Rekomendasi MacBook yang Cocok untuk Mahasiswa Tahun 2024

Vanessa Netanya . September 19, 2024

Foto: Brian Heater/TechCrunch

Teknologi.id - Laptop menjadi salah satu kebutuhan dasar mahasiswa. Pemilihan laptop harus dilakukan dengan hati-hati agar sesuai dengan kebutuhan pemakaian. MacBook dari Apple hadir menjadi pilihan yang tepat bagi mahasiswa yang membutuhkan laptop dengan aspel lengkap.

Jika memiliki perangkat Apple lainnya, seperti iPhone, penggunaan MacBook dapat lebih mudah dilakukan dengan fitur-fitur Apple yang dapat saling menghubungkan antar perangkat. Tertarik membeli MacBook?

Berikut adalah beberapa rekomendasi seri MacBook yang dapat menjadi pilihan teman kuliah beserta harganya.

  • MacBook Pro MF839 Retina

(Foto: Apple)

Bagi Anda yang tertarik pada laptop ringan dengan performa tinggi, MacBook Pro MF839 Retina menjadi pilihan yang tepat. Layarnya berukuran 13.3 inci dan memiliki resolusi 2560 x 1600 piksel. Prosesor yang digunakan adalah Intel Core i5 5257U dual-core.

Dengan RAM sebesar 8GB DDR3 dan SSD 128GB, laptop ini cocok digunakan untuk mengerjakan berbagai tugas kuliah. Sistem perangkatnya dirancang untuk melakukan berbagai hal secara bersamaan dengan respon yang cepat.

  • MacBook Pro M2

(Foto: TechCrunch)

MacBook Pro M2 14 inci menjadi pilihan yang tepat untuk penggunaan dalam kegiatan sehari-hari. Laptop ini ditenagai oleh  chip Apple M2 Pro, dengan pilihan CPU 10-core atau CPU 12-core sebagai kombinasi performa yang optimal.

Bagi Anda yang membutuhkan laptop yang mampu memproses tools pengeditan, laptop ini sangat cocok karena memiliki GPU 16-core atau GPU 19-core, juga Neural Engine 16-core. Pengisian daya menggunakan lithium-polymer 70 watt-jam yang disambungkan dengan Adaptor Daya USB-C 96 W.

Harga MacBook Pro M2 14 inci berkisar pada Rp34.499.000.

  • MacBook Pro

(Foto: Apple)

Selain Pro M2, terdapat MacBook Pro yang juga cocok dipilih untuk menunjang tugas perkuliahan. Layarnya berukuran 14.2 inci yang dilengkapi dengan Liquid Retina XDR. Walaupun memiliki dalaman yang bertenaga tinggi, laptop ini dapat dibawa ke mana saja hanya dengan berat 1.6 kg. 

Laptop ini memiliki RAM sebanyak 14GB RAM dan penyimpanan SSD sebanyak 512GB. Harga MacBook Pro berkisar pada Rp27.999.000.

  • MacBook Air M2

(Foto: Apple)

Pilihan selanjutnya jatuh kepada MacBook Air M2 yang menawarkan MacBook dengan desain tipis yang memiliki berat 1,24 kg. Layarnya berukuran 13,3 inci. Jangan salah, performa CPU dan GPU yang ditawarkan sangat signifikan hingga dapat menjalankan aplikasi berat, seperti aplikasi untuk editing. Laptop ini memakai chip Apple M2.

Terdapat juga fitur canggih seperti Touch ID dan audio berkualitas tinggi. Harga MacBook Air M2 berkisar pada Rp19.499.999.

  • MacBook Air 13 M1

(Foto: Apple)

Pilihan MacBook untuk mahasiswa sekaligus yang paling populer adalah MacBook Air 13 M1. Layarnya berukuran 13,3 inci dengan resolusi 2560 x 1600 piksel. Laptop ini menggunakan chip Apple M1 dengan dukungan Neural Engine.

Terdapat juga Magic Keyboard dan trackpad Force Touch sebagai penunjang pengerjaan tugas perkuliahan yang lebih efisien. Pada bagian penyimpanan, laptop ini memiliki  RAM 8GB yang bisa dikonfigurasi hingga 16GB, juga SSD mulai dari 256GB. Daya baterainya tahan hingga 18 jam sehingga menjadi pilihan tepat untuk mengerjakan tugas perkuliahan.

Harga MacBook Air M1 berkisar pada Rp11.999.000.

Baca juga: Ini 7 Rekomendasi Aplikasi pada MacBook yang Bisa Kamu Download! Dijamin Bermanfaat!

Demikian rekomendasi seri MacBook yang cocok untuk mahasiswa.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News

(vn)

Share :