Foto: unsplash
Teknologi.id - Jika WhatsApp tidak berfungsi ini adalah di mana Anda akan menemukan solusinya! Dalam artikel ini Anda akan menemukan perbaikan untuk masalah paling umum yang dialami pengguna di aplikasi perpesanan. Dengan WhatsApp menjadi salah satu platform paling populer secara global, ada banyak masalah yang membuat pemilik smartphone iOS dan Android terlihat kesal. Dari WhatsApp tidak terhubung ke masalah dengan panggilan WhatsApp, dan pesan tidak terkirim, artikel ini akan membantu Anda mengidentifikasi dan menyelesaikan semua masalah WhatsApp Anda.
Saya tidak dapat menginstal WhatsApp
Untuk mengunduh WhatsApp versi terbaru, Anda harus memiliki ponsel cerdas yang menjalankan Android versi 4.1 atau lebih tinggi. Anda dapat memeriksa versi Android ponsel Anda saat ini di Setelan > Tentang Ponsel. WhatsApp juga merekomendasikan untuk memiliki paket data tak terbatas (atau Wi-Fi). Perhatikan bahwa WhatsApp tidak secara resmi berfungsi di tablet.
Jika Anda mencoba menginstal aplikasi WhatsApp dari situs web WhatsApp di ponsel Android Anda, Anda harus memastikan opsi Instal aplikasi yang tidak dikenal dicentang pada browser yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan Chrome untuk Android, ini adalah cara mengaktifkannya.
- Buka Pengaturan, gulir ke Aplikasi, dan ketuk.
- Gulir ke bawah ke Chrome (atau browser yang Anda gunakan untuk mengunduh WhatsApp).
- Gulir ke bawah, dan cari Instal aplikasi yang tidak dikenal di bawah Lanjutan.
- Alihkan opsi ke AKTIF.
Jika Anda pengguna iPhone, pastikan menjalankan iOS 10 ke atas. Perangkat iPod dan iPad tidak didukung. Anda dapat mengunduh WhatsApp untuk iOS dari Apple App Store.
Saya tidak mendapatkan kode aktivasi saya
Jika penginstalan berjalan lancar, tetapi pesan yang dibuat secara otomatis dengan kode aktivasi Anda tidak pernah muncul, pertama-tama pastikan Anda memasukkan nomor Anda dengan benar. Periksa kembali apakah Anda memilih negara yang tepat dari daftar drop-down. Ini adalah negara asal nomor telepon Anda, belum tentu negara tempat tinggal Anda.
Jika Anda masih tidak menerima kode, coba minta panggilan suara. Dengan cara ini Anda akan memiliki kode yang dibacakan oleh komputer melalui telepon.
Ingat, Anda harus memiliki kartu SIM untuk mendaftar WhatsApp. Selain itu, Anda hanya dapat menggunakan satu perangkat per nomor telepon.
Saya tidak dapat masuk ke WhatsApp, WhatsApp tidak berfungsi, atau WhatsApp sedang down
Masalah koneksi WhatsApp biasanya disebabkan oleh Wi-Fi atau koneksi data jaringan Anda. Jika Anda tidak dapat mengirim pesan, berikut adalah beberapa solusi:
- Pastikan ponsel Anda aktif (satu untuk pemula)
- Instal aplikasi versi terbaru dari Play Store (tautan di atas)
- Periksa koneksi internet Anda, Wi-Fi, atau 5G (di Pengaturan> Nirkabel dan Jaringan)
- Pastikan aplikasi Pembunuh Tugas tidak memengaruhi WhatsApp
- Kosongkan cache aplikasi (Pengaturan > Aplikasi > WhatsApp > Hapus Cache)
- Terakhir, solusi paling ekstrem: hapus instalan aplikasi dan kemudian instal ulang
Meskipun tidak umum, WhatsApp terkadang mengalami masalah server. Jika menurut Anda WhatsApp tidak berfungsi karena layanan sedang tidak aktif akun Twitter Status WhatsApp, atau DownDetector tempat pembaruan pemadaman disediakan.
