
Bank.
Ke depannya, Line Bank berencana menambah
fitur dan layanan seperti menghadirkan layanan pinjaman, pinjaman kemitraan,
dan pembayaran QR.
(fpk)