Rekomendasi 5 Tools AI yang Siap Bantu Bikin Presentasi yang Menarik

Sekar Arum Pangastuti . October 03, 2024
ai ppt
Rekomendasi 5 Tools AI yang Siap Bantu Bikin Presentasi yang Menarik. Sumber: unsplash.com/jason goodman


Teknologi.id – Baik dalam dunia kerja maupun pendidikan, presentasi penting dilakukan untuk memaparkan ide atau gagasan kita, memaparkan laporan, memberikan informasi dan edukasi, serta meyakinkan orang tertentu. Untuk melakukannya, kita perlu membuat materi yang didukung oleh Power Point yang menarik dan profesional. Namun, terkadang hal tersebut memerlukan waktu yang lebih karena kita perlu membuat template yang menarik dan memasukan poin-poin materi yang hendak dipresentasikan. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, teknologi kecerdasan buatan (AI) menawarkan kita akan kemudahan membuat Power Point yang menarik dan profesional. Dengan AI proses membuat Power Point menjadi lebih efisien dan hemat energi. Berikut ini rekomendasi tools AI yang bisa kalian manfaatkan untuk membuat Power Point yang menarik.

1.       Canva

Canva menjadi platform desain grafis yang populer. Canva kerap dijadikan alternatif untuk membuat Power Point yang menarik. Hal ini karena Canva menyediakan banyak template dan elemen yang bisa langsung dipakai atau dikombinasikan sesuai kreatifitas masing-masing pengguna. Baru-baru ini Canva memperkenalkan fitur barunya yaitu Magic Studio. Fitur Magic Studio Canva ini didukung oleh teknologi AI. Caranya pun sederhana karena pengguna hanya perlu menulis prompt text dan Canva akan membuat Powert Point secara otomatis. Selain itu, penggunya juga bisa mengedit dan menyisipkan hal-hal lain sesuai keinginannya.

Baca Juga: Keren! Balai Uji Ponsel 4G dan 5G Cs Terbesar se-Asia Tenggara Ada di Depok

2.       GPT_PPT

GPT_PPT merupakan platform AI mirip ChatGPT, tapi didesain khusus untuk membuat Power Point. Untuk menggunakannya, pengguna hanya perlu masuk ke situs web web gptppt.ai dan masuk menggunakan akun Google. Kemudian, pengguna hanya perlu memberikan perintah kepada AI mengenai topik presentasi. GPT_PPT akan otomatis membuat Power Point yang sesuai dengan permintaan pengguna. Meski begitu, hasil Power Point yang dibuat oleh GPT_PPT mungkin dianggap tidak terlalu baik seperti Canva. Namun, pengguna dapat mengunduhnya dan melakukan penyesuaian. Untuk menggunakan GPT_PPT, pengguna diperkenankan untuk membayar 1 USD per bulannya (sekitar Rp 15.000). Tetapi, pengguna baru bisa mencoba membuat tiga Power Point secara gratis di platform ini.

3.       Presentations.AI

Presentations.AI merupakan platform yang menawarkan untuk membuat Power Point dengan cepat. Pengguna hanya perlu memberikan deskripsi topik yang ingin dibuat Power Point, maka Presentations.AI akan membuatnya. Bahkan Presentations.AI akan membuatkan materi presentasi Anda, bukan sekedar template. Namun, Anda juga bisa menyalin materi yang telah dibuat ke kolom yang disediakan. Presentations.AI akan membuatkan Power Point yang Anda butuhkan.  Anda juga bisa mengunduh Power Point yang telah dibuat dan melakukan perbaikan sesuai keinginan Anda. Presentations.AI masih dalam versi beta dan menawarkan layanan pembuatan Power Point secara gratis, tapi dengan kuota yang terbatas.

Baca Juga: Bye Lembur, AI Kini Bisa Bantu Bikin PPT Menarik dalam Hitungan Menit

4.       Beautiful.AI

Beautiful.AI merupakan platform desain AI yang mampu mengubah materi Anda menjadi Power Point yang menarik. Anda pun bisa menambahkan poin-poin lagi jika dirasa materi yang akan dipresentasikan kurang. Selain itu, Beautiful.AI juga dapat menyarankan Anda mengenai materi yang relevan untuk ditambahkan dalam Power Point. Namun, pengguna perlu membayar sebesar 12 USD per bulannya. Namun, pengguna dapat merasakan uji coba gratis selama 14 hari.

5.       Decktopus AI

Decktopus AI merupakan platform pembuat Power Point presentasi dengan fokus utama pada data. Untuk membuat Power Point di Decktopus AI, Anda akan diminta untuk memasukan prompt text pada kolom yang disediakan. Kemudian, AI akan bertanya mengenai audiens presentasi, tujuan presentasi, dan durasi presentasi untuk memastikan materi yang dibuat relevan dengan presentasi yang akan dilakukan. Dengan begitu, Anda bisa menampilkan presentasi dengan Power Point yang menarik dan informatif. Selain itu, Decktopus AI juga memiliki fitur agar pengguna bisa mengakses stok foto, ikon, GIF, dan kutipan. Untuk menggunakan layanan Decktopus AI secara maksimal, pengguna perlu membayar sebesar 10 USD per bulannya. Namun, Decktopus AI juga menyediakan versi gratis dengan fitur terbatas bagi para penggunanya.

Dengan berbagai pilihan AI untuk membuat presentasi PowerPoint, Anda dapat memilih alat yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Alat-alat ini tidak hanya membantu menghemat waktu tetapi juga memastikan presentasi Anda terlihat profesional dan menarik.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google Berita.  

(sap)

 

Share :