Kenapa WiFi Tidak Ada Internet? Ternyata Ini Alasannya

Maudita . April 14, 2022


No Internet Access

Foto: Unsplash


Teknologi.id - Kenapa WiFi tidak ada internet? Pertanyaan ini sering kali diajukan oleh orang yang merasa terganggu aktivitas berinternetnya.


Sebenarnya, alasan kenapa WiFi tidak ada internet bisa berhubungan dengan permasalahan pada jaringan, provider, atau bahkan router.


Meski kejadian ini kerap terjadi, tetapi masih ada beberapa orang yang tidak atau apa penyebab WiFi tidak ada internet. Di tambah lagi, mereka pun tidak tahu cara mengatasi WiFi tidak ada internet.


Situasi tersebut perlu Anda siasati dengan mengetahui kenapa WiFi tidak ada internet dan cara mengatasinya. Simak pembahasannya di bawah ini.


Baca juga: Wifi Mendadak Terputus pada Windows 10, Berikut Cara Mengatasinya

Penyebab atau alasan kenapa WiFi tidak ada internet

Sekarang ini, mayoritas orang yang memilih WiFi untuk menunjang kegiatan sehari-hari seperti bekerja atau belajar.


Ini mereka lakukan lantaran WiFi dinilai lebih cepat, stabil, dan murah dibandingkan dengan paket internet biasa. Akan tetapi, bukan berarti WiFi tidak pernah menimbulkan masalah pada jaringan.


Pada beberapa kesempatan, internet WiFi bisa hilang secara tiba-tiba. Tentu, situasi ini membuat panik pemakai WiFi. Kenapa WiFi tidak ada internet?


Nyatanya, situasi tersebut ada penyebab atau alasannya. Lebih lanjut, mari lihat penjelasan berikut ini.

1. Adanya gangguan jaringan

Penyebab kenapa WiFi tidak ada internet dapat disebabkan oleh gangguan jaringan. Umumnya, gangguan jaringan terjadi saat cuaca ekstrem melanda.


Coba perhatikan, apakah saat WiFi tidak ada internet cuaca di wilayah Anda cukup ekstrem? Jika iya, maka sudah bisa dipastikan penyebab utamanya adalah cuaca.


Gangguan jaringan pun tidak akan berlangsung lama, sehingga Anda hanya perlu menunggu sampai gangguan akibat cuaca selesai.

2. Masalah pada router

Router adalah perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan jaringan internet. Bila perangkat ini mengalami masalah, maka internet pun akan terhambat.


Inilah yang menjadikan masalah pada router sebagai alasan kenapa WiFi tidak ada internet. Ketika WiFi terhubung, tetapi akses internet tidak berjalan, maka router mengalami error.


Berbeda lagi apabila WiFi tidak terhubung sama sekali dengan perangkat elektronik seperti ponsel. Ini bisa menunjukkan tanda ada kerusakan pada router.

3. Kesalahan dalam mengatur WiFi

Ketika mengatur WiFi untuk pertama kali, terkadang kesalahan sedikit saja pada bagian tertentu dapat menjadi alasan kenapa WiFi tidak ada internet.


Karena itu, sebaiknya saat pertama kali menggunakan WiFi minta bantuan pekerja dari penyedia WiFi untuk mengaturnya. Sebab, mereka lebih ahli dan tahu apa langkah tepat, agar perangkat dapat digunakan.

Cara mengatasi WiFi tidak ada internet

Dari penyebab kenapa WiFi tidak ada internet, pasti Anda ingin mencari solusi untuk mengatasinya.


Permasalahan kenapa WiFi tidak ada internet bisa diatasi dengan beberapa cara di bawah d bawah ini. Yuk, simak sambil ikuti langkahnya baik-baik!

1. Restart ponsel atau perangkat elektronik lain

Cara pertama mengatasi WiFi tidak ada internet dengan melakukan restart perangkat elektronik.


Alasannya, karena saat ponsel restart, adanya error atau gangguan pada ponsel dapat “segar” kembali setelah dimatikan.


Data atau informasi sebelumnya yang sedang dalam proses dapat dimuat ulang, sehingga keadaan ponsel tidak penuh dengan aplikasi berjalan.


Jika masih belum bisa, Anda dapat mematikan ponsel, lalu cabut kartu SIM dan memori. Kemudian, setelah beberapa menit nyalakan kembali.

2. Restart router

Jika sebelumnya pada ponsel dan perangkat elektronik lainnya, kini Anda perlu restart router. Mengapa perlu dilakukan?


Keadaan router panas dapat menyebabkan gangguan koneksi pada WiFi. Dengan demikian, melakukan restart adalah langkah tepat, agar router bisa beristirahat sebentar sambil meredakan panas.


Selain itu, pastikan bahwa router tidak memblokir ponsel. Jika sampai terblokir, maka jaringan internet pun tidak akan tersambung.


Tak lupa untuk mengecek apakah ada masalah pada provider. Terkadang, gangguan dari provider pun sering kali menjadi alasan kenapa WiFi tidak ada internet.


Hubungi call center provider dan tanyakan apakah ada masalah pada jaringan.

3. Masukkan ulang kata sandi WiFi

Kesalahan memasukkan kata sandi bisa menjadi penyebab kenapa WiFi tidak ada internet. Cobalah untuk mengetikkan kata sandi WiFi dengan lebih teliti. 


Kata sandi haruslah sesuai dengan apa yang sudah diatur pada router. Apabila tidak sama, maka Wifi tidak bisa terhubung dan mengalami masalah autentifikasi.



(mdt)

Share :