WhatsApp tidak mengenali kontak saya
Di Android
Ada beberapa alasan mengapa WhatsApp tidak mengenali kontak Anda, jadi berikut adalah daftar periksa sederhana untuk memastikannya:
- Pastikan Anda memiliki nomor kontak yang benar (yang mereka gunakan untuk WhatsApp ).
- Pastikan mereka sedang menggunakan WhatsApp.
- Pastikan Anda memiliki WhatsApp versi terbaru.
- Jika kontak Anda menggunakan nomor telepon asing, pastikan nomor tersebut disimpan di telepon Anda menggunakan format internasional lengkap dengan kode negara.
- Pastikan Anda telah memberikan izin kepada WhatsApp untuk mengakses kontak Anda.
Catatan: WhatsApp tidak lagi memberi Anda opsi yang disebut 'Tampilkan semua kontak' yang dulunya merupakan langkah pemecahan masalah pada versi yang lebih lama.
ADV
Di iOS/ iPhone
Jika Anda tidak dapat melihat kontak saat menggunakan WhatsApp di iPhone, coba langkah berikut:
Pertama, Anda perlu memastikan bahwa Anda telah memberikan akses WhatsApp ke kontak Anda. Inilah cara Anda dapat melakukannya.
- Buka Pengaturan lalu ketuk Privasi.
- Ketuk Kontak.
- Pastikan WhatsApp diaktifkan.
Jika Anda melihat WhatsApp berwarna abu-abu (atau jika tidak muncul di pengaturan privasi sama sekali), Anda perlu mencoba langkah-langkah berikut:
- Buka Pengaturan lalu ketuk Durasi Layar.
- Buka Pembatasan Konten dan Privasi dan pastikan WhatsApp tidak memiliki batasan apa pun.
Jika langkah-langkah ini tidak berhasil, Anda mungkin harus mengatur ulang iPhone Anda.
Perhatikan bahwa meskipun Anda tidak memberikan akses WhatsApp ke kontak Anda, Anda masih dapat mengirim dan menerima pesan dan mengubah pengaturan WhatsApp. Anda tidak akan dapat melihat nama kontak (hanya nomor telepon mereka). Anda juga dapat memulai grup baru dan daftar siaran.
Jika beberapa kontak hilang di iOS, berikut adalah beberapa langkah lagi:
- Untuk nomor internasional, pastikan Anda telah menyimpan kontak mereka dalam format internasional yang benar.
- Jika Anda menggunakan iOS versi 11.3 atau lebih tinggi bersama dengan akun Microsoft Exchange, pastikan administrator akun Anda mengizinkan WhatsApp atau aplikasi lain untuk mengakses kontak Anda.
- Alternatifnya adalah menyalin kontak Exchange Anda ke buku alamat ponsel atau iCloud.
WhatsApp memiliki kontak duplikat
Meskipun masalah ini sebagian besar telah diberantas melalui pembaruan ke WhatsApp, jika Anda memiliki kontak duplikat di buku alamat Anda, itu mungkin tetap ada dalam beberapa cara. Cari tahu cara menghapus kontak duplikat di Android.
Apa yang dimaksud dengan 'Terakhir Terlihat' di WhatsApp?
Stempel Last Seen memberi tahu Anda kapan pengguna terakhir menggunakan WhatsApp. Ini tidak berarti bahwa mereka telah membaca pesan Anda, hanya saja mereka membuka aplikasi.
Saat Anda berada di WhatsApp dan salah satu kontak Anda juga membukanya, Anda akan melihat status mereka berubah menjadi 'Online', tetapi sekali lagi, ini tidak berarti mereka melihat pesan Anda, hanya saja mereka menggunakan WhatsApp.
Saya tidak dapat melihat 'Last Seen' di WhatsApp
Jika Anda tidak dapat melihat Last Seen dalam percakapan, mungkin karena beberapa alasan. Jika Anda telah menonaktifkan Terlihat Terakhir di Pengaturan > Akun > Privasi > Terlihat Terakhir, maka Anda juga tidak akan dapat melihat Terlihat Terakhir .
