Mobile Legend Game Terpopuler? Berikut Beberapa Fakta Unik MLBB

Muhammad Haris Aminan . September 11, 2024

fakta mobile legend
Foto: MLBB

Teknologi.id - Hampir semua orang pernah memainkan atau setidaknya mengenal game sebagai salah satu media hiburan. Dari masa ke masa game semakin berkembang mengikuti perkembangan teknologi. 

Jika dulu game hanya dapat dimainkan di console PlayStation ataupun PC, kini game telah dapat dimainkan di smartphone yang hampir dimiliki semua orang. Faktor tersebut menjadikan game mobile cenderung lebih populer dibandingkan game PlayStation ataupun PC, Hal ini dipengaruhi oleh persentase pengguna smartphone yang lebih banyak utamanya jika melihat kasus di Indonesia.

Berbicara mengenai popularitas game mobile maka Mobile Legends Bang-Bang (MLBB) atau lebih dikenal Mobile Legend (ML) tentunya masuk kedalam pembahasan.

Mobile Legends sendiri termasuk kedalam genre game MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) yang dimainkan antar dua tim dengan masing-masing tim beranggotakan lima pemain. Game ini bertujuan untuk menghancurkan base lawan sekaligus berusaha mempertahankan base sendiri agar tidak hancur.

Game ini sendiri dimainkan oleh berbagai kalangan baik tua maupun muda, bahkan banyak diantara mereka yang rela menyisihkan uang untuk mengikuti sistem top up.

Top up dalam hal ini dapat dipahami sebagai sistem jual beli yang memberi kesempatan pada pemainnya untuk membeli beberapa skin maupun item dalam game guna menambah keseruan selama memainkan game.

Selain beberapa fakta tadi, game ini juga memiliki beberapa fakta unik lain sebagaimana berikut ini.

Baca juga: 5 Karakter Hero Termahal di Mobile Legends, Siapa Saja?

Berusia Hampir Satu Dekade

Mobile Legends menjadi game terbitan perusahaan asal Tiongkok yakni Moonton. Game ini diperkenalkan sekitar tahun 2016 sebagai salah satu game MOBA yang dapat dimainkan secara fleksibel menggunakan smartphone.

Dalam perkembangannya game ini berhasil bersaing dengan game MOBA lain baik di PC maupun smartphone sehingga masih tetap eksis hingga detik ini. Game ini sendiri  menarget pasar internasional dan berhasil menjangkau pasar yang cukup menjanjikan secara ekonomi di Asia Tenggara utamanya di Indonesia dan Filipina.

Salah Satu Game Terpopuler

Mobile Legends sebagaimana yang telah diketahui berhasil menjangkau berbagai kalangan baik dewasa maupun anak-anak. Keberhasilan tersebut juga didukung masifnya perkembangan game ini di kawasan Asia Tenggara.

Indonesia sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk terbanyak juga berkontribusi pada melonjaknya popularitas game ini. Hal ini juga didukung dengan adanya berbagai komunitas yang tersebar di penjuru negeri.

Selain itu, faktor entertaiment lewat berbagai media juga menyokong meningkatnya peminat game ini. Tercatat sebanyak 500 juta kali unduhan berhasil didapat oleh Mobile Legends. Lebih dari itu, tercatat sebanyak 100 juta pengguna secara aktif memainkan game ini. Adanya berbagai fakta tersebut menjadi bukti bahwa Mobile Legends menjadi salah satu game terpopuler di kalangan gamers.

Gameplay dan Hero yang Menarik

Sebagai salah satu game MOBA, Mobile Legends menawarkan gameplay yang lebih sederhana dan mudah dipahami para penggunanya dibanding game MOBA lainnya.

Konsep gameplay yang ditawarkan game ini berhasil memberi experience yang memuaskan bagi para pemainnya. Selain itu, deretan hero menarik dengan jumlah ratusan memberi banyak pilihan kepada pemain untuk memilih hero yang sesuai dengan tipe permainan mereka.

Hal ini juga didukung pilihan skin untuk masing-masing hero yang memberi kepuasan tersendiri bagi para pemain. Kombinasi berbagai faktor tersebut dengan dilengkapi variasi strategi selama permainan berlangsung membuat para pemain senantiasa setia untuk tetap memainkan game ini.

Menyesuaikan Budaya Lokal

Strategi Mobile Legends dalam menjangkau pasar Asia Tenggara salah satunya yakni beradaptasi dengan budaya lokal. Dalam konteks ini Mobile Legends menawarkan pilihan hero dan skin yang merepresentasikan budaya lokal di masing-masing negara.

Sebagai contoh game ini merilis hero Gatotkaca yang merupakan salah satu mitologi di Indonesia. Selain itu, juga dirilis skin hero Fanny dan Layla yang mencerminkan busana tradisional Filipina. Melalui pendekatan tersebut, Mobile Legends berhasil menarik minat pengguna di masing-masing negara sehingga mempengaruhi peningkatan popularitas game ini.

Komunitas dan Turnamen yang Tersistematis

Salah satu faktor kunci keberhasilan Mobile Legends adalah solidnya komunitas yang tersebar di berbagai penjuru wilayah sebagaimana di Indonesia. Komunitas ini dapat menjadi wadah bagi para penggemar game ini berkompetisi.

Selain itu, adanya komunitas dapat menjadi batu pijakan bagi para pemain yang memiliki minat ke jenjang profesional player di game ini.

Sementara di level profesional MLBB memiliki liga profesional baik di tingkat nasional, regional hingga Internasional. Pada tingkat nasional di kenal kompetisi MLBB Profesional League (MPL) yang diselenggarakan diberbagai negara seperti Indonesia, Filipna hingga Malaysia.

Sementara itu di level regional terdapat MLBB SouthEast Asia Cup (MSC) yang mempertemukan tim terbaik di level Asia Tenggara. Dan puncaknya adalah M-Series yang menjadi kompetisi tingkat Internasional dengan mempertemukan tim terbaik di berbagai penjuru dunia. 

Share :