Telkomsel Kolaborasi dengan Garuda Indonesia Hadirkan Kuota Internet di Pesawat

Sekar Arum Pangastuti . August 09, 2024
Telkomsel Kolaborasi dengan Garuda Indonesia Hadirkan Kuota Internet di Pesawat
sumber: telkomsel.com

Teknologi.id – Telkomsel bekerja sama dengan maskapai plat merah Garuda Indonesia dalam rangka menghadirkan kuota internet di pesawat sehingga para penumpang dapat terus terhubung dengan internet, meskipun sedang melakukan penerbangan.

Sebelumnya, Telkomsel dan Garuda Indonesia telah mengumumkan kerja sama kedua perusahaan terkait paket roaming kepada publik di aplikasi FlyGaruda.

Menurut Direktur Sales Telkomsel, Adiwinahyu B Sigit kerja sama Telkomsel dan Garuda Indonesia memiliki potensi untuk terus dilanjutkan denga adanya proyek kuota internet dalam pesawat. Hal itu dikatakan oleh Sigit di Telkomsel Smart Office Jakarta.

Selanjutnya, Sigit menyatakan keinginan Telkomsel untuk dapat mendukung konektivitas di pesawat mengingat lama waktu yang dihabiskan penumpang sebelum mendarat. Apabila terdapat kuota internet dalam pesawat, penumpang bisa membeli paket langsung, mulai dari bawah, naik pesawat, hingga turun, katanya pada Kamis (8/8/2024).

Baca Juga: Ajak Masyarakat Berjalan 10.000 Langkah, Telkomsel Tawarkan Kuota 10 GB Hanya Rp10

Telkomsel bermaksud untuk menyesuaikan kebiasaan wargan Indonesia ketika pergi ke luar negeri. Nantinya, warga Indonesia yang pergi ke luar negeri bisa menyesuaikan dengan tanggal pergi dan pulangnya, tanpa perlu membeli paket roaming dengan masa aktif tujuh hari.

Sigit memberi contoh dengan kebiasaan penumpang yang berangkat dan pulang dengan maskapai yang sama. Masalahnya adalah para penumpang pergi selama empat hari, tapi roamingnya empat hari. Maka dari itu, pihaknya ingin menyesuaikan trip sesuai yang ditawarkan Garuda Indonesia.

Selain itu, Direktur Niaga Garuda Indonesia, Ade R. Suradi, mengatakan bahwa internet seluler dalam pesawat memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan satelit. Menurutnya, solusi yang paling tepat ialah infrastruktur seluler, tapi tetap membutuhkan frekuensi khusus.

Saat ini, frekuensi yang dapat dipakai seluler di dalam pesawat sedang pada tahap menunggu aturan. Jika menggunakan satelit, memang internet yang dijangkau dapat lebih besar, tapi biaya yang dikeluarkan juga lebih mahal. Sedangkan apabila menggunakan seluler, pengguna dapat mengakses Youtube hingga Netflix di dalam pesawat.

Belum dapat dipastikan kapan hadirnya kouta internet dalam pesawat dan penyesuaian masa aktif paket roaming. Akan tetapi, Telkomsel berharap agar kedua hal tersebut bisa segera hadir.

Terakhir Sigit menegaskan kembali harapan Telkomsel agar  bisa mendukung konektivitas internet mulai dari berangkat hingga sampai ke tujuan.

Baca Berita dan Artikel lain di Google News

(sap)

Share :