Ini Dia 4 Inovasi Dunia Kripto yang Wajib Dipantau Pada Tahun 2024!

Nusa Finance . May 07, 2024
Sumber foto: Freepik

Menurut Forbes, pasar crypto mengalami beberapa perubahan signifikan pada awal 2023. Meskipun ada beberapa penurunan, tren keseluruhan menunjukkan pertumbuhan yang stabil, terutama pada mata uang kripto besar seperti Bitcoin dan Ethereum. Fluktuasi ini mencerminkan dinamika pasar yang kompleks, di mana investor dan pengguna terus bereksperimen dengan teknologi dan aplikasi baru.


Dalam artikel ini akan dibahas 4 Inovasi Dunia Kripto yang wajib dipantau pada tahun 2024 : 

1. Real World Assets (RWA)

Real World Assets (RWA) dalam blockchain adalah token digital yang mewakili aset keuangan fisik dan tradisional, seperti mata uang, komoditas, ekuitas, dan obligasi.

Tokenisasi aset dunia nyata (RWA) adalah salah satu peluang pasar terbesar di industri blockchain, dengan potensi ukuran pasar ratusan triliun dolar. Secara teori, segala sesuatu yang bernilai dapat di-tokenisasi dan dimasukan ke dalam data rantai blockchain.

Dengan dukungan teknologi blockchain, RWA dapat diakses, ditukar, dan dikelola secara digital, sehingga menciptakan peluang baru pada layanan keuangan. Token RWA ini dapat menyelesaikan beberapa permasalahan dalam lanskap aset fisik. 

Misalnya fractional ownership, biasanya aset fisik bersifat tidak likuid sehingga sulit diperjualbelikan. Hal ini mempersulit penanam modal mengeluarkan posisinya ataupun menyesuaikan portofolio mereka. Melalui teknologi blockchain, permasalahan ini bisa diatasi dengan menggabungkan aset fisik dengan teknologi NFT dan blockchain. Sehingga, satu aset fisik ini bisa diwakilkan oleh NFT dan bisa dibeli secara terbagi-bagi. Ini dapat menjadi sarana perdagangan yang lebih efisien karena aset fisik dapat dilikuidasi dan memudahkan investor untuk mengelola portofolionya.

Inovasi RWA ini secara khusus menandakan konvergensi yang semakin meningkat antara dunia digital dan aset dunia nyata, yang dapat membuka jalur baru untuk investasi aset menjadi lebih luas dan inklusif.

Baca juga: Real World Asset: Salah Satu Tren Industri Crypto 2024

2. Solusi Layer - 2

Inovasi layer-2 blockchain muncul sebagai solusi dari permasalahan yang disebut “blockchain trilemma”, yakni permasalahan skalabilitas, desentralisasi, dan keamanan. Proyek blockchain hanya bisa mengoptimalkan serta menyeimbangkan 2 dari 3 pilar tersebut, sehingga ada satu pilar yang harus dikorbankan. Kendala ini pertama kali ditemukan oleh pendiri Ethereum, Vitalik Buterin.

Layer 2, atau "L2", adalah inovasi teknologi yang dirancang untuk membantu menyelesaikan masalah keseimbangan ketiga faktor tersebut. L2 menawarkan transaksi yang cepat, karena sebagian besar proses dilakukan di lapisan tambahan, sehingga dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk memverifikasi transaksi dan menjadi lebih efisien.

Selain itu, keunggulan jaringan L2 juga dapat memperluas utilitas karena kemampuannya untuk memproses lebih banyak transaksi per detik dengan biaya lebih rendah. Hal ini memungkinkan peningkatan pengalaman pengguna dan cakupan aplikasi yang lebih luas, yang pada akhirnya bertujuan untuk menyaingi efisiensi pemroses pembayaran terpusat seperti Visa dan Mastercard.

Bayangkan L2 sebagai jalan alternatif yang berada di sepanjang jalan utama blockchain, lengkap dengan jalur on/off untuk memudahkan akses, memberikan solusi kemacetan transaksi yang terjadi di jalan utama tersebut.

Contoh jaringan L2 di antaranya adalah Arbitrum, Optimism , dan zk-Sync yang memimpin sebagai jaringan L2 populer di Ethereum, sementara Lightning Network melakukan fungsi serupa untuk jaringan Bitcoin. Secara kolektif, jaringan-jaringan ini memiliki kapitalisasi pasar mendekati $2 miliar, yang mencerminkan peran penting mereka dalam skalabilitas blockchain.

3. Infrastruktur Bitcoin

Tantangan utama bagi jaringan Bitcoin adalah kecepatan transaksinya yang lambat. Pada tahun 2023 terjadi pergerakan positif di area ini dengan tumbuhnya jaringan lapisan-2 (L2). L2 telah populer di jaringan lain untuk memproses transaksi lebih cepat. Bitcoin berjanji untuk memperluas kemampuan jaringan dalam menangani transaksi dalam jumlah besar, mempercepat kemajuan menuju peningkatan pengalaman pengguna dan adopsi yang lebih luas.

