Pepsi Man, Pelopor Game Bertema Lari Tanpa Akhir

Artha Soeratin . December 03, 2018
Pepsiman
Pepsiman, game yang dibuat oleh KID di Jepang ini telah menjadi salah satu pelopor tema game yang sering kita mainkan belakangan ini. Seperti Temple Run, atau mungkin Subway Surfer. Di Pepsiman ini, karakter yang kita mainkan adalah Pepsi Man, sebuah karakter yang suka berlari kemana-mana sambil mempromosikan pepsi. Mau di tengah kota, pinggiran kota, ataupun lokasi kecelakaan pesawat, semuanya akan dikunjungi oleh sang maskot Jepang ini. Setelah mendapatkan restu dari Perusahaan Pepsi di Amerika Serikat, sang maskot Jepang ini akhirnya mulai berlari mengelilingi dunia. Kira-kira kenapa ya Pepsi Man bisa digadang-gadang menjadi salah satu pelopor game bertema lari tanpa akhir? Yuk kita bahas.

Pepsi Man Selalu Berlari Kemanapun Dia Berada

Pepsi Man in action
Pepsi Man selalu berlari kemana pun dia berada. Dia hanya berhenti untuk memberikan pepsi kepada penggemarnya yang setia. Dalam permainannya, dia akan selalu berusaha untuk melewati rintangan yang menghalanginya. Hal ini juga berlaku untuk game-game setipe lainnya. Untuk sang maskot Pepsi Jepang ini sendiri, ia memiliki tiga kesempatan untuk bertahan hidup. Kecuali untuk hal yang mungkin.... tidak bisa dihindarkan seperti ditabrak dari belakang, tergilas mobil atau truk, jatuh ke dalam lubang, ditanduk oleh banteng, dan lain-lain. Untuk pemulihannya sendiri, kalian harus mendapatkan minimal 20 kaleng Pepsi untuk tambahan satu kesempatan. Namun untuk game bertema endless run, kalian mungkin hanya memiliki satu kesempatan kecuali beberapa game yang bisa diexploit. Subway Surfers misalnya. Kalau kesenggol, masih bisa lolos setelah beberapa saat. Namun kalau ketabrak, nah itu urusannya baru berbeda.

Pepsiman Mendapat Respon Positif dari Para Pengulas

Game Pepsiman ini meskipun hanya dirilis secara ekslusif di Jepang, ternyata memiliki nilai penjualan yang tidak signifikan. Game Fan beserta beberapa pengulas lainnya mengatakan, Pepsiman hanyalah merupakan versi sederhana dari game lain yang waktu itu sedang laris, yaitu Crash Bandicoot. Jika game ini dikeluarkan secara global, tentu penjualan Pepsi juga akan terdongkrak karena aksi-aksi lucu Pepsi Man ini. Ditambah lagi, karena gaya permainannya yang simpel entah kenapa kita yang berada di era 90-an jadi tertarik untuk bermain game ini lagi.

Game dengan Iklan Tersering

Sadar atau tidak, kalian pasti melihat kalau game ini promosi utamanya pasti produk pepsi. Meski itu hanya dengan kaleng yang harus kita kumpulkan, game ini bisa dibilang sebagai game dengan iklan produk tersering. Frekuensinya pun bisa rata-rata setiap 1 detik. Karena setiap Pepsi Man lewat, pasti akan muncul produk pepsi. Iklan ini pun bukan hanya berupa ads atau iklan komersial saja. Tetapi, dari game itu pun sudah menunjukkan ikon ciri khasnya, yakni Pepsi. Sejak kehadiran Pepsi Man ini, beberapa game developer kemudian menggunakannya sebagai referensi untuk membuat game yang bertema endless run atau lari tanpa akhir. Lalu, apakah mungkin Pepsiman masih bisa dibuat dalam versi mobilenya?  
Share :