Roblox Perketat Keamanan, Orang Tua Bisa Pantau Aktivitas Anak

Andi Nabiilah Nur Ashiilah . October 25, 2024

Keamanan Roblox
Foto: Roblox

Teknologi.id - Platform game populer Roblox baru-baru ini mengumumkan peluncuran protokol keamanan baru untuk melindungi para pemain mudanya dari konten berbahaya. Fitur ini memberikan kendali lebih bagi orang tua untuk mengatur aktivitas anak mereka saat bermain di Roblox. Langkah ini diambil segera setelah Roblox menerima banyak kritik dan tuduhan gagal melindungi keselamatan penggunanya, terutama anak-anak.

Fitur Keamanan Baru di Roblox

Roblox memperkenalkan fitur baru yaitu akun orang tua dengan hak istimewa. Dengan akun ini, orang tua dapat menautkan akunnya dengan akun milik anak. Sehingga memungkinkan untuk melihat dan mengontrol aktivitas anak secara langsung.

Kontrol ini mencakup berbagai aspek penting, seperti memilah jenis konten yang aman untuk diakses anak-anak, menonaktifkan fitur obrolan (chat), serta memantau screen time anak bermain setiap hari. Selain itu, fitur ini juga memungkinkan orang tua untuk melihat siapa saja teman-teman anak mereka di platform.

Untuk melindungi pemain muda dari paparan konten tidak pantas, Roblox juga menghadirkan label konten dengan kategori berdasarkan jenis dan usia pengguna. Dengan adanya pengaturan “Content Maturity Settings,” orang tua dapat membatasi akses anak-anak terhadap konten tertentu. Contoh konten yang dapat dibatasi adalah yang mengandung unsur kekerasan atau kata-kata kasar.

Selain itu, sistem ini dirancang untuk memastikan bahwa anak-anak hanya dapat mengakses konten yang sesuai dan aman bagi usia mereka.

Dengan adanya sistem ini, orang tua dapat lebih tenang dan merasa aman saat anaknya sedang bermain di dalam platform ini.

Baca Juga: Kafe Internet Bertema Genshin Impact Kini Hadir di Korea Selatan

Kebijakan Ketat bagi Pemain di Bawah Umur

Roblox juga menetapkan batasan yang lebih ketat bagi pemain dengan usia di bawah 13 tahun. Anak-anak dalam kelompok usia ini perlu mendapatkan izin dari orang tua sebelum mengakses fitur obrolan di platform. Pembatasan ini juga berlaku untuk anak-anak di bawah usia 9 tahun, yang juga memerlukan izin orang tua jika ingin mengakses permainan yang mengandung kata-kata kasar atau kekerasan. Dengan kebijakan ini, Roblox berharap dapat mengurangi risiko paparan konten berbahaya dan memastikan bahwa anak-anak dapat menikmati pengalaman bermain yang aman.

Kebijakan pembatasan ini akan berlaku di semua perangkat, termasuk PC, mobile, dan konsol, serta akan mulai diluncurkan pada November 2024. Dengan peluncuran ini, Roblox berusaha menciptakan lingkungan bermain yang ramah anak, sejalan dengan visinya untuk menjadi platform yang aman bagi pengguna muda.

Latar Belakang Pembaruan Kebijakan Keamanan

Keputusan untuk memperbarui protokol keamanan di Roblox dilatarbelakangi oleh meningkatnya kekhawatiran atas keselamatan anak-anak di dunia digital. Laporan-laporan menyebutkan adanya aktivitas predator anak dan konten tidak senonoh di Roblox. Hal tersebut dengan cepat memicu reaksi keras dari para orang tua dan kelompok advokasi anak. Salah satu laporan dari Hindenburg Research, menggambarkan Roblox sebagai “tempat pedofilia yang tidak senonoh." Laporan ini juga menyebutkan adanya akun-akun yang terlibat dalam perdagangan materi pelecehan anak di platform.

Baca Juga: PUBG Mobile Hadirkan Fitur 120 FPS untuk Smartphone Terpilih, Ini Daftarnya!

Menanggapi tuduhan tersebut, Roblox dengan tegas membantah dan menyatakan bahwa keselamatan pengguna adalah "dasar" dari operasional platform mereka. Dalam pernyataan resminya, Roblox menyatakan bahwa mereka memiliki berbagai sistem pemantauan dan moderasi yang ketat untuk mendeteksi dan menanggapi aktivitas berbahaya di platform. Roblox juga menuding bahwa Hindenburg Research termotivasi keuntungan finansial, mengingat bahwa nilai saham Roblox akan menurun jika laporan tersebut membuat reputasi perusahaan tercoreng.

Itu dia sejumlah informasi mengenai protokol keamanan baru ini dari Roblox. Platform game populer ini menunjukkan komitmennya untuk menciptakan lingkungan bermain yang aman bagi anak-anak dan tenang bagi para orang tua.Dengan fFitur kontrol orang tua, serta pembatasan akses untuk pengguna muda, memberikan perlindungan lebih terhadap risiko konten yang tidak pantas.

Roblox berharap langkah ini tidak hanya menjawab kekhawatiran para orang tua, tetapi juga menetapkan standar baru bagi keamanan anak. Dengan terus berinovasi dalam fitur keselamatan, Roblox bertujuan menjaga platform tetap ramah dan positif bagi seluruh pengguna mudanya.

Jangan lupa tuliskan pendapatmu di kolom komentar mengenai fitur keamanan baru Roblox ini ya!

Baca berita dan artikel lainnya di: Google News

(ANNA)



Share :