Beginilah Gambaran iPhone di Masa Depan! Bisa Dilipat?

Zoyabelle Ratu Arbian . July 24, 2024

iPhone di Masa Depan

Sumber : wccftech.com/


Teknologi.id - Layaknya jaman yang terus berulang, kini ponsel lipat kembali beredar di berbagai macam merk smartphone. Salah satunya adalah iPhone. Rumor mengenai kehadiran iPhone lipat semakin menguat dengan kabar terbaru yang mengindikasikan bahwa Apple mungkin merilis perangkat ini pada tahun 2026. 

Artikel dari Yahoo Tech baru-baru ini mengungkapkan beberapa detail mengenai rencana Apple untuk memasuki pasar smartphone lipat, memberikan gambaran tentang fitur dan inovasi yang mungkin akan hadir.

Baca Juga: Terkuak Bocoran iPhone 17 Series, Intip Spesifikasi dan Harganya!

Desain dan Layar Fleksibel

iPhone lipat diharapkan memiliki layar fleksibel berteknologi OLED yang dapat menekuk tanpa merusak layar. Teknologi ini akan memungkinkan perangkat untuk memiliki dua ukuran tampilan—pas saat dilipat dan lebih besar ketika dibuka. Inovasi dalam desain hinge (engsel) juga dapat menjadi fokus utama, dengan upaya untuk memastikan ketahanan dan keandalan jangka panjang. 

Fungsi Multitasking yang Ditingkatkan

Dengan layar yang lebih besar, iPhone lipat dapat mewujudkan fitur multitasking yang lebih canggih. Pengguna bisa menjalankan beberapa aplikasi sekaligus dengan tampilan split-screen untuk pengalaman pengguna yang lebih produktif. Apple mungkin juga memperkenalkan fitur baru yang dioptimalkan khusus untuk layar lipat ini. Contohnya, Samsung Galaxy Fold telah menunjukkan bagaimana multitasking dapat ditingkatkan pada perangkat lipat, dan Apple diharapkan mengikuti jejak ini dengan inovasi khas mereka.

Baca juga: Terkuak Bocoran iPhone 17 Series, Intip Spesifikasi dan Harganya!

Kolaborasi dengan Samsung dan Prototipe yang Dikembangkan

Sembari berita simpang siur mengenai peluncuran seri iPhone 16 (Pro dan Pro Max) pada akhir tahun, juga iPhone 17 Slim pada 2025, kabar iPhone lipat juga bermunculan. Hal ini dikarenakan adanya laporan bahwa Apple telah menandatangani kesepakatan dengan Samsung untuk memasok layar iPhone lipat tersebut.

The Information, pada bulan Februari lalu, mengungkapkan bahwa terdapat dua prototipe yang sedang dikembangkan Apple. Kini desain tersebut sudah ditentukan. Sebagai gambaran, bentuk iPhone lipat ini akan seperti Samsung seri Galaxy Z Flip, melipat ke atas bagaikan kerang. Bila masalah crease atau lipatan pada layar teratasi, kemunculan iPhone fold ini tidak akan lewat dari tahun 2027.

Proyek V68 dan Upaya Apple

Kode internal perusahaan terhadap projek terbaru mereka ini adalah V68. Mengutip dari The Information, Apple benar benar serius dan mengusahakan iPhone lipat mereka. Saat ini Apple tengah berupaya untuk menyelesaikan persoalan crease atau lipatan dan juga membuat perangkat lebih tipis, khususnya saat dilipat. Mengingat produk mereka dengan kode D23 atau iPhone 17, iPhone dengan desain yang lebih tipis, bisa jadi  dapat menjawab persoalan tersebut. Jika desain yang sama dengan iPhone 17 diterapkan pada iPhone Fold, maka Apple dapat menyelesaikan masalah lain dan melanjutkan pengembangan.

Pembaruan Fitur dan Mode Eksklusif

Tak hanya pembaruan pada bentuk iPhone mereka, software hingga fitur di dalamnya terus Apple kembangkan. Seperti kabar dari The Information mengenai spesifikasi pada pondel mereka dengan efek depth of field, blur pada background, yang menarik para penggemar ekosistem Apple tersebut. Dengan standar iPhone yang tinggi ketika membahas rancangan produknya, saat ini mereka masih mengembangkan mode mode eksklusif lainnya. Jika tidak sesuai dan belum terdiferensiasi dengan kompetitor, penundaan peluncuran iPhone fold ini pasti akan ditunda.

Antisipasi dan Harapan Pengguna

Meskipun informasi ini masih bersifat spekulatif, kehadiran iPhone lipat pada 2026 akan menandai langkah besar bagi Apple dalam pasar smartphone. Inovasi ini tidak hanya akan menambah variasi dalam produk Apple tetapi juga berpotensi menetapkan standar baru dalam industri smartphone lipat. Menurut analis dari JP Morgan, pasar smartphone lipat diperkirakan akan tumbuh pesat, dan keterlibatan Apple akan menjadi katalis utama untuk adopsi teknologi ini secara luas.

Sebagai tambahan, Apple belum secara resmi mengonfirmasi detail terkait iPhone lipat ini, dan berbagai laporan serta rumor masih menjadi sumber utama informasi. Namun, antisipasi terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi dan pengembangan produk Apple. Jangan lupa untuk menunggu produk-produk Apple yang hadir dalam waktu dekat.

Baca berita dan artikel lainnya di :  Google News



Share :