Teknologi.id - WhatsApp kini tak hanya sekedar media perpesanan, lebih dari itu, WhatsApp telah menjadi sebuah wadah untuk berbagai aspek kehidupan. Tak terkecuali dalam dunia bisnis, WhatsApp bisa menjadi media andalan untuk menghubungkan pelaku usaha dengan klien ataupun pelanggan. Nah, untuk yang sudah akrab berbisnis menggunakan media WhatsApp untuk saling terhubung, pastinya sering menghadapi pelanggan mengajukan pertanyaan yang sama dan umum. Hal itu akan menjadi kendala jika pelaku usaha kekurangan tenaga kerja di bagian Customer Servis misalnya.
Untuk memudahkan proses tersebut, maka hadirlah fitur untuk mengirim pesan otomatis ke pelanggan. Bagaimana caranya?
Cara Kirim Pesan Otomatis di WhatsApp
Pertama, yang kamu perlukan adalah mengunduh aplikasi pihak ketiga bernama AutoResponder untuk WhatsApp di Google Play Store. Selanjutnya, buka aplikasi dan izinkan aplikasi untuk mengakses
smartphone kamu. Kemudian, aktifkan layanan "ChatBotLite" dengan klik tombol on/off. Lalu, nyalakan layanan aksesibilitas untuk "ChatBotLite" di layar berikutnya.
Selanjutnya, tetapkan aturan baru sesuai keinginan kamu, dengan masuk ke "RULES". Aturan tersebut di antaranya: 1. Otomatis membalas hanya ke kontak, grup atau keduanya. 2. Batasi respons pada waktu yang kamu inginkan. 3. Hanya menanggapi kontak tertentu. 4. Abaikan kontak apa pun untuk balasan otomatis. Langkah terakhir, atur teks pesan yang diterima dan teks pesan yang akan dikirim. Selanjutnya, klik "Add". Setelah menetapkan aturan tersebut,
chat yang masuk di WhatsApp, secara otomatis akan mendapat balasan tanpa harus membuka aplikasi. Mudah bukan? Sekarang membalas pesan WhatsApp berapapun banyaknya pelanggan bisnismu jadi semakin cepat dan mudah. Pelanggan tidak mengeluh 'lemot'-nya respon, Kamu pun tak terlalu lelah membalas mereka satu per satu. Selamat mencoba!
(dwk)