Facebook Luncurkan Fitur dan Tampilan Baru Demi Gaet Pengguna Gen Z

Adellia Irmanda Azzahra . October 08, 2024

tampilan baru Facebook

Foto: Meta

Teknologi.id - Meta, induk perusahaan Facebook, berupaya menarik lebih banyak pengguna Gen Z yang selama ini menghabiskan waktu mereka di media sosial, seperti TikTok, Instagram, dan X. Meta mengumumkan sejumlah pembaruan pada Facebook yang akan lebih menonjolkan informasi komunitas lokal, video, dan fitur Grup Facebook. Selain itu, produk lain seperti Meta AI, Facebook Dating, dan Messenger juga mendapatkan pembaruan.

Pembaruan ini mulai hadir ketika popularitas Facebook mulai menurun. Hal inilah yang mendorong Meta untuk mengalihkan fokusnya ke metaverse dan mengganti nama perusahaan pada 2021. Pengguna Facebook semakin menua, sementara Gen Z tidak banyak yang bergabung, terutama di Amerika Serikat. Berdasarkan data Pew Research Center, hanya 33% remaja Amerika yang menggunakan Facebook pada tahun lalu, turun dari 71% pada 2014.

Berdasarkan laporan The New York Times pada Kamis (14/3), Facebook masih digunakan oleh pengguna Gen Z, terutama di kalangan usia 20-an, untuk berbelanja barang bekas, karena harga yang ditawarkan lebih murah. Meskipun demikian, Meta masih memiliki harapan untuk kembali menggaet pengguna Gen Z untuk menggunakan Facebook sebagai media sosial, bukan sekadar platform jual beli.

1. Pembaruan Tab Local, Explore, dan Video

tampilan baru Facebook

Foto: Meta

Pertama, Facebook memperkenalkan tab baru bernama "Local" yang akan mengumpulkan konten lokal dari berbagai fitur, seperti Marketplace, Grup, dan Acara ke dalam satu bagian. Di sini, pengguna dapat menemukan berbagai hal, seperti aktivitas di sekitar, grup lokal yang menawarkan barang untuk dijual atau diberikan secara gratis, rekomendasi tempat baru di lingkungan sekitar, dan lain sebagainya.

Bagian baru yang bisa di-swipe juga akan muncul di Facebook Feed (sebelumnya dikenal sebagai News Feed). Fitur ini akan menampilkan konten dan informasi menarik yang ada di area sekitar. Ini mencakup event lokal, Grup Facebook lokal, tokoh atau bisnis ternama, barang yang dijual di Marketplace, dan masih banyak lagi.

Selain Tab Local, Facebook juga menghadirkan tab Explore, yang dirancang untuk memberikan rekomendasi berdasarkan minat pribadi pengguna.

Facebook mencatat bahwa Gen Z menghabiskan 60% waktu mereka untuk menonton video setiap hari. Oleh karena itu, tab Video di Facebook akan diperbarui untuk menyediakan pemutar video layar penuh. Ini akan memungkinkan pengguna untuk dapat menonton video pendek, video panjang, dan siaran langsung dalam satu tempat.

Baca juga: Cara Mudah dan Cepat Menghapus Akun Facebook Permanen di HP

2. Pembaruan Facebook Events dan Groups


Foto: Meta

Facebook Events akan mendapatkan pembaruan dengan menawarkan pengguna ringkasan mingguan dan akhir pekan tentang berbagai event yang akan datang, yang disesuaikan dengan minat mereka. Menurut pernyataan Meta, pembaruan ini akan disampaikan melalui notifikasi Facebook. Pengguna juga dapat mengundang pengikut Instagram ke dalam event yang dibuat di Facebook, juga mengirim undangan melalui SMS dan email.

Selain itu, Grup Facebook juga akan mendapatkan fitur AI yang akan membantu anggota grup menemukan jawaban atas pertanyaan — termasuk pertanyaan yang pernah diajukan sebelumnya. Ini menjadi solusi untuk salah satu masalah utama bagi admin grup, yang seringkali menghadapi situasi di mana anggota baru terus mengajukan pertanyaan yang sama berulang kali.

Sementara itu, Facebook Dating akan menambahkan fitur “Matchmaker” yang memungkinkan hingga 5 teman untuk memilih calon pasangan untuk Anda. Meta menyatakan bahwa fitur ini diperkenalkan karena mereka mencatat bahwa percakapan di Facebook Dating meningkat 24% di kalangan Gen Z Amerika Serikat dan Kanada.

3. Pembaruan Fitur AI Lainnya dan Messenger

Foto: Meta

Secara umum, perubahan yang dilakukan oleh Facebook bertujuan untuk menjadik media sosial yang lebih menarik untuk Gen Z. Oleh karena itu, Facebook tidak mau tertinggal akan teknologi baru, seperti AI. Meta AI mendukung fitur "Imagine Yourself" yang akan digabungkan ke dalam Facebook Feed, Stories, dan halaman profil pengguna.

Ringkasan komentar berbasis AI yang muncul di berbagai Grup publik, Halaman, dan Kreator juga telah diluncurkan.

Fitur Notes dari Messenger memungkinkan pengguna membagikan status terkini dalam gelembung di atas profil mereka akan mulai diuji coba. Fitur Memories dari Messenger, yang menampilkan kembali foto-foto dari obrolan sebelumnya, juga mulai diluncurkan.

Selain itu, Messenger akan mendapatkan fitur Komunitas yang mirip dengan WhatsApp. Fitur ini akan menjadi alternatif untuk Grup Facebook dan akan menyertakan kode QR yang dapat dibagikan untuk bergabung.

Baca berita dan artikel yang lain di Google News.

(aia)

Share :