Cara Tingkatkan Refresh Rate di Smartphone, Ngegame Jadi Maksimal

Muhammad Iqbal Mawardi . January 12, 2022

Foto: Unsplash

Teknologi.id – Bermain game di smartphone merupakan aktivitas yang banyak dilakukan oleh para pengguna smartphone. Saat ini, ada banyak game online seru yang dapat dimainkan sehingga kita tak perlu membeli perangkat khusus seperti PlayStation untuk bermain game.

Namun, kita seringkali mengalami masalah saat bermain game seperti respon layar smartphone yang lambat. Ini membuat membuat respon permainan kita tidak sesuai dengan perintah yang diberikan.

Hal tersebut tentunya cukup menyebalkan karena akan mengganggu kita saat bermain game, atau masalah lain yang dapat ditimbulkan akibat performa smartphone kita.

Untuk menghindari hal tersebut, kita dapat mengganti smartphone ke versi yang lebih baru atau perangkat yang memiliki spesifikasi memadai untuk bermain game online. Namun, hal itu jelas memberatkan kita karena harus merogoh kocek kembali untuk membeli smartphone baru.

Salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk membuat smartphone kita menjadi lebih lancar ketika digunakan bermain game adalah dengan meningkatkan Refresh Rate yang ada di smartphone.

Baca juga: Kursi Gaming Ini Bergetar & Bergoyang Sesuai Game yang Dimainkan

Kita bisa mengubah pengaturan Refresh Rate ke mode yang lebih tinggi, agar perangkat kita memiliki efek visual dan animasi yang lebih halus dan membantu game kita berjalan lebih lancar.

Kita juga bisa meningkatkan Refresh Rate di untuk meningkatkan performa smartphone tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga atau root.

Setiap ponsel tentunya memiliki Refresh Rate yang berbeda, namun kita dapat mengaturnya ke opsi paling tinggi untuk mendapatkan kecepatan maksimal yang bisa dapat digunakan di smartphone kita .

Untuk melakukannya kita bisa masuk ke menu Pengaturan yang ada di smartphone Android kita, kemudian gulir ke bawah hingga kita menemukan menu Tampilan. Pilih menu tersebut, dan pilih Lanjutkan pada menu yang muncul di smartphone kita.

Pada tahap selanjutnya, kita bisa memilih menu Refresh Rate, untuk mengoptimalkan performa smartphone kita ketika dipakai untuk bermain game.

Pilih angka paling tertinggi dari menu yang ditawarkan dengan menyalakan toggle disamping menu. Dengan demikian, Refresh Rate smartphone kita sudah diganti ke mode paling maksimal.

Kita bisa memeriksa performa smartphone kita dengan membuka salah satu aplikasi game yang ada di smartphone kita kemudian memainkannya. Kita akan mendapatkan performa yang berbeda dari sebelumnya.

Sebagai catatan setiap ponsel memiliki cara berbeda untuk mengatur Refresh Rate, tetapi secara garis besar kita bisa mengikuti langkah-langkah di atas karena setiap ponsel memiliki menu yang relatif mirip.

(MIM)

Share :