Foto: InChief
Teknologi.id – Instagram dan Facebook sedang mempersiapkan fitur
baru yang akan bisa dimanfaatkan oleh kreator atau influencer untuk menambah cuan mereka dari kedua platform tersebut.
Rencana itu diungkap CEO Facebook
Inc, Mark Zuckerberg dalam acara Creator Week. Zuckerberg mengatakan bahwa
kreator konten bisa berkesempatan menambah pendapatan lewat fitur baru ini.
Syaratnya apabila berhasil
melewati beberapa pencapaian tertentu. Di Instagram, kreator bisa menambah
pendapatkan dengan menjual seperangkat "lencana" ketika melakukan
siaran mandiri atau duet dengan akun lain.
Sementara di Facebook, tambahan pemasukan uang bisa didapatkan melalui "Stars Challenges", di mana kreator bisa mendapatkan bonus jika bisa mencapai sejumlah tujuan dan menyelesaikan serangkaian tugas.
Baca juga: Cara Hide Akun Instagram Agar Tak Bisa Dilihat Orang lain
Selain meningkatkan peluang
pendapatan tambahan bagi kreator, tantangan baru yang dibuat Facebook dan
Instagram juga bertujuan untuk mendorong kreator agar mau berkarya lebih banyak.
"Kami percaya bahwa Anda
harus diganjar hadiah untuk nilai yang Anda bawa ke penggemar untuk seluruh
komunitas," kata Zuckerberg dikutip dari Kompas hari Jumat 11 Juni 2021.
Facebook juga membeberkan
beberapa detail tentang rencana perusahaan untuk memugkinkan para influencer
mendapatkan komisi langsung dari unggahan mereka.
Dengan perubahan itu, nantinya para pemilik brand bisa mengatur tarif komisi untuk produk yang mereka jual di Instagram.
Baca juga: Cara Hide Akun Instagram Agar Tak Bisa Dilihat Orang lain
Ketika para influencer menandai
(tag) produk mereka di unggahannya, mereka akan mendapatkan komisi langsung
dari jumlah produk yang dijual lewat unggahan mereka.
Instagram mulai menguji coba
fitur ini dengan sekelompok kreator di AS, termasuk para brand, seperti Kopari,
MAC, Pat McGrath Labs, dan Sephora.
Instagram juga mulai mengizinkan
para kreator yang sudah menjual produk mereka sendiri untuk menautkan etalase
yang sudah ada ke halaman utama profil Instagram mereka.
Cara ini adalah langkah Instagram
dan Facebook untuk bisa bersaing dengan platform lain, yang juga menjadi kanal
kreator untuk mencari pundi-pundi di dunia maya.
(fpk)