Kakeibo: Seni Mengatur Keuangan dari Jepang dengan Cara Paling “Mindful”

Zoyabelle Ratu Arbian . August 31, 2024


Mengatur Keuangan Kakeibo
Sumber : Freepik

Teknologi.id - Mulai dari ibu rumah tangga, para pekerja hingga anak kost-an, mungkin kesulitan mencari cara untuk mengatur keuangan mereka. Tidak jarang karena penggunaan yang tidak dikontrol, uang yang masuk juga sangat cepat habis. 

Terdapat banyak cara yang dapat Anda temukan di internet untuk mengatasi hal tersebut, namun, tidak ada salahnya mencoba Kakeibo, teknik yang diterapkan orang Jepang untuk mengatur uang mereka. 

Baca juga: OJK Blacklist Pelaku dan Bandar Judi Online, Tak Bisa Pakai Layanan Jasa Keuangan

Kakeibo pertama kali dituliskan oleh seorang jurnalis majalah wanita di Jepang pada tahun 1904. Jurnalis itu bernama Hani Motoko. Ia ingin membagikan cara terbaik untuk para pembacanya yakni, ibu rumah tangga di Jepang yang bertanggung jawab atas anggaran rumah tangga. 

Nama Kakeibo sendiri memiliki arti “buku besar keuangan rumah tangga”. Keuangan ini memang dianjurkan untuk ditulis tangan dan menggunakan buku khusus layaknya laporan keuangan.

Para pengguna teknik ini mengakui tidak hanya dapat mengatur uang dengan baik, mereka juga menjadi lebih mudah dalam menabung. Sekecil apapun pemasukan Anda dapatkan per-bulannya tidak ada salahnya mencoba Kakeibo, karena tujuan teknik ini adalah untuk mencegah Anda overspend.

Filosofi keuangan ini berfokus pada pengeluaran dengan penuh kesadaran dan juga menabung. Tujuannya, perilaku kita dalam mengatur keuangan dapat diubah menjadi cara kita untuk mengeluarkan uang dengan bijak agar dapat menabung dengan baik.

Pada dasarnya, keuangan dalam rumah tangga terdiri dari pemasukan, biaya tetap, tabungan dan biaya hidup. Kakeibo membantu Anda dalam mengawasi keuangan di setiap kategorinya.

Dalam pengeluaran sendiri terdapat empat komponen, yakni kebutuhan, keinginan,hiburan, dan biaya tak terduga. Di awal bulan, tulislah berapa banyak uang yang tersedia. Lalu, kurangi dengan biaya tetap yang harus dibayarkan, seperti untuk sewa ataupun biaya lainnya, dan uang yang tersisa dapat anda pilih untuk disimpan atau dibelanjakan dengan bijak. 

Menurut video dari BBC, untuk mempraktikan Kakeibo, Anda dapat menggunakan pulpen dan juga buku, mengikuti teknik paling mendasar. Dengan menulis, otak kita akan memproses informasi dengan detail dan “mindful” sehingga Anda akan lebih tersadarkan dengan apa saja yang telah anda belanjakan dan  mengevaluasi apakah anda telah mengeluarkan uang uang tersebut dengan bijak. 

Untuk membangun kebiasaan, jadwalkan di hari tertentu misal di akhir pekan, minimal lima menit pada sore hari atau malam sebelum istirahat, untuk menulis catatan keuangan menggunakan teknik ini. Jika ingin lebih displin Anda juga dapat mencatatnya setiap Anda membeli sesuatu. 

Baca juga: Gopay x Koinan Bikin Terobosan Baru: Ubah Koin Recehan Jadi Saldo E-Wallet

Tips lainnya dari konten BBC, yaitu menggunakan uang berbentuk fisik atau tunai agar pembagian uang dapat lebih mudah diperhitungkan dan tidak mudah untuk dibelanjakan. 

Disebut lebih mindful dikarenakan Anda secara sadar akan mempertanyakan setiap uang yang Anda keluarkan. Sejatinya, uang itu terbatas, keputusan untuk menyimpannya dengan baik atau tidak berada di tangan Anda.

Dibandingkan terus menerus mencari cara untuk menambahkan uang tambahan, mengapa tidak mencoba untuk mengevaluasi terlebih dahulu melalui laporan keuangan dan mencari tahu bagaimana anda mengatur keuangan Anda selama ini. Apakah sudah cukup hemat atau masih terhitung boros?

Apapun jawabannya tidak ada salahnya melakukan pencatatan keuangan dengan cara yang mudah dan praktis sehingga kesenangan dalam mengatur keuangan membuat anda menjadi lebih semangat untuk menabung. 

Baca berita dan artikel lainnya di : Google News


Share :