8 Aplikasi Scan Dokumen Terbaik di HP Android

Teknologi.id . September 16, 2020


as
Foto: Pinterest


Teknologi.id - Teknologi smartphone yang saat ini berkembang semakin pesat membuat banyak pekerjaan yang biasanya harus dilakukan secara manual dengan peralatan konvensional, kini bisa dilakukan hanya bermodalkan smartphone.

Salah satunya adalah melakukan scan dokumen PDF, yang dulunya harus menggunakan mesin scanner konvensional untuk bisa mendapatkan file digitalnya, kini hanya bermodal smartphone Android dan aplikasi scanner dari Play Store kita sudah bisa melakukan scan dokumen dengan cepat dan mudah.

Aplikasi-aplikasi scanner yang banyak tersedia di Play Store ini bahkan sudah hampir menyaingi kemampuan alat scanner sungguhan karena mampu mengubah gambar menjadi teks, membuat adjustment otomatis, dan lain-lain.

Nah, dari begitu banyaknya aplikasi scanner di Play Store, berikut ini 8 rekomendasi aplikasi scan dokumen terbaik di HP Android yang bisa jadi pilihan kalian.

Baca juga: 3 Cara Mengatasi YouTube Lemot di Smartphone

8 Aplikasi Scan Dokumen Terbaik di HP Android

1. CamScanner

Pin on Camscanner for PC

Setelah sebelumnya sempat dihapus oleh pihak Google Play Store karena isu infeksi malware, CamScanner kembali rilis dengan perbaikan terbarunya.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa scan dokumen kertas, tulisan di papan tulis, hanya dengan memotret saja. Dokumen hasil scan pun bisa disimpan dalam format .PDF dan .JPEG.

Fitur menarik lainnya juga tersedia dalam versi premium CamScanner, seperti penyimpanan cloud di Google Drive, Dropbox, Evernote, dan lainnya.

2. Adobe Scan

Aplikasi scan dokumen terbaik di HP Android lainnya adalah Adobe Scan. Diluncurkan pada 31 Mei 2017, Adobe Scan berhasil memperoleh lebih dari 10 juta unduhan.

Dengan Adobe Scan, kamu bisa melakukan scanning pada semua dokumen, lalu simpan ke gadget dalam format PDF. Berkas pun siap untuk dibagikan!

Hal lain yang membuat Adobe Scan spesial adalah kemampuannya untuk memilih teks. Dengan teknologi Adobe Sensei, fitur ini tidak hanya dipakai untuk memindai dokumen, tetapi juga menafsirkan informasi dan menggunakannya untuk membuat kontak baru.

3. Microsoft Office Lens

Aplikasi berikutnya adalah Microsoft Office Lens. Dengan Office Lens, kamu bisa mengonversi gambar menjadi file PDF, Word dan PowerPoint! Bahkan, kamu bisa menyimpan hasilnya ke OneNote atau OneDrive. Microsoft sengaja mengintegrasikan fiturnya untuk membuat pengguna merasa nyaman.

Selain itu, teks yang sudah dipindai akan dikenali secara otomatis dengan teknologi OCR. Dengan ini, kita bisa mencari kata dalam gambar lalu menyalin atau mengeditnya. Tak heran jika Office Lens menyabet penghargaan sebagai Best Apps of 2015 oleh Google Play di area Amerika Serikat dan Puerto Rico.

4. Tiny Scanner

Aplikasi scan dokumen terbaik di HP Android berikutnya adalah Tiny Scanner buatan developer Appxy. Dengan aplikasi pemindai dokumen PDF ini, kamu bisa scan dokumen, foto, kwitansi, laporan, dan apa saja tanpa memakan waktu lama.

Selain PDF, format dokumen yang sudah di-scan bisa diubah ke dalam format gambar (.JPEG). Kamu tinggal memotret dokumen atau berkas yang dimaksud lalu melakukan penyesuaian seperti memotong, mencerahkan, merotasi, dan lainnya dengan mudah.

5. Clear Scan

Aplikasi Clear Scan pertama kali diluncurkan pada 15 Juni 2016 oleh Indy Mobile App. Hingga kini, Clear Scan telah mencatatkan hingga lebih dari 5 juta unduhan di Google Playstore. Clear Scan menjanjikan hasil scan terbaik tanpa watermark yang mengganggu.

Selain itu, Clear Scan memiliki ukuran aplikasi yang kecil sehingga tidak terlalu menyita ruang penyimpanan. Aplikasi ini secara otomatis mendeteksi sudut file yang ingin dipindai dan memotongnya dengan rapi. Ada banyak fitur lainnya, seperti mengatur kecerahan, menghilangkan bayangan dan meluruskan gambar.

6. Fast Scanner

CoolMobileSolution tidak mau kalah dengan developer aplikasi lain dengan meluncurkan aplikasi scanner bernama Fast Scanner. Sesuai namanya, aplikasi ini dapat memindai dokumen kamu dengan benar-benar cepat. Pasalnya Fast Scanner hanya memakan ruang sebesar 8.40 MB. Jauh lebih kecil daripada aplikasi scanner kebanyakan yang membutuhkan ruang sebesar 30 MB.

Dengan ukurannya yang sangat kecil, kemampuan Fast Scanner memang sempat diragukan. Tapi nyatanya CoolMobileSolution berhasil mematahkan anggapan tersebut. Kemampuan Fast Scanner sudah dapat menyaingi aplikasi scanner papan atas setidaknya untuk fitur-fitur essensial bagi aplikasi scanner seperti scan multiple type of documents, export to PDF file, dan email scanned documents. Aplikasi ini juga tidak menerapkan batasan berapa jumlah dokumen yang diperbolehkan untuk di-scan.

7. Simple Scan

Aplikasi scan dokumen terbaik berikutnya adalah Simple Scan. Aplikasi ini termasuk aplikasi scanner yang mendapatkan rating rata-rata tertinggi dari para penggunanya di Google Play Store yakni mencapai 4,7.

Kemampuannya pun tak perlu diragukan. Sebagai perbandingan jika CamScanner menambahkan fitur OCR bagi pengguna yang telah membayar, Simple Scan mampu menghadirkan fitur serupa pada versinya yang bisa didapatkan secara cuma-cuma. 

Fitur pemrosesan gambarnya pun terbilang paling komplit sebab kalian dapat memilih beragam parameter editing otomatis layaknya alat scanner sungguhan.

8. Document Scanner SDK App

Document Scanner SDK App merupakan solusi untuk scanning dokumen gratis di smartphone dengan mudah dan praktis. Kamu hanya perlu memotret dokumen yang akan di-scanning. Nantinya, aplikasi ini secara otomatis langsung mengoptimalkan warna dokumen itu agar kualitasnya bagus. 

Keunggulan lain dari aplikasi ini yaitu bisa scan dokumen dengan banyak halaman sekaligus, sehingga kamu tidak perlu dua kali kerja. Aplikasi Document Scanner SDK App juga menyajikan fitur untuk mendukung penyimpanan cloud, seperti Dropbox, Google Drive, OneDrive, Evernote, dan lain-lain secara gratis.

(dwk)

Share :