Jika masalahnya hanya dengan satu atau beberapa kontak, maka itu mungkin berarti mereka telah menonaktifkan Terlihat Terakhir di pengaturan WhatsApp mereka. Jika mereka masih menerima dan menanggapi pesan Anda, hal ini hampir pasti terjadi.
Alasan terakhir adalah bahwa kontak telah memblokir Anda. Jika pesan Anda tidak pernah melewati satu centang abu-abu, maka ini memastikan bahwa Anda telah diblokir. Jika Anda juga tidak dapat melihat perubahan pada profil kontak, maka Anda pasti telah diblokir. Maaf untuk memecahkannya kepada Anda.
Apa arti tanda centang biru di WhatsApp?
Ada banyak kebingungan tentang apa arti dua centang (atau tanda centang) di jendela pesan WhatsApp Anda. Jika Anda ingin perincian lengkap semua tanda di WhatsApp, lihat detail kami Apa arti tanda centang WhatsApp? artikel, yang juga mencakup penandaan mikrofon untuk pesan audio.
Berikut ini ringkasan singkatnya:
- Simbol jam berarti pesan Anda belum dikirim dari perangkat Anda.
- Satu centang abu-abu berarti pesan telah terkirim dan telah diterima oleh server WhatsApp.
- Dua centang abu-abu berarti pesan telah dikirim ke perangkat yang dituju.
- Centang biru berarti penerima/penerima telah melihat pesan tersebut.
- Dalam percakapan grup, ini berarti ketika semua peserta dalam grup telah melihat pesan
Saya memiliki masalah dengan panggilan suara atau tidak dapat menjawab panggilan
Jika Anda mengalami panggilan suara berkualitas buruk, putus, atau Anda tidak dapat membuat atau menerima panggilan, itu hampir pasti terkait dengan koneksi Anda. Panggilan suara dilakukan melalui Wi-Fi atau data seluler. Pastikan koneksi Anda kuat. Jika Anda menggunakan data seluler, Anda memerlukan setidaknya 3G. Mungkin juga mencoba memutuskan dan menyambungkan kembali ke jaringan. Masalahnya mungkin tidak ada di pihak Anda: orang yang Anda ajak bicara juga perlu memastikan bahwa mereka memiliki koneksi yang baik.
Saya tidak dapat mendengar pesan audio atau WhatsApp tidak dapat memutar audio
Ini mungkin terkait dengan sensor jarak yang diandalkan oleh WhatsApp. Itu ditemukan di dekat kamera yang menghadap ke depan di ponsel Anda dan mendeteksi saat Anda mendekatkan ponsel ke telinga. Jika sensor diaktifkan, audio akan diputar melalui speaker telinga dengan sangat pelan. Pastikan Anda menjauhkan ponsel dari wajah Anda, dan audio akan diputar melalui speaker normal. Periksa untuk memastikan volume juga dinaikkan.
Saya tidak dapat mengunduh video atau foto di WhatsApp Buka
Pengaturan > Penggunaan data dan lihat apakah Anda hanya mengaktifkan unduhan otomatis media saat Anda menggunakan Wi-Fi. Jika ya, Anda harus menyambungkan ke jaringan Wi-Fi atau mengaktifkan unduhan otomatis pada data seluler dan/atau saat roaming.
Cadangannya, seperti yang sering terjadi, adalah me-restart router Anda jika Anda menggunakan Wi-Fi dan juga me-restart telepon Anda.
WhatsApp diblokir di negara saya
Jika Anda salah satu dari sedikit orang yang tidak beruntung karena WhatsApp diblokir di negara Anda, ada cara untuk mengatasi masalah tersebut. Gunakan VPN. Anda dapat mengetahui apa itu VPN dan juga mendapatkan beberapa penawaran bagus dari penyedia VPN terbaik di pasar.
Saya tidak dapat menyimpan foto untuk dikirim ke kontak lain
. Cara melakukannya telah berubah. Tekan lama pada gambar dalam obrolan yang ingin Anda bagikan, dan di kanan atas halaman, panah menghadap ke kanan akan muncul. Tekan ini, dan Anda dapat memilih kontak yang ingin Anda bagikan gambar.
Apa yang harus saya lakukan jika ponsel saya hilang atau dicuri?
