5 Rekomendasi Gadget Pintar Buat Rumah Semakin Canggih

Andi Nabiilah Nur Ashiilah . October 09, 2024
gadget

Foto: Freepik

Teknologi.id - Seiring dengan berkembangnya teknologi, gadget pintar atau smart gadget telah hadir dari berbagai jenis dan merk. Alat ini hadir dengan membawa berbagai inovasi baru yang menawarkan solusi praktis bagi kehidupan modern. Gadget pintar juga dapat menjadi "teman baik" mu karena dapat mempermudah aktivitas sehari-hari, seperti menjaga keamanan dan kebersihan rumah. Dengan membawa berbagai inovasi baru, smart gadget cocok bagi kamu yang menyukai gaya hidup canggih dan hemat tenaga.

Selain itu, hadirnya teknologi pintar ini tidak hanya mempermudah pekerjaan sehari-hari, tetapi juga membuat rumahmu semakin "canggih" dan modern. Dengan mengutamakan efisiensi, gadget pintar dapat membuat pekerjaan sehari-hari mu lebih efektif, hemat waktu, energi, dan uang. Selain itu, rata-rata gadget pintar juga menawarkan kendali otomatis dari jarak jauh melalui aplikasi ponsel yang dapat kamu atur kapan dan di mana saja. Kemudian, desain dari gadget pintar seringkali menambahkan sentuhan modern yang dapat membuat rumahmu menjadi tampak lebih canggih.

Ada banyak sekali contoh gadget pintar yang bisa kamu gunakan untuk mempermudah pekerjaan sehari-hari dan membuat rumahmu semakin canggih. Artikel ini akan membahas beberapa rekomendasi gadget pintar yang bisa membuat rumahmu semakin canggih dan efisien. Simak daftar berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut.

1. Smart robot vacuum cleaner

Gadget pintar pertama yang dapat kamu gunakan adalah robot vacuum cleaner. Robot ini hadir dengan menawarkan berbagai fitur seperti menyapu, pel, serta sapu-pel, bahkan ada juga robot yang dapat membersihkan udara di rumahmu. Robot vacuum cleaner akan terkoneksi dengan aplikasi yang dapat kamu akses melalui ponsel, setelah itu kamu bebas mengatur pergerakan robot sesuka hati mu. Kamu dapat mengatur mode yang ingin digunakan dan robot vacuum cleaner siap untuk bekerja.

Karena robot vacuum cleaner ini hadir dari berbagai merk dengan fitur-fitur canggihnya tersendiri, pastikan untuk memilih yang paling sesuai untuk rumahmu.

2. Smart door lock

Berikutnya adalah gadget pintar yang dapat menjaga keamanan rumahmu dengan sempurna, yaitu smart door lock. Dengan alat ini, kamu tidak perlu lagi membawa kunci fisik untuk mengunci atau membuka pintu rumahmu. Cukup dengan memasukkan sandi atau scan sidik jari, pintu akan terbuka secara otomatis. Selain itu, smart door lock juga dapat menjaga kamu dari risiko kehilangan kunci rumah yang sering terjadi apalagi jika kamu pelupa.

Saat kamu ingin pergi keluar pun, alat ini dapat membantu kamu untuk mengunci pintu secara otomatis hanya dengan menutup pintunya.

Baca Juga: Mahasiswa Harvard Ubah Kacamata Meta Jadi Alat Doxing: Inovasi Pengancam Privasi

3. Smart security camera

Berikutnya adalah smart security camera atau yang lebih akrab dengan sebutan CCTV. Smart security camera adalah gadget berikutnya yang berupa kamera keamanan pintar yang siap menjaga rumahmu non-stop. Kamera ini biasa memiliki resolusi tinggi serta mode penglihatan malam yang tajam, membuatmu dapat memantau kondisi di sekitar rumah kapan saja. Kamera ini juga terhubung dengan jaringan WiFi sehingga kamu dapat memantau nya melalui aplikasi di ponsel.

Smart security camera hadir dengan menawarkan opsi komunikasi dua arah yang memungkinkan kamu untuk berbicara dengan siapapun yang ada di depan pintu. Kini kamu dapat mengetahui terlebih dahulu siapakah yang ada di depan rumahmu sebelum membuka pintu agar lebih aman.

4. Smart television

Bagi kamu yang belum tahu, smart television bukanlah sekadar TV biasa. Selain dapat menonton acara TV dari channel channel tertentu, kamu juga bisa membuka aplikasi YouTube, Netflix, menampilkan video dari ponsel, hingga melakukan searching di internet. Kamu cukup menghubungkan smart television dengan koneksi WiFi di rumahmu untuk dapat menggunakan seluruh fitur yang tersedia secara maksimal.

Kini kamu dapat menghabiskan waktu bersama keluarga dengan menonton YouTube atau Netflix dari layar besar yang memanjakan mata khas smart television.

Baca Juga: Facebook Luncurkan Fitur dan Tampilan Baru Demi Gaet Pengguna Gen Z

5. Smart switches

Berikutnya adalah gadget pintar yang cocok untuk kamu yang suka lupa mematikan peralatan elektronik saat keluar rumah. Smart switches dapat mengontrol lampu dan perangkat elektronik lain di rumahmu hanya dengan ponsel atau perintah suara asisten virtual seperti Alexa atau Google Assistant. Gadget pintar ini dapat menolongmu untuk menyalakan atau mematikan lampu di rumah meskipun kamu sedang tidak ada di rumah. Kamu juga dapat mengatur jadwal kapan lampu atau perangkat elektronik lain ingin dinyalakan atau dimatikan. Smart switches siap membuat rumahmu menjadi lebih teratur dan nyaman.

Selain itu, gadget pintar ini juga dapat menolong kamu untuk menghemat energi dengan cara mematikan perangkat yang tidak terpakai dengan mudah. Kamu tidak perlu lagi khawatir akan lonjakan tagihan listrik yang meningkat setiap bulannya.

Itu dia lima rekomendasi gadget pintar yang dapat membuat rumahmu semakin canggih. Pastikan untuk menggunakan alat-alat tersebut sesuai kebutuhanmu untuk meningkatkan efisiensi dalam kegiatan sehari-hari. Jangan lupa tulis di kolom komentar kira-kira gadget pintar manakah yang menarik perhatianmu.

Baca berita dan artikel lainnya di: Google News

(ANNA)

Share :