Foto: Apple
Teknologi.id – Pada 2017 Apple mengeluarkan iPhone X. Ini adalah iPhone andalan baru yang akan dirilis pada
bulan November 2017, beberapa minggu setelah iPhone 8 dan iPhone 8 Plus mulai dijual
pada tanggal 23 September 2017.
Apple mengatakan bahwa mereka seharusnya
mengeluarkan iPhone X sebagai "iPhone sepuluh" dan itu dirancang
untuk menandai 10 tahun iPhone. Sementara iPhone 8 adalah iPhone 7 dalam semua
kecuali nama, jumlah yang melompat di semua model iPhone baru berarti Apple secara
resmi kehilangan iPhone 9.
Penamaan S khas Apple hilang
setidaknya untuk tahun ini, yang tidak sepenuhnya mengejutkan. Samsung
meluncurkan Galaxy S8 awal pada saat itu, dan Samsung Note 8 akan tersedia pada
tanggal 15 September.
Melawan Samsung Galaxy S8 dan Galaxy Note 8 dengan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus tidak terlalu masuk akal saat itu. Sebaliknya, Apple tampaknya menggunakan trik pemasaran yang hebat untuk iPhone tahun ini.
Baca juga: iPhone 12 dan iPhone 13 Tidak Bisa Pakai 5G di Indonesia, Kenapa?
Penamaan iPhone X membantu
memposisikan perangkat di atas iPhone 8 biasa tanpa secara eksplisit memberi
label "iPhone 10," karena kebanyakan orang hanya akan menyebutnya
iPhone X dan tidak mengucapkannya sebagai iPhone sepuluh.
Apple mengetahui hal ini, dan
perusahaan hanya menggunakan logo X dalam materi promosinya. Jony Ive
mengatakan "iPhone sepuluh" dalam video utama perusahaan, tetapi saya
akan terkejut jika kita mendengar Apple secara eksplisit menyebutnya iPhone
sepuluh secara teratur.
Perbedaan halus ini memperjelas bahwa
ini adalah iPhone edisi khusus, dan bukan iPhone 10 yang akan membuat orang
berpikir bahwa mereka tidak mendapatkan iPhone terbaru jika mereka menggunakan
iPhone 8.
Microsoft melakukan trik serupa untuk
penamaan Windows 10-nya. Raksasa perangkat lunak ini melewatkan Windows 9 dan
langsung beralih ke Windows 10, tetapi Microsoft melakukan ini terutama untuk
mendorong pengguna Windows 7 melakukan upgrade.
Melihat PC kita dan melihat Windows 7 ketika ada versi Windows 10 yang keluar membuatnya tampak jauh lebih tua, dan ini adalah trik pemasaran yang membantu mempromosikan peningkatan gratis.
(MIM)