Tahun ini telah terlihat lebih dari 5,400 BTC, atau senilai lebih dari $230 juta, mengalir melalui saluran pembayaran LN. Kapasitas melonjak dari 1 BTC pada bulan Agustus 2018 menjadi kumpulan likuiditas yang kuat saat ini. Mendukung pertumbuhan ini, terdapat lebih dari 70 dompet berkemampuan LN yang ditawarkan oleh penyedia terkemuka seperti BlueWallet, Muun, dan Phoenix. Adopsi berkisar dari warga negara yang dilanda inflasi hingga perusahaan global.

Selain Lightning, pada tahun 2023 telah terjadi kemajuan besar dalam rollup, yang hadir dalam beberapa bentuk dengan atribut unik. UTXO Model Rollup mencerminkan arsitektur negara Bitcoin yang ada tetapi menambahkan lebih banyak data per transaksi. Rollup Terlindung meningkatkan privasi dengan mengenkripsi detail transaksi, hanya menampilkan ciphertext on-chain. Model keamanan untuk rollup pada Bitcoin sangatlah penting – mereka harus memanfaatkan kriptografi dan konsensus bawaan jaringan tanpa mengalami kemunduran ke skema multi-tanda tangan.

Tahun 2024 siap menjadi tahun terobosan bagi Bitcoin, yakni dengan berfokus pada protokol yang mengembangkan fungsionalitas pada jaringan Bitcoin akan menciptakan gelombang besar investasi baru. 

4. Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) pada Kripto

Kecerdasan buatan (AI) mengubah cara kita memperdagangkan mata uang kripto dengan menyediakan pemantauan pasar waktu nyata, analisis data historis, dan otomatisasi perdagangan. Namun, terdapat tantangan, termasuk kompleksitas teknis, optimasi yang berlebihan, kurangnya penilaian manusia, dan permasalahan peraturan. Penting untuk mendekati sistem perdagangan AI dengan hati-hati, menggunakannya sebagai alat bersama dengan strategi lain dan langkah-langkah manajemen risiko untuk memaksimalkan manfaatnya dan mitigasi potensi risiko.

Dengan pertumbuhan mata uang kripto dalam beberapa tahun terakhir, mata uang kripto telah menjadi pilihan menarik bagi para pedagang dan investor yang ingin mendiversifikasi portofolionya. Namun, sifat pasar yang bergejolak dan kompleks dapat mempersulit keberhasilan dalam menavigasi pasar.

Oleh karena itu, kecerdasan buatan (AI) telah muncul sebagai alat ampuh yang mengubah cara perdagangan kripto dilakukan.

Proyek bertema AI mengalami peningkatan kapitalisasi pasar sebesar +244% (dari US$769 juta menjadi $2,65 miliar) sejak awal tahun 2023. Potensi ini disebabkan oleh inovasi teknologi yang sedang berlangsung, pangsa pasar yang relatif kecil, dan tren AI global.

Kesimpulan

Berbagai narasi di atas menunjukkan bahwa ekosistem kripto sangat dinamis dan penuh dengan peluang. Mulai dari token RWA hingga pemanfaatan artificial intelligence (AI) ini telah membentuk lanskap investasi yang kaya dan beragam, menawarkan peluang baru bagi investor untuk mengeksplorasi dan memanfaatkannya untuk mendapatkan keuntungan.  

Tentang Nusa Finance


Dokumentasi: Nusa Finance

Nusa Finance adalah platform Web3 penyedia layanan keuangan terdesentralisasi terlengkap pertama dari Indonesia. Fitur unggulan Nusa adalah pasar pinjaman kripto dimana pengguna dapat meminjamkan, dan menjaminkan aset kripto untuk membantu proses trading. Nusa bertujuan untuk membuat platform Web3 mudah diakses oleh siapa saja.


Kenali Nusa Finance lebih lanjut

Penjelasan lengkap : Docs Nusa Finance

Kunjungi website : Nusa Finance

Bergabung di komunitas : Nusa Finance Indonesia 

Referensi 

Chainlink. (2024 March 7) . Real-World Assets (RWAs) Explained. Retrieved December 22,2023 .  https://blog.chain.link/real-world-assets-rwas-explained/#:~:text=Real%2Dworld%20assets%20(RWAs)%20in%20blockchain%20are%20digital%20tokens,commodities%2C%20equities%2C%20and%20bonds.

Cointelegraph. (2024 March 7). A beginner’s guide on blockchain layer-2 scaling solutions. https://cointelegraph.com/learn/a-beginners-guide-on-blockchain-layer-2-scaling-solutios

The Block. (2024 March 7). The State of Bitcoin in 2023.  Retrieved December 13, 2023 .  https://www.theblock.co/post/267120/the-state-of-bitcoin-in-2023

Willing. N . (2024 March 7). Artificial Intelligence (AI) in Crypto Trading: A Winning Combination? Retrieved  January 17,2024 . https://www.techopedia.com/artificial-intelligence-ai-in-crypto-trading

Share :

Nusa Finance

Nusa Finance