Ini 4 Rekomendasi Website untuk Belajar Coding, Pemula Merapat!

Afanin Hazimah . September 16, 2024

Foto: coding (unsplash.com)

Teknologi.id - Kemampuan coding sangat penting di masa sekarang dan akan sangat dibutuhkan hingga masa depan nanti. Perkembangan digital yang sangat pesat membuat keterampilan coding banyak digunakan di berbagai bidang, seperti di industri teknologi, pendidikan, bisnis, hingga sektor lainnya. 

Coding merupakan sebuah tindakan pemrograman yang membuat kode atau skrip sesuai dengan bahasa pemrograman. Sederhananya, kegiatan coding adalah kegiatan yang memberitahu dan memberi instruksi perihal apa yang harus dikerjakan oleh komputer untuk kepentingan manusia. Instruksi tersebut berupa sebuah kode yang ditulis untuk membantu komputer bisa memahami keinginan manusia untuk dikerjakan komputer. Kode tersebut akan menjadi perintah bagi komputer dalam beroperasi.

Seorang yang melakukan kegiatan coding disebut juga programmer. Profesi sebagai seorang progammer memiliki lapangan pekerjaan yang sangat luas. Kini, industri-industri banyak merekrut progammer untuk membantu meningkatkan performa perusahaan melalui pengodingan, seperti industri keuangan, teknologi, pelayanan kesehatan, bahkan pendidikan. 

Lapangan pekerjaan yang sangat terbuka ini membuat pekerjaan sebagai progammer dilirik banyak orang. Namun, tentunya pekerjaan sebagai programmer memerlukan kemampuan coding yang mumpuni.  Maka dari itu, saat ini tidak sedikit orang yang mulai mempelajari keterampilan coding. Keterbukaan akses teknologi membuat keterampilan coding tidak hanya dapat dipelajari di dunia pendidikan formal. Kini telah banyak platform, website, ataupun tempat lainnya yang bisa digunakan untuk belajar coding sekalipun harus dari nol. 

Berikut adalah beberapa rekomendasi website yang bisa digunakan untuk belajar coding oleh pemula. 

Baca juga Belajar Coding Lebih Mudah dengan 7 Aplikasi Ini dalam Smartphone!

4 Rekomendasi Website untuk Belajar Coding

1. Codecademy

Foto: codecademy dashboard

Codecademy merupakan situs web untuk belajar coding secara interaktif bagi pemula. Website ini telah banyak digunakan dan populer di kalangan pemula yang ingin belajar coding. Kurikulum pembelajaran yang komprehensif dan dilengkapi dengan berbagai bahasa pemrograman, seperti HTML, JavaScript, Phyton, dan CSS. 

Dalam website ini, pemelajar dapat mencoba kode secara langsung di browser. Kurikulum pada Codecademy juga memberikan kesempatan kepada pemelajar untuk menerapkan pengetahuan yang diperoleh melalui proyek-proyek sederhana dan telah dirancang seperti di situasi yang nyata. 

Namun sayangnya, website ini masih belum memberikan akses gratis untuk seluruh kursus yang disediakan. Materi-materi yang tersedia di dalamnya juga perlu ditambah dan lebih dalam lagi. 

2. W3Schools

Foto: Website W3Schools

Situs web belajar coding berikutnya adalah W3Schools. Website ini telah populer bagi para pemula yang ingin belajar pemrograman, khususnya dalam bidang pengembangan web. Dalam website ini, telah disediakan tutorial dan referensi untuk berbagai bahasa pemrograman, seperti  HTML, CSS, JavaScript, Python, dan lainnya. 

Bagi para pemula yang ingin mulai belajar coding dari pengembangan web, W3Schools ini cocok dengan konsep "learn" yang dibawakannya. Mulai dari pemberian materi yang disusun secara terstruktur dan mudah dipahami, serta adanya contoh kode yang sesuai dan sederhana. Selain dari materi, di W3Schools pemula juga berkesempatan untuk berlatih secara langsung dengan tugas dan proyek, serta ada pengujian kemampuan melalui ujian bersertifikat. 

3. Dicoding Indonesia 

Foto: Dicoding Indonesia (Linktree)

Dicoding termasuk ke dalam platform berbasis teknologi yang fokus di bidang edukasi teknologi untuk masa depan. Dicoding menyediakan berbagai kelas atau kursus online untuk bidang desain, pengembangan perangkat lunak, dan teknologi informasi. Keterampilan yang ditawarkan dalam kursus dicoding adalah keterampilan-keterampilan yang berkaitan erat dan relevan dengan bidang digital dan teknologi saat ini. Pembelajaran online di Dicoding juga dilengkapi dengan materi-materi dan proyek yang berguna untuk menerapkan pengetahuan dan mengasah keterampilan secara langsung. Kelas keterampilan dari Dicoding telah bersertifikat dan tervalidasi bimbingan dari mentor yang berpengalaman. 

4. Coursera


Foto: Coursera.org

Coursera juga dapat digunakan oleh pemula yang ingin belajar coding langsung dari kursus online universitas dan lembaga pendidikan terkemuka di dunia. 

Materi di Coursera juga tersedia untuk kursus pengembangan web, seperti dasar-dasar HTML dan CSS, serta pengembangan aplikasi web yang lebih canggih. Topik-topik yang disediakan juga bergantung dari penyelenggara kursus sehingga kualitas dari pembelajarannya lebih bervariasi.

Dengan mencoba kursus di Coursera, Anda dapat mempelajari coding dengan berbagai jenis kursus dari universitas dan lembaga terkemuka di dunia, serta bisa mendapatkan sertifikat secara resmi sebagai tanda telah menyelesaikan kursus.

Memiliki keterampilan coding dapat menjadi bekal yang menjanjikan untuk perjalanan karir di masa depan. Dunia yang saat ini serba digital membutuhkan keahlian dari programmer dalam berbagai sektor industri. Sebagai pemula, beberapa website di atas dapat menjadi pilihan untuk mempelajari coding seperti saat di situasi nyata. Meskipun tidak semua website memberi akses gratis, tetapi pembelajaran dan materi yang diberikan dapat sangat bermanfaat bagi pemelajar coding pemula.  

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News.

(ah)

Share :