Kecepatan Internet Starlink Indonesia Dikabarkan Turun dari 300 Mbps Jadi 159 Mbps

Karissa Anindya Ramadhani . June 27, 2024

Kecepatan internet starlink

Foto: Root Nation

Teknologi.id - Layanan internet satelit Starlink milik Elon Musk secara resmi diluncurkan di Indonesia pada bulan Mei lalu. Perangkat Starlink tersebut dijual dengan harga Rp 7,8 juta dengan biaya berlangganan termurah adalah Rp 750.000 per bulan untuk paket Residensial.

Saat pertama kali diluncurkan, Starlink menjadi topik pembicaraan hangat lantaran kecepatan internetnya yang sangat tinggi. Beberapa pengguna yang mengulas Starlink di Indonesia melaporkan bahwa kecepatan unduhannya bisa mencapai 300 Mbps.

Namun, belakangan ini banyak yang membicarakan kecepatan Starlink terutama untuk paket Residensial kini dibatasi maksimal hanya 159 Mbps. Angka ini sekitar setengah dari kecepatan tertinggi yang diperoleh konsumen saat Starlink pertama kali hadir di Indonesia.

Kabar penurunan tersebut dengan cepat merambah di dunia maya. Berbagai postingan di media sosial ramai membahas kabar tersebut, salah satunya adalah Reddit.

Dilansir dari KompasTekno, ada pengguna Reddit yang mengeklaim bahwa dirinya terkena penurunan kecepatan internet Starlink ini. Salah satu pengguna dengan handle @sikil_tugel mengatakan bahwa kecepatan internet di daerahnya dibatasi dari 200 Mbps menjadi 159 Mbps.

"Memang kena limit, sebelumnya di tempat saya dapat 200 Mbps sekitar satu atau dua minggu yang lalu, lalu tadi pagi dapat 159 Mbps," tulis pengguna tersebut di forum Reddit, dikutip dari KompasTekno (27/6).

Di sisi lain beberapa orang menuliskan bahwa mereka tidak mengalami penurunan kecepatan internet Starlink. Pihak Starlink sendiri belum memberi pernyataan apapun terkait hal ini.

Baca Juga: Wali Kota Makassar Bakal Pasang Internet Starlink di Lorong-lorong Pemukiman Warga

Informasi Dari Situs Resmi Starlink

Melalui situs resmi Starlink, pihak Teknologi.id telah menelusuri kebenaran berita ini melalui peta kecepatan unduhan yang tersedia di situs tersebut. Hasil menunjukkan bahwa benar kecepatan telah menurun. Jakarta sendiri menunjukkan kecepatan unduhan sebesar 73 Mbps - 157 Mbps. Daerah-daerah lain juga menunjukkan kecepatan yang sama.

Kecepatan internet starlink

Foto: Teknologi.id/Karissa Anindya Ramadhani

Akhir kata, penurunan kecepatan Starlink ini telah memicu banyak kekhawatiran di kalangan masyarakat.

Belum diketahui pasti penyebab adanya penurunan ini. Pengguna Starlink diharapkan untuk tenang dan tetap memantau pengumuman resmi dari Starlink. Walaupun menurun, Starlink saat ini masih dapat digunakan dengan baik.

Baca Berita dan Artikel Lainnya di Google News

(kar)

Share :