Caden Inc akan memberikan ribuan dolar setiap tahunnya dengan menggunakan sistem berbagi data. Foto: Mint
Teknologi.id - Sebuah startup, Caden Inc, mengoperasikan aplikasi dengan nama yang sama membantu penggunanaya dalam mengunduh data dan layanan dari berbagai aplikasi menjadi sebuah 'personal vault'.
Melalui aplikasi tersebut, pengguna dapat memberi izin jika memang ingin berbagi data yang kemudian akan digunakan untuk keperluan periklanan. Nantinya, Caden Inc akan memberikan sejumlah uang sesuai dengan data yang diberikan. Semakin terbatas data yang diberikan, semakin sedikit uang yang didapatkan.
Berangkat dari sulitnya cara tradisional dalam usaha marketing, industri iklan digital mulai mencari sumber baru dalam mendapatkan data konsumen. Hal tersebut dikarenakan peraturan sekarang yang mengharuskan aplikasi untuk meminta izin pengguna dalam pengambilan data berimbas pada banyaknya pengguna aplikasi yang menolak memberikan datanya.
Maka dari itu, Caden Inc menawarkan imbalan berupa uang tunai untuk setiap data yang diberikan penggunanya dengan izin resmi. Akan memulai percobaannya dengan 10.000 pengguna di tahun depan, Caden Inc sudah mendapatkan pendaanan dari Streamlined Ventures dan AME Cloud Ventures sebesar $6 juta.
Caden Inc akan memberikan beragam opsi dalam sistem berbagi data yang akan digunakannya. Mulai dari bagaimana data itu akan dibagikan dan untuk tujuan apa data itu dibagikan. Pada uji coba publik beta, kompensasi yang diberikan oleh Caden Inc akan didasarkan pada 'nilai data' yang direfleksikan dari jawaban pengguna terkait pertanyaan demografis serta data dari aplikasi mana yang pengguna ingin bagikan.
Baca juga: Mulai 2023, Ponsel-ponsel Ini Tak Lagi Bisa Pakai WhatsApp
Opsi pertama, adalah menjadikan data anonim sebelum membagikan data tersebut kepada pihak lain. Pilihan tersebut akan diberi imbalan senilai $5 hingga $20 dalam satu bulan.
Sedangkan opsi kedua, pengguna akan diberikan kesempatan untuk membagikan data yang lebih spesifik. Mulai dari riwayat berkendara hingga riwayat pembelanjaan online. Hal ini ditujukan agar industri iklan dapat membuat iklan yang sesuai dengan karakteristik personal dari pengguna. Kompensasi dari opsi ini bernilai $50 dalam satu bulannya.
Opsi terakhir yang disediakan oleh Caden Inc adalah pengguna memperbolehkan pengiklan mengambil tindakan langsung terkait data yang sudah diberikan atau bagikan. Opsi ini akan menghasilkan ribuan dolar dalam satu tahun bagi para pengguna yang berpartisipasi.
Menurut Stephani Liu, seorang analis dari Forrester Research Inc, konsumen akan meninggalkan sebuah aplikasi jika aplikasi tersebut menggunakan data pribadi secara tiba-tiba dan tidak dengan izin dari mereka. Maka dari itu Caden Inc berusaha hadir dan menjadi aplikasi yang dapat menjaga kepercayaan konsumen sembari memastikan bahwa pihak pengiklan tidak menghancurkan kepercayaan tersebut.
Ketika nantinya dirilis, Caden Inc hanya kan menyediakan opsi anonim dan data agregat sebagai awalan. Hal tersebut untuk memastikan tidak mengikatnya opsi ini untuk para individu pengguna. Nantinya pengguna akan bisa memilih partner brand yang akan mereka berikan datanya serta mengontrolnya secara bersamaan.
Seperti yang dikatakan oleh Stephani Liu kepada Mint, Caden Inc akan menjadi solusi khusus yang bisa dicoba oleh pihak pengiklan dan juga consumer di masa mendatang.
(cta)