Pertama, kunci kartu SIM Anda dengan menghubungi operator Anda. Ini harus selalu menjadi langkah pertama Anda. Setelah ini selesai, WhatsApp tidak dapat lagi diaktifkan di perangkat itu. Setelah Anda memiliki SIM baru (mungkin dengan nomor yang sama), Anda dapat mengaktifkan kembali WhatsApp di ponsel baru Anda.
Sementara itu, kirim pesan ke WhatsApp yang meminta mereka untuk menonaktifkan akun Anda. Kirim email dengan subjek "Hilang/Dicuri: Harap nonaktifkan akun saya" ke support@whatsapp.com, dan sertakan nomor telepon Anda (lengkap dengan kode panggilan internasional) di badan email. Jika Anda tidak melakukannya, WhatsApp masih dapat digunakan melalui Wi-Fi.
Pemberitahuan "Anda mungkin memiliki pesan baru"
Kadang-kadang mungkin Anda akan menerima pemberitahuan dari WhatsApp yang menyatakan: "Anda mungkin memiliki pesan baru". Anda mungkin bingung dengan pesan yang agak kabur dan samar ini, terutama saat Anda membuka WhatsApp dan tidak melihat pemberitahuan baru.
Penjelasannya cukup sederhana! WhatsApp menggunakan pemberitahuan push untuk memberi tahu Anda tentang pesan tetapi menggunakan saluran yang berbeda untuk menyampaikan pesan yang sebenarnya.
Jika Anda berada di area dengan koneksi data / Wi-Fi yang buruk atau rendah, jaringan akan dapat mengirimkan pemberitahuan push tetapi bukan pesan yang sebenarnya. Masalah ini terkadang terjadi saat Anda mengaktifkan mode penghemat data di ponsel cerdas Anda. Sekarang mungkin ada masalah sebenarnya dengan WhatsApp yang dapat menyebabkan pemberitahuan ini muncul, tetapi kemungkinan besar terkait dengan koneksi data yang buruk.
Pesan WhatsApp tidak terkirim
Jika Anda tidak dapat mengirim atau menerima pesan WhatsApp, biasanya penyebabnya adalah koneksi internet yang buruk. Tetapi jika Anda yakin ponsel Anda terhubung ke Internet, cobalah pemecahan masalah dengan langkah-langkah berikut:
- Coba mulai ulang ponsel Anda atau matikan dan hidupkan lagi.
- Anda harus menyelesaikan verifikasi SMS awal untuk WhatsApp.
- Nomor kontak yang Anda coba kirimi pesan di WhatsApp belum disimpan dengan benar di ponsel Anda.
Perbaikan umum untuk masalah lain dengan WhatsApp
Jika Anda mengalami masalah lain dengan WhatsApp yang tidak tercantum di sini, Anda sebaiknya mencoba perbaikan umum ini.
Unduh WhatsApp versi terbaru
Jika Anda belum mengaktifkan pembaruan otomatis, WhatsApp dapat bertindak jika Anda menggunakan versi yang sangat lama. Pastikan Anda selalu menggunakan Android versi terbaru. Anda dapat memeriksa apakah Anda menggunakan versi terbaru hanya dengan membuka Google Play Store dan mencari WhatsApp. Jika Anda tidak menggunakan versi terbaru, Anda akan melihat opsi untuk 'Memperbarui' aplikasi di sini.
Hapus Cache Aplikasi
Terkadang, membersihkan cache aplikasi bisa menjadi solusi yang sangat baik.
- Buka Pengaturan dan ketuk Aplikasi.
- Ketuk Lihat semua aplikasi dan temukan WhatsApp dalam daftar.
- Ketuk Penyimpanan dan cache , lalu ketuk Hapus cache.
Apa pendapat Anda tentang saran yang ditawarkan dalam panduan ini? Jika Anda memiliki sesuatu lagi untuk ditambahkan ke ini, beri tahu kami. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, Anda dapat melihat forum atau meninggalkan permintaan Anda di komentar di bawah. Kami juga akan memperbarui artikel ini dengan lebih banyak solusi untuk masalah WhatsApp Anda.
(aks)