Fitur Baru Instagram dan Facebook Buat Kreator Makin Cuan

Fabian Pratama Kusumah . June 11, 2021

Foto: InChief

Teknologi.id – Instagram dan Facebook sedang mempersiapkan fitur baru yang akan bisa dimanfaatkan oleh kreator atau influencer untuk menambah cuan mereka dari kedua platform tersebut.

Rencana itu diungkap CEO Facebook Inc, Mark Zuckerberg dalam acara Creator Week. Zuckerberg mengatakan bahwa kreator konten bisa berkesempatan menambah pendapatan lewat fitur baru ini.

Syaratnya apabila berhasil melewati beberapa pencapaian tertentu. Di Instagram, kreator bisa menambah pendapatkan dengan menjual seperangkat "lencana" ketika melakukan siaran mandiri atau duet dengan akun lain.

Sementara di Facebook, tambahan pemasukan uang bisa didapatkan melalui "Stars Challenges", di mana kreator bisa mendapatkan bonus jika bisa mencapai sejumlah tujuan dan menyelesaikan serangkaian tugas.

Baca juga: Ini Cara Atur Facebook supaya Tidak Kumpulkan Data Privasi

Selain meningkatkan peluang pendapatan tambahan bagi kreator, tantangan baru yang dibuat Facebook dan Instagram juga bertujuan untuk mendorong kreator agar mau berkarya lebih banyak.

"Kami percaya bahwa Anda harus diganjar hadiah untuk nilai yang Anda bawa ke penggemar untuk seluruh komunitas," kata Zuckerberg dikutip dari Kompas hari  Jumat 11 Juni 2021.

Facebook juga membeberkan beberapa detail tentang rencana perusahaan untuk memugkinkan para influencer mendapatkan komisi langsung dari unggahan mereka.

Dengan perubahan itu, nantinya para pemilik brand bisa mengatur tarif komisi untuk produk yang mereka jual di Instagram.

Baca juga: Cara Hapus Banyak Komentar di Instagram Android dan iOS

Ketika para influencer menandai (tag) produk mereka di unggahannya, mereka akan mendapatkan komisi langsung dari jumlah produk yang dijual lewat unggahan mereka.

Instagram mulai menguji coba fitur ini dengan sekelompok kreator di AS, termasuk para brand, seperti Kopari, MAC, Pat McGrath Labs, dan Sephora.

Instagram juga mulai mengizinkan para kreator yang sudah menjual produk mereka sendiri untuk menautkan etalase yang sudah ada ke halaman utama profil Instagram mereka.

Cara ini adalah langkah Instagram dan Facebook untuk bisa bersaing dengan platform lain, yang juga menjadi kanal kreator untuk mencari pundi-pundi di dunia maya.

(fpk)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler