Kini Bisa Tambah Foto atau Video di Profil Instagram Teman, Pakai Fitur Add to Post

Adellia Irmanda Azzahra . October 23, 2024

fitur add to post instagram
Foto: Gadgets Now

Teknologi.id - Instagram, sebagai salah satu platform media sosial terbesar di dunia, secara konsisten terus berinovasi untuk meningkatkan kepuasan pengguna. Kali ini, Instagram memperkenalkan fitur terbaru yang memperluas kemampuan kolaborasi dalam postingan. Fitur ini disebut dengan "Add to post".

Melalui fitur ini, pengguna dapat menambahkan foto atau video ke postingan yang diunggah oleh teman mereka, dan sebaliknya. Dengan kata lain, saat pengguna akan mengunggah foto di feed mereka, Instagram akan memberikan opsi bagi pengikut untuk mengirimkan foto dan video yang ingin mereka tambahkan ke postingan pengguna tersebut.

Fitur ini sebenarnya sudah diperkenalkan dan diuji oleh Instagram sejak tahun lalu dan hanya bisa digunakan pada unggahan feed carousel, yaitu postingan yang berisi banyak foto atau video sekaligus.

Kabar baiknya, mulai saat ini, fitur ini sudah bisa untuk digunakan oleh pengguna Instagram di Indonesia melalui aplikasi Instagram versi 353.2.0.49.90 di perangkat Android.

Fitur ini berbeda dengan fitur "Invite collaborators," di mana pengguna hanya menerima undangan untuk berkolaborasi tanpa kemampuan untuk menambahkan foto atau video.

“Pemberitahuan pengujian baru. Kami baru saja mulai menguji cara baru untuk mengundang teman bergabung dalam postingan feed Anda. Sebelum memposting carousel, Anda dapat mengaktifkan kemampuan bagi pengikut Anda untuk mengirimkan foto dan/atau video, yang dapat Anda setujui untuk ditambahkan ke postingan,” kata Mosseri selaku Head of Instagram, dalam sebuah kiriman di Saluran Instagram miliknya, melansir Gadgets Now (23/10).

Pengguna tidak perlu khawatir, karena postingan dari teman mereka (atau sebaliknya) tidak akan ditambahkan secara otomatis ke dalam carousel. Setiap foto dan video yang diunggah harus disetujui terlebih dahulu oleh pemilik konten sebelum ditambahkan. Fitur carousel kolaboratif ini menyertakan tombol “add to post” di bagian kiri bawah postingan.

Cara Kerja Fitur Menambahkan Foto atau Video di Postingan Instagram Teman

Pengguna dapat menambahkan foto atau video ke postingan yang dibuat oleh orang lain, asalkan penulis postingan tersebut sudah mengizinkan kontribusi. Fitur ini memungkinkan sebuah postingan memiliki maksimum 20 foto atau video dari berbagai kontributor.

Akan tetapi, foto atau video yang ditambahkan belum dapat dilihat secara publik hingga pemilik postingan memberikan persetujuan. Setelah disetujui, foto atau video yang ditambahkan akan mencantumkan nama dan foto profil kontributor.

Postingan yang telah diperbarui ini dapat diakses oleh pengikut pemilik postingan dan juga pengikut dari kontributor. Meskipun demikian, postingan tersebut tidak akan muncul di profil feeds pribadi kontributor. Selain itu, pengguna sebagai kontributor juga memiliki opsi untuk menghapus foto atau video yang telah mereka tambahkan kapan saja.

Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa apabila profil kontributor bersifat pribadi, orang-orang yang mengikuti pemiliki postingan tetap akan dapat melihat foto atau video yang ditambahkan. Namun, fitur ini tidak akan mempengaruhi privasi akun kontributor.

Baca juga: Instagram Hadirkan Fitur Baru untuk Tambah Lagu Favorit Langsung ke Spotify

Cara Menambahkan Foto atau Video di Postingan Instagram Teman

Pengguna dapat menambahkan foto atau video di postingan instagram teman hanya dengan beberapa langkah mudah. Berikut cara yang dapat pengguna ikuti, berdasarkan panduan Pusat Bantuan Instagram.

  1. Membuka aplikasi Instagram.
  2. Membuka postingan feeds instagram teman yang ingin ditambahkan.
  3. Mengetuk opsi "Add to post" yang ada di postingan.
  4. Memilih foto atau video yang akan ditambahkan ke postingan, atau ketuk tombol kamera untuk mengambil foto atau video baru.
  5. Mengetuk tombol "Add to post" di bawah foto atau video yang sudah dipilih.
  6. Menunggu foto atau video terkirim dan disetujui oleh pemilik postingan.

Cara Menghapus Foto atau Video Kita dari Postingan Instagram Teman

Apabila pengguna merasa foto kurang pas untuk ditambahkan ke dalam postingan, atau mungkin terdapat alasan lain, pengguna dapat menghapus foto atau video tersebut dari postingan teman. Berikut cara yang dapat pengguna ikuti, berdasarkan panduan Pusat Bantuan Instagram.

  1. Mengetuk titik tiga di pojok atas postingan.
  2. Memilih opsi "Delete my media from this post".
  3. Mengetuk tombol "Delete".

Baca berita dan artikel yang lain di Google News. 

(aia)

Share :