Pakai Fitur "Event", Ini Cara Membuat Undangan di Grup WhatsApp

Bunga Melssa Maurelia . July 03, 2024
cara membuat undangan di grup whatsapp
Sumber: Teknologi.id/Bunga Melssa Maurelia


Teknologi.id - WhatsApp, aplikasi pesan instan yang sangat populer, terus berinovasi dengan menambahkan fitur-fitur baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Salah satu fitur terbaru yang telah dirilis adalah menu "Event" atau "Acara" di grup WhatsApp. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat undangan acara atau kegiatan dengan mudah dan membagikannya ke anggota grup.

Baca juga: Mau Kirim Pesan WhatsApp ke Banyak Orang Tanpa Broadcast? Begini Caranya

Pengenalan Menu Event di Grup WhatsApp 

Menu Event di grup WhatsApp adalah fitur yang memungkinkan pengguna membuat dan mengelola undangan untuk berbagai acara atau kegiatan. Fitur ini terletak bersama deretan menu lampiran lainnya seperti Photo, Audio, dan Poll. Saat ini, fitur Event hanya tersedia di ruang obrolan grup dan belum tersedia di ruang obrolan pribadi.

Menu Event ini mulai tersedia di grup WhatsApp sejak awal Juli 2024. Dengan menu ini, pengguna dapat membuat undangan acara dengan detail informasi seperti nama acara, deskripsi kegiatan, jadwal, lokasi, dan bahkan menambahkan tautan telepon atau video call jika diperlukan.

Cara Membuat Undangan di Grup WhatsApp


cara membuat undangan di grup whatsapp
Sumber: Teknologi.id/Bunga Melssa Maurelia


Membuat undangan di grup WhatsApp dengan menu Event sangatlah mudah. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

  1. Masuk ke grup WhatsApp di mana Anda ingin membuat undangan acara.
  2. Di kolom pengetikan chat, klik ikon lampiran untuk membuka menu lampiran.
  3. Dari deretan menu lampiran yang muncul, pilih menu "Event".
  4. Isi beberapa detail informasi undangan seperti nama acara, deskripsi kegiatan, jadwal, lokasi, dan tambahkan tautan telepon atau video call jika diperlukan.
  5. Setelah semua detail terisi, klik opsi "Send" untuk mengirim undangan ke ruang obrolan grup.
  6. Jika terdapat perubahan informasi, Anda sebagai pembuat undangan bisa mengedit undangan dengan klik undangan di grup dan pilih opsi "edit" untuk menambahkan atau memperbaiki detail informasi.

Dengan mengikuti langkah-langkah cara membuat undangan di grup WhatsApp di atas, Anda dapat dengan mudah mengundang anggota grup untuk mengikuti acara yang Anda buat. Fitur ini sangat berguna untuk mengatur berbagai acara seperti pertemuan, rapat, dan kegiatan bersama lainnya.

Apa Itu Event Grup WA?

Fitur Event di grup WhatsApp sebenarnya bukanlah fitur yang sepenuhnya baru. Fitur ini telah diperkenalkan pertama kali pada Mei lalu, namun saat itu hanya tersedia di obrolan Komunitas. Baru beberapa bulan kemudian, fitur Event juga dihadirkan di ruang obrolan grup WhatsApp.

Event grup WA adalah fitur yang memungkinkan pengguna membuat undangan untuk menghadiri agenda, acara, atau kegiatan tertentu dan membagikannya ke anggota grup. Fitur ini juga dapat berfungsi sebagai pengingat jika terdapat agenda atau acara yang telah disepakati oleh anggota grup.

Lewat menu Event, pengguna dapat membuat undangan acara yang berisi beberapa detail informasi seperti nama acara, deskripsi kegiatan, dan jadwal.

Pengguna juga bisa menambahkan tautan telepon atau video call dalam undangan acara, jika ada anggota yang tidak bisa hadir secara langsung. Saat undangan dikirim ke grup, tiap anggota dapat melihat detail informasi tersebut.

Seandainya terdapat perubahan informasi undangan, hanya pengguna yang membuat undangan yang bisa mengedit informasi di dalamnya.

Manfaat Fitur Event bagi Pengguna WhatsApp 

Fitur Event di grup WhatsApp memberikan banyak manfaat bagi pengguna. Pertama, fitur ini memungkinkan koordinasi acara menjadi lebih terstruktur dan efisien. Dalam satu platform yang sudah sering digunakan untuk komunikasi sehari-hari, pengguna bisa mengatur jadwal pertemuan, rapat, atau acara lainnya tanpa perlu beralih ke aplikasi lain.

Kedua, dengan adanya fitur ini, anggota grup tidak perlu lagi mencari informasi acara yang mungkin tersebar di berbagai pesan dalam obrolan. Semua detail acara akan tersimpan dalam satu undangan yang mudah diakses kapan saja.

Selain itu, fitur Event juga mendukung peningkatan keterlibatan anggota grup. Dengan adanya undangan resmi yang dikirim melalui grup, anggota grup cenderung lebih memperhatikan dan mengingat jadwal acara. Hal ini membantu dalam memastikan kehadiran yang lebih tinggi pada acara atau kegiatan yang direncanakan.

Ditambah lagi, kemampuan untuk menambahkan tautan telepon atau video call memudahkan anggota yang tidak bisa hadir secara fisik tetap bisa berpartisipasi, sehingga tidak ada yang tertinggal dari informasi penting.

Fitur ini, pada akhirnya, memperkuat komunikasi dan kolaborasi dalam grup WhatsApp, menjadikannya alat yang lebih serbaguna dan bermanfaat.

Ketersediaan Fitur Event Grup WA 

KompasTekno melaporkan bahwa fitur Event grup WA tersedia pada aplikasi WhatsApp Android versi 2.24.8.85 dan WhatsApp iOS versi 2.24.12.78. Pengguna disarankan untuk memperbarui aplikasi WhatsApp ke versi terbaru di masing-masing ponsel untuk mendapatkan fitur ini.

Jika setelah diperbarui fitur Event belum muncul, pengguna perlu bersabar karena fitur-fitur baru biasanya digelontorkan secara bertahap.

Demikianlah panduan cara membuat undangan di grup WhatsApp. Selamat mencoba!

Baca Berita dan Artikel di Google News

(bmm)

Share :